Fotografi kemiringan-pergeseran

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Menjaga ketinggian kamera, dengan lensa biasa, hanya menangkap bagian bawah bangunan.
Memiringkan kamera ke atas mengakibatkan distorsi perspektif.
Menggeser lensa ke atas menghasilkan gambar keseluruhan subjek tanpa distorsi perspektif.
Contoh foto yang diambil dengan lensa miring-geser. Lensa digeser ke bawah untuk menghindari distorsi perspektif : semua garis vertikal gedung pencakar langit sejajar dengan tepi gambar. Kemiringan di sekitar sumbu vertikal menghasilkan wilayah yang sangat kecil dimana objek tampak tajam. ( Kedalaman bidang sebenarnya tidak dikurangi namun dimiringkan sehubungan dengan bidang gambar .) Gambar menunjukkan Hong Kong dilihat dari Victoria Peak .

Fotografi kemiringan-pergeseran adalah penggunaan gerakan kamera yang mengubah orientasi atau posisi lensa terhadap film atau pengesan gambar pada kamera .

Terkadang istilah ini digunakan ketika kedalaman bidang yang dangkal disimulasikan dengan pasca-pemrosesan digital; namanya mungkin berasal dari lensa kontrol perspektif (atau lensa miring-geser) yang biasanya diperlukan saat efek dihasilkan secara optik.

"Kemiringan-pergeseran" mencakup dua jenis gerakan yang berbeda: rotasi bidang lensa relatif terhadap bidang bayangan, yang disebut kemiringan, dan pergerakan lensa sejajar dengan bidang bayangan, yang disebut pergeseran .

Kemiringan digunakan untuk mengontrol orientasi bidang fokus (PoF), dan juga bagian gambar yang tampak tajam; itu menggunakan prinsip Scheimpflug . Pergeseran digunakan untuk mengatur posisi subjek pada area gambar tanpa menggerakkan kamera ke belakang; hal ini sering kali membantu dalam menghindari konvergensi garis paralel, seperti ketika memotret gedung-gedung tinggi.

Sejarah dan penggunaan[sunting | sunting sumber]

Gerakan telah tersedia di kamera tampilan sejak awal fotografi; lensa ini telah tersedia pada kamera format kecil sejak awal 1960an, biasanya melalui lensa atau adaptor khusus. Nikon memperkenalkan lensa yang menyediakan gerakan shift untuk 35 mereka kamera SLR mm pada tahun 1962, [1] dan Canon memperkenalkan lensa yang memberikan gerakan kemiringan dan pergeseran pada tahun 1973; [2] banyak produsen lain segera mengikuti jejaknya. Canon dan Nikon saat ini menawarkan empat lensa yang menyediakan kedua gerakan tersebut.[3] Lensa seperti ini sering digunakan dalam fotografi arsitektur untuk mengontrol perspektif, dan dalam fotografi lanskap untuk mendapatkan ketajaman keseluruhan pemandangan.

Beberapa fotografer telah mempopulerkan penggunaan kemiringan untuk fokus selektif dalam aplikasi seperti fotografi potret wajah. Fokus selektif yang dapat dicapai dengan memiringkan bidang fokus sering kali menarik karena efeknya berbeda dari yang biasa dilihat oleh banyak pemirsa. Ben Thomas, Walter Iooss Jr. dari Sports Illustrated, Vincent Laforet dan banyak fotografer lainnya telah menggunakan teknik ini.

Lensa kontrol perspektif[sunting | sunting sumber]

Tahun 1961 35 mm f/ 3.5 Lensa PC-Nikkor —lensa kontrol perspektif pertama untuk 35 kamera mm

Dalam fotografi, lensa pengatur perspektif memungkinkan fotografer mengontrol tampilan perspektif dalam gambar; lensa dapat dipindahkan sejajar dengan film atau sensor, memberikan gerakan kamera tampilan yang setara. Pergerakan lensa ini memungkinkan penyesuaian posisi subjek di area gambar tanpa menggerakkan kamera ke belakang; ini sering digunakan untuk menghindari konvergensi garis paralel, misalnya saat memotret gedung tinggi. Lensa yang hanya memberikan pergeseran disebut lensa pergeseran, sedangkan lensa yang juga dapat dimiringkan disebut lensa miring-pergeseran . Istilah PC dan TS juga digunakan oleh beberapa produsen untuk merujuk pada lensa jenis ini.

Lensa kontrol perspektif (PC) fokus pendek (yaitu, 17 mm sampai 35 mm) sebagian besar digunakan dalam fotografi arsitektur; panjang fokus yang lebih panjang juga dapat digunakan dalam aplikasi lain seperti fotografi lanskap, produk, dan jarak dekat. Lensa PC umumnya dirancang untuk kamera refleks lensa tunggal (SLR), karena kamera penilik rentang tidak memungkinkan fotografer melihat efek lensa secara langsung, dan kamera tampilan memungkinkan kontrol perspektif menggunakan gerakan kamera.

