Gabriel El-Registan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Makam El-Registan di Pemakaman Novodevichy, Moskow

Gabriel Arkadyevich Ureklyan (bahasa Rusia: Габриэ́ль Арка́дьевич Урекля́н; bahasa Armenia: Ուրեկլյանց Գաբրիել Արշալույսի), lebih populer dengan nama samaran El-Registan (bahasa Rusia: Эль-Регистан), adalah seorang jurnalis dan penulis Soviet berdarah Armenia.[1] Beliau merupakan salah satu penulis lirik Lagu Kebangsaan Uni Soviet yang diadopsi pada tahun 1944.[2]

Riwayat hidup[sunting | sunting sumber]

Gabriel Ureklyan lahir pada 15 Desember 1899 di Samarkand pada masa Kekaisaran Rusia (Uzbekistan saat ini). Beliau merupakan anak dari Arshak Ureklyan yang bermigrasi ke Tbilisi dari Armenia yang diduduki Usmaniyah akibat Pembantaian Hamid, sebelum berpindah ke Samarkand. Gabriel kemudian membuat nama samarannya, "El-Registan", dari akhir suku kata nama depannya, "El", beserta ikon arsitektur terkenal di Samarkand, yaitu Registan.

Gabriel mengawali karirnya sebagai jurnalis pada harian Pravda Vostoka dan Uzbekistanskaya Pravda yang bermarkas di Tashkent, RSS Uzbekistan. Pada awal 1930-an, Gabriel pindah ke Moskow dan menjadi koresponden harian Izvestia dan menulis sejumlah esai, catatan perjalanan ke sejumlah wilayah Soviet (terutama Ural, Siberia, dan Asia Tengah), serta karya lainnya. Pada masa Perang Dunia II, Gabriel menjadi koresponden perang garis depan yang membantu Angkatan Udara Soviet.

Pada 1943, Gabriel bersama Sergey Mikhalkov dan Aleksandr Aleksandrov menulis Lagu Kebangsaan Uni Soviet yang kemudian mulai digunakan pada 1 Januari 1944 setelah mendapat persetujuan dari Pemimpin Uni Soviet, Josef Stalin.[2] Sejumlah karya Gabriel lainnya mencakup sejumlah buku dan film, antara lain film Djulbars (1935).

Gabriel menikah dengan Valentina Galanina, seorang aktris Soviet, di Moskow. Pada 30 Juni 1945, Gabriel meninggal dunia di kota yang sama dan dikebumikan di Pemakaman Novodevichy.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Volkov, Solomon (2004). Shostakovich and Stalin: The Extraordinary Relationship Between the Great Composer and the Brutal Dictator. Diterjemahkan oleh Bouis, Antonina (edisi ke-1). New York: Henry Holt and Company. ISBN 9780375410826. 
  2. ^ a b Mikhalkov, Sergey (2007-05-03). "Сталин гимн одобрил". Kommersant (dalam bahasa Rusia). Diakses tanggal 2024-04-18.