Gail Satyawaki

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Gail
Latar belakang
Nama lahir Gail Satyawaki
Nama lain Gail
Lahir 22 November 1979 (umur 39)
Bendera Indonesia Bandung, Jawa Barat
Jenis musik Pop, Rock
Pekerjaan penyanyi
Tahun aktif 2000 - sekarang
Pasangan Yudita Florentina Royandi
Anak 2
Agama Kristen
Situs resmi @gailsatiawaki (Instagram)
Mantan anggota
Yovie & Nuno

Gail Satyawaki (lahir di Bandung, Jawa Barat, 22 November 1979; umur 39 tahun) adalah penyanyi asal Indonesia. Penyanyi yang sering disapa Gail ini memulai kariernya sejak mengikuti kompetisi Asia Bagus pada tahun 2000. Kemudian dirinya bergabung dengan band Yovie & Nuno pada tahun 2003 sampai keluar pada tahun 2006. Saat ini dirinya menjadi penyanyi solo. Pada tahun 2015, Gail kembali dengan mengikuti kompetisi X Factor Indonesia.

Perjalanan Karier[sunting | sunting sumber]

Gail sejak muda sudah mencintai dunia musik. Pada masa SMU, Gail membentuk band Fresh Milk bersama Loekman, gitaris band Noah. Namun, seiring berjalannya waktu band tersebut bubar karena konsentrasi pada hal lain. Selain itu, Gail juga pernah menjuarai lomba akustik di sekolahnya.

Pada tahun 2000, Gail mengikuti kompetisi Asia Bagus yang ditayangkan di RCTI. Disana, Gail berkompetisi dengan para kompetitor berasal dari Indonesia dan beberapa negara lain di Asia Tenggara. Gail akhirnya berhasil menjadi runner-up di kompetisi tersebut. Setelah dirinya lepas dari kompetisi tersebut, Gail melanjutkan studinya di Universitas Indonesia jurusan Sastra Prancis.

Setelah lulus, Gail ditawari oleh Yovie Widianto untuk bergabung di Yovie & Nuno. Pada tahun 2003, Gail resmi bergabung di Yovie & Nuno. Di band itu, Gail berkontribusi untuk album Kemenangan Cinta yang dirilis pada tahun 2004. Namun pada tahun 2006, Gail memutuskan keluar dari Yovie & Nuno karena merasa tidak cocok dengan beberapa kondisi yang ada di band tersebut yang membuat dirinya tidak nyaman.

Selepas dari Yovie & Nuno, Gail mencoba peruntungan dengan menjadi penyanyi solo dan merilis album Di Setiap Langkah pada tahun 2008 dan merilis single Kasmaran pada tahun 2009. Gail yang beragama Kristen ini juga terlibat dalam album rohani bersama Sidney Mohede, kakak dari Mike Mohede.[1]

Pada tahun 2015, Gail secara mengejutkan mengikuti kompetisi X Factor Indonesia musim kedua. Gail hanya berhasil sampai di babak Bootcamp di kompetisi tersebut. Saat ini, Gail menjadi pengisi di salah satu acara di TVRI, mengcover beberapa lagu lama dan lagu baru baik lagu Indonesia maupun lagu luar negeri, yang diunggahnya di YouTube dan mengisi beberapa acara dengan band yang ia bentuk sendiri, Gangster of Love.

Kehidupan Pribadi[sunting | sunting sumber]

Gail saat ini lebih sering tinggal di Bandung dan sesekali di Jakarta bersama sang istri, Yudita Florentia Royandi yang menikah pada tahun 2006. Dari pernikahannya, Gail dan Yudita dikaruniai 2 anak.

Diskografi[sunting | sunting sumber]

Bersama Yovie & Nuno
Solo Karier
  • Di Setiap Langkah (2008)
  • Single Kasmaran (2009)
  • Single Rohani Ada Langit Biru (feat. Sidney Mohede) (2010)

Referensi[sunting | sunting sumber]