Lensa PC memiliki lingkaran gambar lebih besar daripada yang diperlukan untuk menutupi area gambar (ukuran film atau sensor). Biasanya, lingkaran bayangan cukup besar, dan mekanisme lensa cukup terbatas, sehingga area bayangan tidak dapat dipindahkan ke luar lingkaran bayangan. Namun, banyak lensa PC memerlukan pengaturan tingkap kecil untuk mencegah penggelapan tepi ketika dilakukan pergeseran yang signifikan. Lensa PC untuk 35 kamera mm biasanya menawarkan pergeseran maksimum 11 mm; beberapa model baru menawarkan perpindahan gigi maksimum 12 mm.

Matematika yang terlibat dalam lensa kemiringan digambarkan sebagai prinsip Scheimpflug, diambil dari nama seorang perwira militer Austria yang mengembangkan teknik untuk mengoreksi distorsi pada foto udara.

Lensa PC pertama yang diproduksi untuk kamera SLR dalam format apa pun adalah lensa Nikon 1961mm PC-Nikkor ; itu diikuti oleh f/ 2.8 35 mm PC-Nikkor (1968), f/ 4 28 mm PC-Nikkor (1975), dan f/ 3.5 28 mm PC-Nikkor (1981).[4] Pada tahun 1973, Canon memperkenalkan lensa TS 35 mm f/ 2.8 SSC, [2] dengan fungsi kemiringan dan pergeseran.

Pabrikan lain, termasuk Venus Optics Laowa, Olympus, Pentax, Schneider Kreuznach (juga diproduksi untuk Leica ), dan Minolta, membuat lensa PC versi mereka sendiri. Olympus menghasilkan 35 mm dan 24 lensa pergeseran mm. Canon saat ini menawarkan 17 mm, 24 mm, 50 mm, 100 mm dan 135 lensa miring/bergeser mm. Nikon saat ini menawarkan 19 mm, 24 mm, 45 mm, dan 85 lensa PC mm dengan kemampuan miring dan bergeser. Venus Optics Laowa menawarkan lensa pergeseran 15mm terluas di dunia dengan kontrol distorsi optik yang sangat baik.[5]

Kontrol bentuk[sunting | sunting sumber]

Saat bagian belakang kamera sejajar dengan subjek datar (misalnya bagian depan gedung), semua titik pada subjek berada pada jarak yang sama dari kamera, dan direkam pada perbesaran yang sama. Bentuk subjek direkam tanpa distorsi. Bila bidang gambar tidak sejajar dengan subjek, misalnya saat mengarahkan kamera ke gedung tinggi, bagian subjek berada pada jarak yang berbeda-beda dari kamera; bagian yang lebih jauh direkam dengan perbesaran yang lebih kecil, menyebabkan konvergensi garis sejajar.[6] Karena subjek berada pada sudut terhadap kamera, subjek juga diperpendek .

Dengan lensa PC, bagian belakang kamera dapat dijaga sejajar dengan subjek sementara lensa digerakkan untuk mencapai posisi subjek yang diinginkan dalam area gambar. Semua titik pada subjek tetap berada pada jarak yang sama dari kamera, dan bentuk subjek dipertahankan. Jika diinginkan, bagian belakang kamera dapat diputar menjauh dari sejajar dengan subjek, untuk memungkinkan konvergensi garis paralel atau bahkan untuk meningkatkan konvergensi. Sekali lagi, posisi subjek di area gambar disesuaikan dengan menggerakkan lensa.[7]

Lensa kamera dapat memberikan fokus yang tajam hanya pada satu bidang. Tanpa kemiringan, bidang bayangan (berisi film atau sensor gambar ), bidang lensa, dan bidang fokus sejajar, dan tegak lurus terhadap sumbu lensa; objek dalam fokus tajam semuanya berada pada jarak yang sama dari kamera. Bila bidang lensa dimiringkan relatif terhadap bidang gambar, bidang fokus (PoF) membentuk sudut terhadap bidang gambar, dan objek pada jarak berbeda dari kamera semuanya dapat terfokus secara tajam jika terletak pada bidang yang sama. Dengan lensa dimiringkan, bidang gambar, bidang lensa, dan PoF berpotongan pada satu garis yang sama; [8] [9] perilaku ini dikenal sebagai prinsip Scheimpflug . Saat fokus disesuaikan dengan lensa miring, PoF berputar pada sumbu di perpotongan bidang fokus depan lensa dan bidang melalui bagian tengah lensa sejajar dengan bidang gambar; kemiringan menentukan jarak dari sumbu rotasi ke pusat lensa, dan fokus menentukan sudut PoF dengan bidang gambar. Kombinasi kemiringan dan fokus menentukan posisi PoF.

