Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Fakultas Ekonomika dan Bisnis
Universitas Gadjah Mada
Logo Universitas Gadjah Mada.png
Nama sebelumnya
Fakultas Ekonomi Universitas Gadjah Mada
JenisPerguruan Tinggi Negeri Badan Hukum
Didirikan19 September 1955
DekanEko Suwardi, M.Sc., Ph.D
Lokasi, ,
KampusUrban
AlamatFakultas Ekonomika dan Bisnis
Jl. Sosio Humaniora No.1, Bulaksumur, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55281
WarnaOranye     
Nama julukanFEB UGM
Situs webhttps://feb.ugm.ac.id/id/
FEB UGM Logo-English.jpg
Informasi Umum
JenjangS1, S2, S3
Jalur MasukSNMPTN, SBMPTN, UTUL UGM, PBU
Departemen
  • Departemen Manajemen
  • Departemen Akuntansi
  • Departemen Ilmu Ekonomi

Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada (atau disingkat FEB UGM) adalah salah satu fakultas di Universitas Gadjah Mada. Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada (FEB UGM) didirikan pada tahun 1955 sebagai hasil dari reorganisasi Fakultas Hukum, Ekonomi, dan Politik Sosial.

FEB UGM memiliki sekitar 5.500 mahasiswa aktif dan didukung oleh lebih dari 200 staf pengajar dan profesional. FEB menawarkan program gelar mulai dari sarjana, magister, doktoral dan profesi. Program studi ditawarkan oleh Departemen Akuntansi, Departemen Ilmu Ekonomi, dan Departemen Manajemen. Departemen didukung oleh anggota fakultas yang sangat kompeten, sebagian besar memiliki gelar doktor dari universitas luar negeri terkemuka.

Semua program studi terakreditasi "A" dan "Unggul" oleh Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Tinggi (BAN-PT). FEB UGM secara luas diakui sebagai yang terbaik di negara ini untuk profilnya, sumber daya akademik, sistem, dan proses yang kuat.Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah atau memiliki nama yang salah.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB) Universitas Gadjah Mada di Yogyakarta didirikan pada tanggal 19 September Tahun 1955 dengan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 53759/Kab. Pada awalnya, pendidikan dan pengajaran ekonomi di Universitas Gadjah Mada, dilaksanakan oleh Jurusan Ekonomi yang dikordinasi oleh Bagian Hukum, Fakultas Hukum, Ekonomi, Sosial dan Politik (Fakultas HESP). Mulai tahun akademi 1952/1953, dengan Surat Keputusan Menteri Pendidikan Pengajaran dan Kebudayaan No. 29512/Kab., status “Jurusan” untuk pengajaran ekonomi telah ditingkatkan menjadi “Bagian” pada Fakultas Hukum, Ekonomi, Sosial dan Politik (Fakultas HESP). Dalam perkembangan selanjutnya, mulai tahun akademi 1955/1956, Fakultas HESP dipecah menjadi 3 fakultas yaitu Fakultas Hukum, Fakultas Ekonomi, dan Fakultas Sosial Politik, yang kesemuanya menempati Pagelaran Keraton Yogyakarta.

Fakultas Ekonomi UGM (sebelum berubah namanya menjadi FEB) sendiri merupakan fakultas ekonomi negeri yang ketiga di Indonesia. Fakultas Ekonomi negeri yang pertama adalah Fakultas Ekonomi di Makassar yang merupakan cabang Universitas Indonesia yang didirikan tanggal 8 Oktober Tahun 1948 dan kemudian menjadi Fakultas Ekonomi Universitas Hasanuddin. Sedangkan fakultas ekonomi negeri yang kedua adalah Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia di Jakarta yang didirikan tanggal 15 Januari Tahun 1951.

Setelah beberapa tahun menempati Pagelaran Keraton, mulai tahun 1958, Fakultas Ekonomi UGM pindah ke Bulaksumur dan menempati sebagian Gedung Pusat Tata Usaha Universitas Gadjah Mada. Pada bulan Januari Tahun 1989, Fakultas Ekonomi kembali pindah dan mulai menempati gedung baru di Jalan Humaniora yang terus digunakan hingga saat ini.

Perubahan nama Fakultas Ekonomi UGM menjadi Fakultas Ekonomika dan Bisnis UGM adalah untuk memenuhi tujuan go-international, fakultas memandang perlu untuk menggunakan istilah yang berlaku secara internasional yang memudahkan FEB untuk beradaptasi dalam komunitas internasional, tanpa ada kerancuan antara nama fakultas dan program-program studi atau departemen yang ada dibawah fakultas. Perubahan nama ini tertuang dalam surat Keputusan Rektor Universitas Gadjah Mada nomor 262/P/SK/HT/2007, tertanggal 27 Agustus 2007.

