Ferrari Enzo

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Enzo Ferrari
Ferrari Enzo Ferrari.JPG
Produsen Ferrari
Perusahaan induk Fiat Group
Masa dalam produksi 2002–2004
(400 produced)
Model berikutnya LaFerrari
Bentuk kerangka 2-seat Berlinetta
Layout RMR layout
Mesin 6.0 L Tipo F140B V12
Transmisi 6-speed
Mobil terkait Ferrari FXX
Desainer Pininfarina
Model sebelumnya Ferrari F50

Ferrari Enzo merupakan mobil super dari Ferrari. Enzo menggantikan posisi Ferrari F50 sebagai mobil Ferrari yang tercepat, terganas dan tercanggih di jajaran produk Ferrari. Enzo diluncurkan ketika tim Formula Satu Scuderia Ferrari sedang dalam masa keemasan dan kejayaan mereka bersama pembalap legendaris asal Jerman, Michael Schumacher.

Nama[sunting | sunting sumber]

Enzo adalah nama penemu Ferrari, yaitu Enzo Ferrari. Ferrari menamakannya Enzo untuk memperingati sang pendiri atas kesuksesan tim Ferrari di ajang Formula Satu, hal yang sangat diidam-idamkan oleh sang pendiri. Ferrari pun tidak sembarangan memberi nama kepada mobil ini karena mobil ini adalah hasil mutakhir dari Ferrari. Tidak pernah ada mobil Ferrari yang dinamakan Enzo sehingga mobil ini menjadi salah satu mobil Ferrari ikonis dalam sejarah. Pamor mobil ini semakin menanjak berkat kesuksesan tim Ferrari di ajang balap mobil Formula Satu yang meraih gelar juara dunia pembalap melalui Michael Schumacher dan gelar konstruktor tim sepanjang musim 2000-2004.

Produksi[sunting | sunting sumber]

Setiap Enzo dibuat dengan tangan di Italia.Ada 400 unit Enzo yang pernah dibuat.Rumor mengatakan bahwa hanya ada 2 Enzo yang beredar di Indonesia,sedangkan adapula rumor yang mengatakan bahwa hanya ada 4 Enzo di Indonesia.Salah satu Enzo ada di Indonesia International Motor Show pada tahun 2009 di mana Enzo tersebut dalam kondisi dijual.Enzo lainnya juga tertamu di Bandung di mana Enzo tersebut dimasukkan ke majalah.Enzo yang paling terakhir dibuat pada tahun 2004 dan uangnya dipakai untuk menyelamatkan korban tsunami.

Mekanik[sunting | sunting sumber]

Mesin V12 Enzo terletak di belakang tengah.Enzo hanya tersedia dalam transmisi paddleshift,tidak ada pilihan transmisi manual biasa.Mesin Enzo adalah mesin DIno,yaitu mesin kuno yang dimodifikasi

Performa[sunting | sunting sumber]

Enzo mencapai 60 mph dalam waktu 3,14 detik.Kecepatan maksimal adalah 350 km.jam dan menyemburkan tenaga hingga 650 HP ke roda belakang.

Mobil berbasis Enzo[sunting | sunting sumber]

  • Ferrari FXX, mobil yang dapat dibeli namun hanya dapat dipakai di sirkuit dan hanya dapat dipakai di acara tertentu. Hanya ada 31 unit FXX yang tersedia di dunia. Michael Schumacher mendapat kehormatan untuk memiliki salah satu FXX atas prestasinya di ajang Formula Satu bersama Scuderia Ferrari.
  • Ferrari P4/5,seseorang rela mengorbankan Enzo nya untuk diubah menjadi P4/5.Desain bodi P4/5 didesain ulang oleh Pininfarina dan menghabiskan jumlah uang yang besar hanya untuk membuat 1 mobil saja.Bodi P4/5 dibuat lebih aerodinamis dari Enzo dan lebih banyak downforce sehingga lebih stabil pada kecepatan tinggi.Hanya ada 1 P4/5 di dunia.
  • Maserati MC12,mobil super Maserati yang berbasis dari Enzo.Banyak komponen,seperti mesin dan chassis,berasal dari Ferrari.Hanya 50 unit MC12 yang dibuat.