Lensa yang tersedia[sunting | sunting sumber]

Canon TS-E 24mm

Kontrol perspektif dan lensa kemiringan-pergeseran paling awal untuk usia 35 tahun format mm adalah 35 mm panjang fokus, yang kini dianggap terlalu panjang untuk banyak aplikasi fotografi arsitektur. Dengan kemajuan dalam desain optik, lensa 28 mm lalu 24 mm menjadi tersedia dan dengan cepat diadopsi oleh fotografer yang bekerja dekat dengan subjeknya, misalnya di lingkungan perkotaan.

Perusahaan kamera gambar bergerak Arri menawarkan sistem pelenguhan kemiringan-geser yang menyediakan pergerakan untuk lensa pemasangan PL pada kamera gambar bergerak.

Canon saat ini menawarkan lima lensa dengan fungsi miring dan geser: TS-E 17mm f/4L MAKRO . Lensa dilengkapi dengan gerakan miring dan bergeser pada sudut kanan satu sama lain; mereka dapat dimodifikasi sehingga gerakannya beroperasi dalam arah yang sama. Canon mengajukan paten pada tahun 2016 untuk sistem fokus otomatis untuk digunakan pada lensa miring-geser, namun belum merilis lensa tersebut pada tahun 2022.[10]

Canon TS-E 17mm

17 mm dan 24 versi mm Lensa II memungkinkan rotasi independen gerakan kemiringan dan pergeseran. 50 mm, 90 mm dan 135 mm memberikan kemampuan makro 0,5×, dengan tabung ekstensi beberapa hingga 1,0×. Kelima lensa menyediakan kontrol tingkap otomatis.

Laowa merilis lensa Shift-only 15mm f/4.5 pada tahun 2020. Dengan gerakan pergeseran +/-11mm, saat ini lensa pergeseran terluas yang pernah dibuat untuk kamera full frame dan tersedia dudukan untuk semua merek kamera ternama.

Hartblei membuat lensa miring-dan-geser agar sesuai dengan badan kamera berbagai produsen. Saat ini ia menawarkan empat lensa Super-Rotator Tilt/Shift (Pemutar-Super Miring/Geser) seharga 35 badan mm: TS-PC Hartblei 35 mm f/ 2.8, TS-PC Hartblei 65 mm f/ 3.5, TS-PC Hartblei 80 mm f/ 2.8, dan TS-PC Hartblei 120 mm f/ 2.8. Ia juga menawarkan TS-PC Hartblei 45 mm f/ 3.5 agar sesuai dengan beberapa badan kamera format menengah. Gerakan miring dan bergeser dapat diputar secara independen ke segala arah.

Hasselblad menawarkan adaptor miring-geser, HTS 1.5, untuk digunakan dengan HCD 28 mm f/ 4, HC 35 mm f/ 3.5, HC50 mm f/ 3.5, HC 80 mm f/ 2.8 dan HC 100 lensa mm f/ 2.2 pada kamera H-System . Untuk memungkinkan fokus tanpa batas, adaptor menyertakan optik yang mengalikan panjang fokus lensa dengan 1,5. Fokus otomatis dan konfirmasi fokus dinonaktifkan saat menggunakan adaptor.

Leica saat ini menyediakan TS-APO-ELMAR-S 1:5,6/120 lensa ASPH mm untuk Sistem SLR digital barunya.[11]

Minolta menawarkan lensa Shift CA 35mm f/ 2.8 untuk kamera pemasangan SR fokus manual pada tahun 1970an dan 1980an. Lensa ini unik di antara lensa kontrol perspektif karena, alih-alih menawarkan kombinasi kemiringan dan pergeseran, Minolta merancang lensa dengan kelengkungan bidang variabel, yang dapat membuat bidang fokus menjadi cembung atau cekung (pada dasarnya lensa tiga dimensi, bentuk kemiringan bola).[12] [13]

Nikon menawarkan beberapa lensa PC, yang semuanya dilengkapi fungsi miring dan geser: lensa PC-E Nikkor 19mm f/ 4.0 ED baru (Oktober 2016), PC-E Nikkor 24 3.5D ED, PC-E Micro-Nikkor 45 mm f/ 2.8D ED, dan PC-E Micro Nikkor 85 mm f/ 2.8D ED. 45 mm dan 85 mm Lensa "Mikro" menawarkan fokus dekat (perbesaran 0,5) untuk fotografi makro . Pada tahun 2016, Nikon menambahkan lensa tampilan sudut ekstra lebar PC NIKKOR 19mm f/4E ED dengan faktor pembesaran 0,18 dan 25. jarak fokus cm. Lensa PC- E menawarkan kontrol tingkap otomatis dengan kamera Nikon D3, D300, dan D700 . Pada beberapa model kamera sebelumnya, lensa PC-E beroperasi seperti lensa Nikon PC (non-E) biasa, dengan kontrol bukaan prasetel melalui tombol tekan; dengan model sebelumnya lainnya, tidak ada kontrol tingkap yang disediakan, dan lensa tidak dapat digunakan.[14]

