Frenulum pendek

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Frenulum pendek
Frenulumbreve.jpg
Klasifikasi dan rujukan luar
SpesialisasiUrologi Sunting ini di Wikidata
ICD-10N48.8
ICD-9-CM607.8

Frenulum pendek merupakan keadaan frenulum kulup penis yang pendek sehingga membatasi gerakan kulup. Normalnya, frenulum kulup harusnya cukup panjang dan fleksibel sehingga memungkinkan kulup tertarik secara maksimal saat penis ereksi. Frenulum kulup dapat disamakan dengan frenulum lidah yang menghubungkan sisi bawah lidah dengan rahang bawah atau frenulum yang menghubungkan bibir atas sebelah dalam dengan gusi atas sebelah luar.

Diagnosis[sunting | sunting sumber]

Frenulum pendek bisa jadi sobek saat sedang berhubungan seksual atau aktivitas seksual lainnya dan merupakan penyebab dispareunia. Diagnosis frenulum pendek hampir selalu dikacaukan dengan fimosis karena gejalanya sama, yaitu kesulitan menarik kulup. Sebagian laki-laki penderita fimosis juga memiliki frenulum pendek dalam batas-batas tertentu.[1]

Penanganan[sunting | sunting sumber]

Frenulum pendek dapat ditangani melalui tindakan bedah. Selain itu, latihan peregangan dan pengolesan salep steroid juga mungkin membantu. Cara lain adalah melalui operasi bedah plastik yang disebut frenuloplasti atau sunat sekaligus menata frenulum kulup (frenektomi).

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Tight Foreskin". Diakses tanggal 1 September 2012. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]