Seiring dengan hal tersebut, Fakultas Ekonomika dan Bisnis UGM terus berupaya meningkatkan standar mutu pengajaran dan penelitian dengan ikut menjadi anggota sekolah bisnis tingkat dunia. Pada 10 Maret 2006, Fakultas Ekonomika dan Bisnis UGM terdaftar sebagai anggota AACSB International—The Association to Advance Collegiate Schools of Business (AACSB). Hingga pada 12 Mei 2014, Fakultas Ekonomika dan Bisnis UGM berhasil meraih akreditasi AACSB International dan menjadi yang pertama sekolah bisnis di Indonesia yang terakreditasi.[1]

Departemen dan Program Studi[sunting | sunting sumber]

Fakultas Ekonomika dan Bisnis UGM memiliki 3 departemen:[2]

  1. Departemen Akuntansi
  2. Departemen Manajemen
  3. Departemen Ilmu Ekonomi

Program Sarjana[sunting | sunting sumber]

Program sarjana menyediakan program yang memungkinkan mahasiswa untuk memperoleh teori, konsep serta studi kasus di bidang akuntansi, ilmu ekonomi, dan manajemen. Program sarjana di FEB UGM diajarkan dalam Bahasa Inggris (Program Sarjana Internasional) dan Bahasa Indonesia (Program Reguler) dan mengakomodasi mahasiswa dengan banyak peluang untuk mendapatkan paparan internasional dalam bentuk program pertukaran (exchange) dan gelar ganda (dual degree).

  • Akuntansi (Sarjana Ekonomi/S.E.) Program ini memberikan pemahaman tentang teori, konsep, dan prinsip akuntansi. Program ini mempersiapkan mahasiswa dengan kemampuan untuk melakukan dan menganalisis pelaporan keuangan, audit, dan sistem kontrol manajemen.
  • Ilmu Ekonomi (Sarjana Ekonomi/S.E.) Program ini memberikan pemahaman tentang teori ekonomi makro dan mikro untuk memecahkan masalah ekonomi. Selain itu, program ini membekali mahasiswa dengan pengetahuan khusus tentang ekonomi pembangunan, ekonomi bisnis, ekonomi moneter, ekonomi publik, dan ekonomi internasional.
  • Manajemen (Sarjana Ekonomi/S.E.) Program ini memberikan mahasiswa dengan teori, studi kasus, dan penerapan keuangan, pemasaran, operasi, dan manajemen strategis dan sumber daya manusia.

Untuk memenuhi permintaan lulusan yang bersaing secara internasional, FEB menawarkan Program Sarjana Internasional (IUP). Kuliah disampaikan sepenuhnya dalam bahasa Inggris dan mahasiswa diharapkan mengikuti standar sekolah bisnis internasional. Para lulusan siap untuk mengeksplorasi masalah dan melakukan analisis pemecahan masalah dalam bisnis dan ekonomi global sambil menekankan etika dan nilai-nilai lokal. Kurikulum diatur agar sesuai dengan kualifikasi internasional. Oleh karena itu, kredit kuliah dapat ditransfer ke universitas mitra di luar negeri, seperti halnya pertukaran pelajar dan program gelar ganda. Keberadaan program ini menunjukkan posisi FEB yang luar biasa di antara institusi akademik global.

Program Magister[sunting | sunting sumber]

Fakultas Ekonomika dan Bisnis UGM menyelenggarakan program studi magister sain dan magister terapan. Program Magister Sains mempersiapkan mahasiswa untuk menjadi kuat dalam penelitian di bidang akuntansi, ilmu ekonomi, dan manajemen. Program magister terapan (Magister Akuntansi, Magister Manajemen, Magister Ekonomika Pembangunan) memberikan mahasiswa dengan teori serta aplikasi dalam program bisnis nyata untuk mendukung mahasiswa bersaing di lingkungan bisnis global.