Mekanisme yang menyediakan fungsi kemiringan dan pergeseran dapat diputar 90° ke kiri atau kanan sehingga beroperasi secara horizontal, vertikal, atau pada orientasi menengah. Lensa dilengkapi dengan gerakan miring dan bergeser pada sudut kanan satu sama lain; mereka dapat dimodifikasi oleh Nikon sehingga gerakannya beroperasi dalam arah yang sama.

Pada DSLR kelas atas Pentax ( K-7, K-5, K-5 II, K-5 II, dan K-30 ) unit perangkat keras pengurang guncangan dapat disesuaikan secara manual ke arah X/Y untuk mencapai efek pergeseran dengan lensa apa pun menggunakan fungsi Penyesuaian Komposisi dalam sistem menu.[15] Meskipun tersedia untuk lensa apa pun yang sesuai dengan bodi kamera, penyesuaian ini tidak dapat sepenuhnya menggantikan lensa pergeseran reguler karena dapat memberikan pergerakan pergeseran yang lebih besar.

Schneider-Kreuznach menawarkan PC-Super Angulon 28 Lensa mm f/ 2.8 yang memberikan pergerakan pergeseran, dengan kontrol tingkap prasetel. Lensa tersedia dengan dudukan agar sesuai dengan kamera dari berbagai produsen, dan juga dengan 42 pemasangan sekrup mm.

Kamera Sinar arTec menawarkan kemiringan dan pergeseran dengan rangkaian lengkap lensa digital Sinaron.

Semua lensa kontrol perspektif dan lensa miring-pergeseran adalah lensa tetap fokus manual, namun harganya cukup mahal dibandingkan lensa tetap biasa. Beberapa pembuat kamera format menengah, seperti Mamiya, telah mengatasi masalah ini dengan menawarkan adaptor pergeseran yang berfungsi dengan lensa prima lainnya dari pembuatnya.

Pada tahun 2013, Samyang Optics memperkenalkan salah satu lensa miring-geser termurah saat ini, Samyang TS 24mm f/3.5 ED AS UMC, yang dapat dimiringkan hingga 8,5 derajat dan bergeser sumbu hingga 12mm.[16]

ARAX memperkenalkan 35 mm f/2.8 dan 80 lensa miring-geser mm f/2.8, yang tersedia untuk beberapa dudukan kamera. Kedua lensa dijual dengan harga kurang dari Samyang TS 24mm. ARAX juga menghasilkan 50 lensa miring-geser mm f/2.8 untuk dudukan Micro 4/3 dan Sony NEX.[butuh rujukan]</link>[ <span title="This claim needs references to reliable sources. (July 2020)">kutipan diperlukan</span> ]

Kontrol peningkapan[sunting | sunting sumber]

Kebanyakan kamera SLR menyediakan kontrol peningkapan otomatis, yang memungkinkan pengamatan dan pengukuran pada tingkap maksimum lensa, menghentikan lensa ke tingkap yang berfungsi selama pemaparan, dan mengembalikan lensa ke bukaan maksimum setelah pemaparan. Untuk lensa kontrol perspektif dan lensa miring-pergeseran, hubungan mekanis tidak praktis, dan kontrol tingkap otomatis tidak ditawarkan pada lensa pertama. Banyak lensa PC dan TS menyertakan fitur yang dikenal sebagai tingkap "prasetel", yang memungkinkan fotografer mengatur lensa ke tingkap yang berfungsi, lalu dengan cepat beralih antara tingkap yang berfungsi dan bukaan penuh tanpa melihat kontrol tingkap. Meskipun sedikit lebih mudah dibandingkan pengukuran yang dihentikan, pengoperasiannya kurang nyaman dibandingkan pengoperasian otomatis.

Ketika Canon memperkenalkan jajaran kamera EOS pada tahun 1987, lensa EF menggunakan diafragma elektromagnetik, sehingga menghilangkan kebutuhan akan hubungan mekanis antara kamera dan diafragma. Oleh karena itu, lensa miring-geser Canon TS-E menyertakan kontrol peningkapan otomatis.

