Fufu

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Fufu dengan sup kacang
Fufu dengan sup kelapa sawit
Pembuatan fufu dengan cara menumbuk secara langsung singkong yang direbus hingga menjadi seperti adonan

Fufu adalah makanan pokok asal Afrika yang terbuat dari singkong, namun juga bisa dibuat dari tepung jagung, tepung gandum, dan tepung pisang. Makanan yang terbuat dari bahan-bahan tersebut memiliki nama yang bervariasi tergantung daerahnya, dan nama "fufu" lebih terkenal di Afrika Barat. Di suku Hausa, Nigeria Utara, makanan ini disebut Sakora. Di suku Dagomba, makanan ini disebut Sakoro. Di Kamerun disebut dengan Couscous namun tidak sama dengan couscous yang berasal dari Afrika Utara.[1] Singkong bukanlah tanaman asli Afrika. Penjajah portugis memperkenalkan singkong pada abad ke 16.[2] Sebelum singkong diperkenalkan, fufu terbuat dari umbi-umbian lain. Fufu memiliki kekerabatan yang dekat dengan makanan pokok Afrika lain seperti ugali, nsima, sadza, pap, dan posho

Nutrisi yang terkandung di dalam fufu diantaranya adalah 2 gram protein, 0.1 gram lemak, dan 84 gram karbohidrat per 100 gram sajian, dengan nilai kalori sebesar 267 kalori.[3]

Fufu Afrika dan Fufu Karibia[sunting | sunting sumber]

Karibia merupakan salah satu tujuan perdagangan budak asal Afrika pada masa kolonialisme, sehingga budaya Afrika juga sampai ke Karibia. Secara umum, fufu Karibia bertekstur lebih halus dan kurang kenyal karena terbuat dari yam dan pisang. Selain itu, fufu di Puerto Rico digoreng lalu disajikan bersama dengan kaldu, rempah-rempah, dan satu set masakan daging (disebut Chicharrón) atau boga bahari. Di Barbados, fufu terbuat dari sukun.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ DeLancey, Mark W., and Mark Dike DeLancey (2000). Historical Dictionary of the Republic of Cameroon, 3rd ed. Lanham, Maryland: The Scarecrow Press, p. 134.
  2. ^ Nweke, Felix I. "THE CASSAVA TRANSFORMATION IN AFRICA". The United Nations. Diakses tanggal 10 June 2014. 
  3. ^ "How many calories are in Golden Tropics Cocoyam Fufu Flour". slimkicker.com. SlimKicker. 2013. Diakses tanggal 2 July 2014. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]