  • Magister Sains Akuntansi, Magister Sains Ilmu Ekonomi, dan Magister Sains Manajemen (M.Sc.) Mengembangkan mahasiswa untuk menjadi sarjana akuntansi/ilmu ekonomi/manajemen yang berpengaruh di Indonesia. Mahasiswa akan dilengkapi dengan kemampuan untuk membangun pemikiran sistematis dan kritis melalui kursus dan ulasan makalah penelitian. Program ini memberikan banyak peluang bagi mahasiswa untuk mengambil bagian dalam program pertukaran dan gelar ganda.
  • Magister Akuntansi (M.Acc.) Dirancang untuk mengantisipasi dan menanggapi kebutuhan profesional individu serta pejabat pemerintah dalam lingkungan bisnis yang dinamis saat ini. Program ini menawarkan konsentrasi pada Akuntansi Publik, Akuntansi Keuangan, Akuntansi Manajerial, Manajemen Sistem Informasi dan Audit. Kurikulum dirancang untuk mahasiswa untuk dapat mengambil bagian dalam program pertukaran dan gelar ganda.
  • Magister Manajemen (M.B.A.) Memelihara dan memanfaatkan potensi kepemimpinan mahasiswa melalui kurikulum mutakhir yang dikombinasikan dengan proses pembelajaran inovatif dan program pengembangan soft skill intensif yang diperkaya oleh atau jaringan internasional dari 37 universitas mitra internasional terkemuka di kampus Yogyakarta dan Jakarta. Program ini adalah sekolah bisnis terkemuka di Indonesia, menawarkan pendidikan bisnis berkualitas tinggi yang ditandai oleh anggota fakultas yang kuat dan kompeten, kurikulum yang dinamis, proses pembelajaran kolaboratif dan kreatif, dan suasana akademik yang menyenangkan.
  • Magister Ekonomika Pembangunan (M.Ec.Dev.) Bertujuan untuk menciptakan pemimpin otentik dengan karakter yang kuat dan inovatif. Program ini berkomitmen untuk memberikan para mahasiswa dengan pengetahuan dan praktik dalam menghasilkan pemerintahan yang bersih dan tata pemerintahan yang baik. Program ini juga diajarkan dalam bahasa Inggris untuk mengakomodasi mahasiswa internasional. Program pertukaran dan gelar ganda juga tersedia bagi mahasiswa untuk menjadi bagian dari itu.

Program Doktor[sunting | sunting sumber]

Program ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan penelitian mahasiswa dan lulusan. Kurikulum dirancang untuk melatih mahasiswa dalam mengembangkan pengetahuan dan keterampilan penelitian yang ketat. Kemampuan penelitian yang baik termasuk penguasaan materi atau teori yang relevan, metodologi penelitian, dan keterampilan dalam diseminasi hasil penelitian. Karakteristik ini tercermin dalam hasil kegiatan belajar mengajar.

  • Doktor Ilmu Akuntansi (Dr.) Menekankan pada pemahaman kritis terhadap teori, konsep, dan metoda penelitian di bidang akuntansi, serta peningkatan kegiatan dan kualitas penelitian di bidang akuntansi dengan berlandaskan pada penegakan kejujuran, kebebasan, dan etika akademik.
  • Doktor Ilmu Ekonomi (Dr.) Adalah program pendidikan yang menekankan pada pemahaman kritis terhadap teori, konsep, dan metoda penelitian di bidang ilmu ekonomi, serta peningkatan kegiatan dan kualitas penelitian di bidang ilmu ekonomi dengan berlandaskan pada penegakan kejujuran, kebebasan, dan etika akademik. Perkembangan mutakhir dalam penelitian ilmu ekonomi adalah penggunaan data mikro untuk mengeliminasi aggregation bias. Dengan lead knowledge development, program mengartikulasikan utilisasi microeconometrics. Program juga mengembangkan perkembangan mutakhir dalam ilmu ekonomi seperti penggunaan randomized experiments yang sangat relevan dalam pengambilan keputusan terutama mengenai dampak program-program sosial. Program juga memimpin diseminasi penelitian yang menggunakan laboratory experiments untuk menganalisis perilaku individu. Program juga memimpin penerapan pengembangan microeconometrics dan microeconomic.
  • Doktor Ilmu Manajemen (Dr.) Mempunyai tujuan menjadi program studi yang mampu menghasilkan lulusan yang mempunyai pengetahuan yang mendalam dan menguasai Ilmu Manajemen di bidang pengkhususannya, mempunyai kemampuan dan keahlian di bidang ilmunya untuk menjabat sebagai pengajar pada perguruan tinggi atau memegang jabatan-jabatan lain dalam masyarakat yang sesuai dengan ilmu pengetahuan dan tingkat pendidikannya, serta mampu mengembangkan perbendaharaan ilmu pengetahuannya dalam bidangnya melalui penelitian-penelitian mandiri yang mendalam dan cukup luas ruang lingkupnya.

Program Profesi[sunting | sunting sumber]

Pendidikan Profesi Akuntan (PPAk) adalah pendidikan lanjutan yang didesain untuk lulusan S1/DIV akuntansi yang ingin mendapatkan gelar profesi "Akuntan". Tujuan pendidikan profesi akuntan adalah untuk menghasilkan lulusan yang mumpuni dalam bidang keahlian akuntansi, yang dapat memenuhi kebutuhan dunia usaha maupun pemerintahan.

Staf pengajar Pendidikan Profesi Akuntan adalah para dosen FEB UGM, serta praktisi profesional yang kompeten di bidangnya. Dengan visi sebagai benchmark bagi program pendidikan profesi akuntan di Indonesia, PPAk FEB UGM membangun mahasiswa untuk menjadi akuntan profesional yang kompeten dan berintegritas.