Pada tahun 2008, Nikon memperkenalkan lensa kontrol perspektif PC-E dengan diafragma elektromagnetik. Kontrol bukaan otomatis disediakan pada kamera D300, D500, D600/610, D700, D750, D800/810, D3, D4 dan D5 . Pada beberapa kamera sebelumnya, lensa menawarkan kontrol bukaan prasetel melalui tombol yang mengontrol diafragma elektromagnetik; dengan kamera sebelumnya lainnya, tidak ada kontrol tingkap yang disediakan, dan lensa tidak dapat digunakan.

Pergerakan kamera[sunting | sunting sumber]

Kemiringan[sunting | sunting sumber]

Menggunakan kemiringan mengubah bentuk kedalaman bidang (DoF). Ketika lensa dan bidang bayangan sejajar, DoF meluas di antara bidang paralel di kedua sisi PoF. Dengan kemiringan atau ayunan, DoF berbentuk baji, dengan puncak baji di dekat kamera, seperti yang ditunjukkan pada Gambar 5 dalam artikel prinsip Scheimpflug. DoF nol di bagian puncak, tetap dangkal di tepi bidang pandang lensa, dan meningkat seiring jarak dari kamera. Untuk posisi PoF tertentu, sudut antara bidang yang menentukan batas dekat dan jauh DoF (yaitu, sudut DoF) meningkat seiring dengan jumlah f lensa; untuk f -number dan sudut PoF tertentu, sudut DoF berkurang seiring bertambahnya kemiringan. Jika diinginkan agar seluruh pemandangan terlihat tajam, seperti dalam fotografi lanskap, hasil terbaik sering kali dicapai dengan jumlah kemiringan yang relatif kecil. Jika tujuannya adalah fokus selektif, kemiringan yang besar dapat digunakan untuk menghasilkan DoF sudut yang sangat kecil; namun, kemiringan menentukan posisi sumbu rotasi PoF, jadi jika kemiringan digunakan untuk mengontrol DoF, PoF mungkin tidak dapat melewati semua titik yang diinginkan.

PoF juga dapat diorientasikan sehingga hanya sebagian kecil yang melewati subjek, sehingga menghasilkan wilayah ketajaman yang sangat dangkal, dan efeknya cukup berbeda dibandingkan yang diperoleh hanya dengan menggunakan tingkap besar pada kamera biasa.

Dengan kemiringan, kedalaman bidang berbentuk baji . Seperti disebutkan di atas, menggunakan kemiringan yang besar dan f -number yang kecil menghasilkan DoF sudut yang kecil. Hal ini dapat berguna jika tujuannya adalah memberikan fokus selektif pada objek berbeda pada jarak yang sama dari kamera. Namun dalam banyak kasus, penggunaan kemiringan yang efektif untuk fokus selektif memerlukan pilihan yang cermat mengenai apa yang tajam dan apa yang tidak tajam, seperti yang dicatat oleh Vincent Laforet.[17] Karena kemiringan juga mempengaruhi posisi PoF, maka tidak mungkin menggunakan kemiringan yang besar dan membuat PoF melewati semua titik yang diinginkan. Ini mungkin tidak menjadi masalah jika hanya satu hal yang ingin dipertajam; Misalnya jika ingin memberi penekanan pada satu bangunan pada deretan bangunan, maka kemiringan dan f -number dapat digunakan untuk mengontrol lebar area lancip, dan fokus digunakan untuk menentukan bangunan mana yang lancip. Namun jika ingin memiliki dua titik atau lebih yang tajam (misalnya, dua orang pada jarak berbeda dari kamera), PoF harus menyertakan kedua titik tersebut, dan biasanya hal ini tidak dapat dicapai jika juga menggunakan kemiringan untuk mengontrol DoF. .

Pengguna kamera pandangan biasanya membedakan antara memutar lensa pada sumbu horizontal (miring), dan memutar lensa pada sumbu vertikal ( ayunan ); pengguna kamera format kecil dan menengah sering menyebut rotasi sebagai "kemiringan".

Pergeseran[sunting | sunting sumber]

Jika bidang subjek sejajar dengan bidang bayangan, maka garis sejajar pada subjek tetap sejajar pada bayangan. Jika bidang gambar tidak sejajar dengan subjek, misalnya saat mengarahkan kamera ke atas untuk memotret gedung tinggi, garis sejajar akan bertemu, dan hasilnya terkadang tampak tidak wajar, misalnya bangunan tampak condong ke belakang.

Pergeseran adalah perpindahan lensa sejajar dengan bidang gambar yang memungkinkan penyesuaian posisi subjek pada area gambar tanpa mengubah sudut kamera; Efeknya kamera bisa dibidik dengan gerakan pergeseran.[18] Pergeseran dapat digunakan untuk menjaga bidang gambar (dan fokus) sejajar dengan subjek; dapat digunakan untuk memotret gedung tinggi sambil menjaga sisi-sisi bangunan tetap sejajar. Lensa juga dapat digeser ke arah berlawanan dan kamera dimiringkan ke atas untuk menonjolkan konvergensi untuk efek artistik.

