Fossa (hewan)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari


Fossa[1]
Status konservasi
Klasifikasi ilmiah e
Unrecognized taxon (fix): Cryptoprocta
Species: C. ferox
Tata nama biologi
Cryptoprocta ferox
Bennett, 1833
Peta menunjukkan distribusi Fossa di Madagaskar. Area dalam warna merah menunjukkan wilayah distribusinya.
Penyebaran Hewan Cryptoprocta ferox[2]
Sinonim

Fossa (Bahasa Malagasi [ˈfusə̥]; Cryptoprocta ferox) adalah karnivora mamalia endemik di Madagaskar. Hewan ini adalah anggota dari Eupleridae, sebuah keluarga dari carnivorans berkaitan erat dengan keluarga luwak (Herpestidae). Klasifikasi hewan ini kontroversial karena ciri-ciri fisik menyerupai keluarga kucing, namun sifat-sifat lainnya menunjukkan hubungan yang dekat dengan viverrids (kebanyakan luwak dan keluarga mereka). Klasifikasi hewan ini dan hewan-hewan karnivora lainnya yang ada di Malagasy dipengaruhi hipotesis tentang berapa kali mamalia karnivora yang telah menghuni Madagaskar. Dengan studi genetik menunjukkan bahwa fossa dan hewan karnivora Malagasy lainnya terkait erat satu sama lain (membentuk klad, yaitu keluarga Eupleridae), hewan-hewan Karnivora sekarang diperkirakan telah menghuni pulau setelah sekitar 18 sampai 20 juta tahun yang lalu.

Fossa adalah mamalia karnivora terbesar di pulau Madagaskar dan dapat dibandingkan dengan Puma kecil. Ketika  dewasa panjang kepala sampai tubuh sepanjang 70–80 cm (28–31 in) dan berat antara 55 and 86 kg (121 and 190 lb), dengan jantan lebih besar daripada betina. Memiliki cakar yang dapat ditarik sebagian ( dapat memperpanjang tapi tidak bisa menarik cakarnya sepenuhnya) dan pergelangan kaki yang fleksibel sehingga memungkinkan untuk memanjat dan menuruni pohon, dan juga dapat melompat dari pohon ke pohon. Fossa adalah unik untuk bentuk alat kelamin dibanding anggota keluarga lainnya, yang memiliki kesamaan dengan kucing dan hyena.

Spesies ini tersebar luas, meskipun kepadatan populasi biasanya rendah. Hal ini karena hanya ditemukan di hutan, dan secara aktif berburu baik siang dan malam. Lebih dari 50% makanannya terdiri dari lemur, primata endemik pulau Madagaskar; tenrecs, tikus, kadal, burung, dan hewan lain yang juga didokumentasikan sebagai mangsa. Perkawinan biasanya terjadi pada pohon-pohon di bagian horizontal dan dapat berlangsung selama beberapa jam. Anak yang lahir berkisar dari satu sampai enam anak, yang dilahirkan buta dan ompong (altricial). Bayi menyapih setelah 4,5 bulan dan independen setelah satu tahun. Kematangan seksual terjadi sekitar tiga sampai empat tahun, dan angka harapan hidup di penangkaran adalah 20 tahun. Fossa terdaftar sebagai "Rentan" oleh Serikat Internasional untuk Konservasi Alam. Hal ini umumnya ditakuti oleh orang-orang Malagasi dan sering dilindungi oleh fady (tabu). Ancaman terbesar bagi spesies adalah kerusakan habitat.

Etimologi[sunting | sunting sumber]

Dengan nama generik Cryptoprocta mengacu pada bagaimana anus tersembunyi yang dimiliki oleh hewan ini dengan anal pouch, dari bahasa Yunani Kuno kata-kata crypto- "tersembunyi", dan procta "anus".[./Fossa_(animal)#cite_note-1986K.C3.B6hncke-4 [4]] nama spesies ferox adalah kata sifat dari bahasa Latin yang artinya "sengit" atau "liar".[3] nama umum dieja fossa dalam bahasa inggris atau fosa di Malagasi, dimana berakar dari bahasa Austronesia ,[./Fossa_(animal)#cite_note-1986K.C3.B6hncke-4 [4]][4][5] tetapi beberapa penulis telah mengadopsi Malagasy ejaan dalam bahasa inggris.[6] kata ini mirip dengan posa (yang berarti "kucing") dalam bahasa Iban (bahasa Austronesia) dari Kalimantan, dan kedua istilah ini mungkin berasal dari perdagangan bahasa dari tahun 1600-an. Namun, alternatif etimologi menunjukkan padanan ke kata lain yang berasal dari Melayu yaitu pusa. mengacu pada Malayan musang (Mustela nudipes). Kata Melayu pusa bisa menjadi posa untuk kucing di Kalimantan, sedangkan di Madagaskar kata bisa menjadi fosa untuk merujuk ke fossa.[./Fossa_(animal)#cite_note-2009Blench_etal-6 [6]][5]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Templat:MSW3 Carnivora
  2. ^ a b Hawkins, A.F.A. & Dollar, L. (2008). "Cryptoprocta ferox". IUCN Red List of Threatened Species. Version 2008. International Union for Conservation of Nature. Diakses tanggal 11 May 2006. 
  3. ^ Borror 1960.
  4. ^ Köhncke, M.; Leonhardt, K. (1986). "Cryptoprocta ferox" (PDF). Mammalian Species (254): 1–5. doi:10.2307/3503919. Diakses tanggal 19 May 2010. 
  5. ^ a b Blench, R.M.; Walsh, M. (2009). Faunal names in Malagasy: their etymologies and implications for the prehistory of the East African coast (PDF). Eleventh International Conference on Austronesian Linguistics (11 ICAL). Aussois, France. pp. 1–31. Diarsipkan dari versi asli (PDF) tanggal 14 May 2011. 
  6. ^ Garbutt 2007.

Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "1833Bennett" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "2008Hawkins" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "2009Luhrs" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "2009Hawkins" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "2007Barycka" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "2007Jones" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "2007Mueller" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "2005Hawkins" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "2005Patel" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "2004Goodman" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "2004Veron" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "2003Winkler" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "2003Yoder" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "2002Drea" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "2002Hawkins" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "2000Croke" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "1999Dollar" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "1999Goodman" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "2009Irwin" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "1997Wright" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "1996Goodman" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "1995Rasoloarison" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "1995Wright" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "2009Vogler" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "2009Golden" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "2013Garcia" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.

Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "2005Independent" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.