GLBasic

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
GLBasic
Tipekompilator
GenreKompilator
LisensiVersi 2D gratis untuk Windows, Mac dan Linux (juga dapat digunakan untuk mengkompilasi versi terbatas waktu untuk platform lain yang didukung), Versi komersial, Versi Sekolah Gratis
Karakteristik teknis
Sistem operasiWindows
Format kode
Format berkas
Informasi tambahan
Situs webwww.glbasic.com
Sunting di Wikidata Sunting di Wikidata • Sunting kotak info • L • B
Info templat
Bantuan penggunaan templat ini

GLBasic adalah bahasa pemrograman BASIC yang dipasarkan secara komersial. Bahasa pemrograman ini dapat dikompilasi ke berbagai platform termasuk Windows, Linux, Mac OS X, dan beberapa perangkat genggam. Bahasa pemrograman ini dirancang sengan sederhana dan intuitif.

Ringkasan[sunting | sunting sumber]

GLBasic berawal dari bahasa yang ditafsirkan dengan perintah 2D (GL adalah singkatan dari Graphics Language, dalam Bahasa Indonesia berarti Bahasa Grafis). Sekarang bahasa pemrograman ini menggunakan kompiler GCC untuk banyak platform berbeda untuk mencapai hasil kode dasar yang lebih cepat. Prakompiler GLBasic "GPC" mengubah bahasa BASIC sederhana menjadi kode C++ dan mengkompilasinya nanti. Dengan demikian, pengguna dapat memperluas GLBasic menggunakan perintah INLINE untuk mencampur kode C/C++ secara langsung dengan kode sumber GLBasic. Oleh karena itu, GLBasic dapat dengan mudah mengakses perpustakaan dinamis pihak ketiga di semua platform. GLBasic SDK dilengkapi dengan Lingkungan pengembangan terpadu, penggawaktu, dan mesin grafis yang dibangun di atas OpenGL (atau OpenGL ES) untuk platform Windows, Linux, Mac OS X, iOS, dan WebOS. Untuk perangkat genggam (Windows Mobile, GP2X, dan GP2X Wiz), GLBasic menggunakan rutinitas perangkat kerasnya sendiri untuk grafis yang cepat.

Publikasi secara daring[sunting | sunting sumber]

Aplikasi yang dibuat dengan GLBasic dapat diunggah ke Apple App Store, Google Play, dan Katalog Aplikasi HP; semuanya memerlukan akun pengembang. Biaya yang ditanggung pengembang dan tingkat tinjauan pra-publikasi bergantung pada penerbit yang digunakan.

Untuk Apple iOS, Program Pengembang iOS berharga 99 dolar Amerika Serikat dalam satu tahun.

Untuk Android, biayanya satu kali sebesar 25 dolar Amerika Serikat.