Menggeser lensa memungkinkan bagian lingkaran gambar yang berbeda dilemparkan ke bidang gambar, mirip dengan memotong area di sepanjang tepi gambar.

Sekali lagi, pengguna kamera pandangan biasanya membedakan antara gerakan vertikal ( naik dan turun ) dan gerakan lateral (bergeser atau menyilang ), sedangkan pengguna format kecil dan menengah sering menyebut kedua jenis gerakan tersebut sebagai "pergeseran".

Lingkaran gambar lensa[sunting | sunting sumber]

Meskipun lingkaran gambar pada lensa standar biasanya hanya menutupi bingkai gambar, lensa yang dapat dimiringkan atau digeser harus memungkinkan terjadinya perpindahan sumbu lensa dari pusat bingkai gambar, dan akibatnya memerlukan lingkaran gambar yang lebih besar daripada lensa standar. panjang fokus yang sama.

Menerapkan gerakan kamera[sunting | sunting sumber]

Pada kamera tampilan, gerakan memiringkan dan menggeser merupakan hal yang melekat pada kamera, dan banyak kamera tampilan memungkinkan penyesuaian lensa dan bagian belakang kamera dalam rentang yang cukup besar. Menerapkan gerakan pada kamera format kecil atau menengah biasanya memerlukan lensa tilt-shift atau lensa kontrol perspektif . Yang pertama memungkinkan kemiringan, pergeseran, atau keduanya; yang terakhir hanya mengizinkan pergeseran. Dengan lensa tilt-shift, penyesuaian hanya tersedia untuk lensa, dan jangkauannya biasanya lebih terbatas.

Lensa miring-geser dan kontrol perspektif tersedia untuk banyak kamera SLR, namun sebagian besar jauh lebih mahal dibandingkan lensa serupa tanpa gerakan. Lensa Lensbaby SLR adalah alternatif berbiaya rendah untuk menyediakan kemiringan dan ayunan bagi banyak kamera SLR, meskipun efeknya agak berbeda dari lensa yang baru saja dijelaskan. Karena desain optiknya yang sederhana, terdapat kelengkungan bidang yang signifikan, [19] dan fokus tajam terbatas pada wilayah dekat sumbu lensa. Akibatnya, aplikasi utama Lensbaby adalah fokus selektif dan fotografi gaya kamera mainan.

Fokus selektif[sunting | sunting sumber]

Fokus selektif dapat digunakan untuk mengarahkan perhatian pemirsa ke bagian kecil gambar sambil menghilangkan penekanan pada bagian lainnya.

Dengan kemiringan, efeknya berbeda dengan yang diperoleh dengan menggunakan f -number besar tanpa kemiringan. Dengan kamera biasa, PoF dan DoF tegak lurus terhadap garis pandang; dengan kemiringan, PoF bisa hampir sejajar dengan garis pandang, dan DoF bisa sangat sempit namun meluas hingga tak terbatas. Jadi, bagian pemandangan pada jarak yang sangat berbeda dari kamera dapat dibuat tajam, dan fokus selektif dapat diberikan ke bagian pemandangan berbeda pada jarak yang sama dari kamera.[20]

Dengan kemiringan, kedalaman bidang berbentuk baji . Seperti disebutkan di atas, menggunakan kemiringan yang besar dan angka f yang kecil menghasilkan DoF sudut yang kecil. Hal ini dapat berguna jika tujuannya adalah memberikan fokus selektif pada objek berbeda pada jarak yang sama dari kamera. Namun dalam banyak kasus, penggunaan kemiringan yang efektif untuk fokus selektif memerlukan pilihan yang cermat mengenai apa yang tajam dan apa yang tidak tajam, seperti yang dicatat oleh Vincent Laforet.[21] Karena kemiringan juga mempengaruhi posisi PoF, maka tidak mungkin menggunakan kemiringan yang besar dan membuat PoF melewati semua titik yang diinginkan. Ini mungkin tidak menjadi masalah jika hanya satu hal yang ingin dipertajam; Misalnya jika ingin memberi penekanan pada satu bangunan pada deretan bangunan, maka kemiringan dan f -number dapat digunakan untuk mengontrol lebar area lancip, dan fokus digunakan untuk menentukan bangunan mana yang lancip. Namun jika ingin memiliki dua titik atau lebih yang tajam (misalnya, dua orang pada jarak berbeda dari kamera), PoF harus menyertakan kedua titik tersebut, dan biasanya hal ini tidak dapat dicapai jika juga menggunakan kemiringan untuk mengontrol DoF. .

Fokus selektif menggunakan kemiringan muncul dalam film seperti Minority Report, (2002). Direktur fotografi Janusz Kamiński mengatakan dia lebih suka menggunakan lensa miring-geser daripada digital pascaproduksi karena terlalu banyak digital dapat menguranginya dan "Itu tidak terlihat alami." [22]

Miniatur palsu[sunting | sunting sumber]

Simulasi miniatur menggunakan pasca-pemrosesan digital

Fokus selektif melalui kemiringan sering digunakan untuk mensimulasikan pemandangan miniatur, [23] [24] [25] sedemikian rupa sehingga "efek kemiringan dan pergeseran" telah digunakan sebagai istilah umum untuk beberapa teknik pemalsuan miniatur. [26]

Teknik dasar pasca-pemrosesan digital dapat memberikan hasil serupa dengan yang dicapai dengan kemiringan, dan memberikan fleksibilitas dan kontrol yang lebih besar, seperti memilih wilayah yang tajam dan jumlah keburaman untuk wilayah yang tidak tajam.[27] Apalagi pilihan tersebut bisa diambil setelah foto diambil. Salah satu teknik canggih, Smallgantics, digunakan untuk film; itu pertama kali terlihat di video musik Thom Yorke tahun 2006 " Harrowdown Hill ", disutradarai oleh Chel White .[28] [29] Artis Olivo Barbieri terkenal dengan keahliannya memalsukan miniatur pada tahun 1990-an.[30] Seri Cityshrinker karya seniman Ben Thomas memperluas konsep ini ke pemalsuan miniatur kota-kota besar di seluruh dunia, bukunya Tiny Tokyo: The Big City Made Mini (Chronicle Books, 2014), [31] menggambarkan Tokyo dalam miniatur.

Aplikasi[sunting | sunting sumber]

  • Pada foto sebelah kiri, kamera sudah diratakan namun tidak ada lensa geser yang digunakan. Bagian atas rumah tidak di tangkap.
  • Di foto tengah, kamera yang sama dimiringkan untuk memotret seluruh rumah. Bangunan itu tampak condong ke belakang.
  • Di foto kanan, lensa geser (atau PC) memberikan hasil yang diinginkan.

Saat mengambil foto suatu bangunan atau struktur besar lainnya dari permukaan tanah, perspektif dapat dihilangkan dengan menjaga bidang film sejajar dengan bangunan. Dengan lensa biasa, hasil ini hanya menangkap bagian bawah subjek saja.

Memiringkan kamera ke atas menghasilkan efek perspektif yang menyebabkan bagian atas bangunan tampak lebih kecil dibandingkan bagian dasarnya, yang sering kali dianggap tidak diinginkan. Efek perspektif sebanding dengan sudut pandang lensa.

Namun, dengan lensa kontrol perspektif, lensa dapat digeser ke atas sesuai dengan area gambar, sehingga menempatkan lebih banyak subjek di dalam bingkai. Permukaan tanah, titik perspektif kamera, digeser ke arah bawah bingkai.

Kegunaan lain dari pergeseran adalah dalam memotret cermin. Dengan menggerakkan kamera ke salah satu sisi cermin, dan menggeser lensa ke arah berlawanan, gambar cermin dapat ditangkap tanpa pantulan kamera atau fotografer. Pergeseran juga dapat digunakan untuk memotret “di sekitar” suatu objek, seperti penyangga bangunan di galeri, tanpa menghasilkan tampilan yang jelas-jelas miring.

Kontrol perspektif dalam perangkat lunak[sunting | sunting sumber]

Perangkat lunak komputer (seperti fungsi perspektif dan distorsi Photoshop ) dapat digunakan untuk mengontrol efek perspektif dalam pasca produksi . Namun, teknik ini tidak memungkinkan pemulihan resolusi yang hilang di area subjek yang lebih jauh, atau pemulihan kedalaman bidang yang hilang karena sudut bidang film/sensor terhadap subjek. Area gambar yang diperbesar dengan teknik digital ini mungkin terkena efek visual interpolasi piksel, tergantung pada resolusi gambar asli, tingkat manipulasi, ukuran cetak/tampilan, dan jarak pandang.

Efek penggunaan gerakan miring atau mengayun kurang mudah dicapai dalam pascaproduksi. Jika setiap bagian gambar berada dalam kedalaman bidang, maka cukup mudah untuk mensimulasikan efek kedalaman bidang dangkal yang dapat dicapai dengan menggunakan kemiringan atau ayunan; [26] namun, jika gambar memiliki kedalaman bidang yang terbatas, pascaproduksi tidak dapat mensimulasikan ketajaman yang dapat dicapai dengan menggunakan kemiringan atau ayunan untuk memaksimalkan wilayah ketajaman.

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Sato, Haruo. "Tale Seventeen : PC-Nikkor 28 mm f/4". Nikon Corporation. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2008-08-28. Diakses tanggal 2008-07-10. 
  2. ^ a b "TS 35 mm f/2.8 S.S.C." Canon Camera Museum. 
  3. ^ "Camera Lenses - All NIKKOR Lenses for Digital SLR Cameras- Nikon". en.nikon.ca. 
  4. ^ "Tale Seventeen : PC-Nikkor 28 mm f/4". Nikon Corporation. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2008-08-28. 
  5. ^ "Laowa 15mm f/4.5 Zero-D Shift - LAOWA Camera Lenses". 30 October 2020. 
  6. ^ Ray 2000, 171.
  7. ^ Ray 2000, 172.
  8. ^ Stroebel, Leslie (1976). View Camera Technique (edisi ke-3rd). London: Focal Press. hlm. 28. ISBN 978-0-240-50901-3. 
  9. ^ Wilson, Andrew (1 May 2006). "Shift/tilt lenses bring new perspectives". Vision Systems Design. Diakses tanggal 2020-01-23. 
  10. ^ "Optical control apparatus, optical apparatus, and storage medium for storing optical control program". Google Patents. Diakses tanggal 15 June 2022. 
  11. ^ "Leica TS-APO-Elmar-S 120mm f/5.6 ASPH. - Overview | Leica Camera US". leica-camera.com (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2023-05-23. 
  12. ^ "The Rokkor Files - 35mm Shoot-out". www.rokkorfiles.com. Diakses tanggal 2023-05-23. 
  13. ^ "Minolta MF FAQ: Lenses". www.sds.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2001-03-06. 
  14. ^ "PC-E NIKKOR 24mm f/3.5D ED User's Manual" (PDF). Nikon Corporation. hlm. 21. 
  15. ^ "Pentax K-5 User's Manual", p. 220, Pentax Ricoh Imaging Corporation.
  16. ^ Wolstenholme, Gary (April 29, 2013). "Samyang T-S 24mm f/3.5 ED AS UMC Lens Review". ePHOTOzine. Diakses tanggal 23 November 2013. 
  17. ^ "Interview: Vincent Laforet". Canon USA, Inc. Diakses tanggal 2010-04-06. 
  18. ^ Bond, Howard (May–June 1998). "Setting Up the View Camera". Photo Techniques: 41–45.  A transcription is available on the Large Format Page.
  19. ^ "FAQ". Lensbaby. Is the Lensbaby like a tilt–shift lens? 
  20. ^ Stroebel, 1976
  21. ^ "Interview: Vincent Laforet". Canon USA, Inc. Diakses tanggal 2010-04-06. 
  22. ^ Kaminski, Janusz (2 April 2010). "Janusz Kaminski on The Diving Bell and the Butterfly". MovieMaker. Diakses tanggal 2010-04-02. .
  23. ^ Segal, David (7 February 2007). "Can Photographers Be Plagiarists?". Slate. Diakses tanggal 2007-02-07. 
  24. ^ Rodrigues, Vailancio (16 November 2008). "50 Beautiful Examples of Tilt–Shift Photography". Smashing Magazine. Diakses tanggal 2008-11-19. 
  25. ^ Baryshnikov, Evgeniy (10 January 2012). "More than 60 Examples of Miniature Faking Photography Created Using Tilt–Shift Generator Software". Diakses tanggal 2012-05-06. 
  26. ^ a b Held, R. T.; Cooper, E. A.; O'Brien, J. F.; Banks, M. S. (March 2010). "Using blur to affect perceived distance and size" (PDF). ACM Transactions on Graphics. 29 (2): 19:11. doi:10.1145/1731047.1731057. ISSN 0730-0301. PMC 3088122alt=Dapat diakses gratis. PMID 21552429. Diakses tanggal 2012-02-23.  Kesalahan pengutipan: Tanda <ref> tidak sah; nama "auto" didefinisikan berulang dengan isi berbeda
  27. ^ "TiltShift Effect Generator". FaceGarage. 30 November 2014. Diakses tanggal 2014-11-30. 
  28. ^ Vankin, Deborah (2012-07-04). "Tilt shift's shrinking technique is a growing effect". Los Angeles Times (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2023-05-23. 
  29. ^ Gottleib, Steven (August 24, 2006). "NEW RELEASE: Thom Yorke "Harrowdown Hill"". VideoStatic (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2023-05-23. 
  30. ^ Fergusson, WM (9 December 2007). "Fake Tilt–Shift Photography". NY Times. 
  31. ^ Thomas, Ben (10 April 2014). "Tiny Tokyo; The Big City Made Mini". Diakses tanggal 2014-05-09.