Lulusan Program Pendidikan Profesi Akuntan dapat bekerja sebagai auditor, eksternal auditor, manajer keuangan, analisis keuangan dan penusunan laporan keuangan. Lulusan Program Pendidikan Profesi Akuntann dapat masuk ke semua sektor baik sektor yang berorientasi profit ataupun nonprofit

Manfaat yang dapat diperoleh bagi mahasiswa Pendidikan Profesi Akuntansi, sebagai berikut:

  1. Dapat mempersiapkan ujian sertifikasi CA (Chartered Accountant) dan atau CPA (Certified Public Accountant) dengan lebih baik karena kurikulum yang telah disesuaikan dengan subyek ujian sertifikasi tersebut
  2. Mendapatkan keringanan biaya ujian sertifikasi CA maupun CPA
  3. Mendapatkan waiver untuk mata ujian level dasar ACPA (Associate Certified Public Accountant) sehingga dapat diberikan sebutan ACPA setelah lulus ujian CPA
  4. Sertifikasi level profesional CPA hanya menempuh 1 dari 5 mata ujian yang disyaratkan (mendapat waiver 4 mata ujian)
  5. Dapat melanjutkan ke Program Studi Magister Akuntansi FEB UGM dengan waiver mata kuliah tertentu sesuai dengan IPK yang disyaratkan
  6. Masa perkuliahan di PPAk diakui 1 (satu) tahun pengalaan kerja, sebagai salah satu syarat mendapatkan sertifikasi CA[3]

Pusat Kajian[sunting | sunting sumber]

  • Galeri Investasi Danareksa Sekuritas
  • Dashboard Ekonomika Kerakyatan
  • Pemeringkat Tata Kelola Korporasi (CGR)
  • Pojok Kewirausahaan
  • Pojok Syariah
  • Dashboard Ekonomi Makro
  • Tata Kelola Organisasi Publik

Fasilitas Kampus[sunting | sunting sumber]

Ruang Kelas

Setiap ruang kelas di FEB dilengkapi kursi dan meja atau kursi dengan meja yang nyaman untuk kegiatan perkuliahan, pendingin udara, sistem audio, proyektor, dan komputer personal. Tersedia pula kelas kolaboratif yang memudahkan mahasiswa untuk belajar kelompok, berdiskusi, dll.

Ruang Auditorium

FEB memiliki lima ruang auditorium yang berada di lima lokasi program studi, dilengkapi dengan sistem audio dan video, pendingin udara, dan hotspot. Lima auditorum tersebut yaitu:

  • Auditorium Pusat Pembelajaran, berkapasitas 250 kursi berlokasi di lantai 8 gedung Pusat Pembelajaran
  • Auditorium Pertamina, berkapasitas 110 kursi berlokasi di lantai 6 gedung Pertamina
  • Auditorium Kertanegara, berkapasitas 100 kursi berlokasi di lantai 2 sayap timur gedung Fakultas Ekonomika dan Bisnis
  • Auditorium Sukadji Ranuwihardjo, berkapasitas 350 kursi berlokasi di lantai 2 gedung Magister Manajemen
  • Auditorium BRI, berkapasitas 200 kursi berlokasi di lantai 2 gedung Magister Sains dan Doktor
  • Auditorium Mubyarto, berkapasitas 150 kursi berlokasi di lantai 2 gedung Magister Ekonomika Pembangunan
  • Auditorium Soekamto, berkapasitas 100 kursi berlokasi di gedung Magister Akuntansi

Perpustakaan

Perpustakaan FEB memiliki koleksi yang lengkap, baik berbahasa Inggris maupun Indonesia. Koleksi berupa buku, ebook, jurnal, majalah dan CD berbasis data. Perpustakaan juga menyediakan akses jurnal elekronik lebih dari 1,800 jurnal yang menampung data ekonomi dan bisnis. Tersedia akses internet di setiap komputer personal dalam rangka memfasilitasi penelitian.

Lab. Komputer

FEB memiliki empat laboratorium komputer yang berada di empat lokasi program studi, setiap laboratorium berkapasitas 40 hingga 120 komputer personal dengan spesifikasi komputer terkini dilengkapi printer jaringan, alat pemindai dokumen. Fasilitas tersebut dapat digunakan oleh mahasiswa secara gratis (kecuali cetak).

Lab. Bahasa

FEB memiliki laboratorium bahasa, yang dilengkapi 40 unit Master Console Sony Student Recorder. Tersedianya tenaga dosen yang handal dan praktisi bahasa untuk mendukung aktifitas belajar di laboratorium bahasa.

Portal Sintesis

Satu sistem aplikasi yang telah didesain dan dikembangkan oleh FEB untuk memudahkan proses belajar-mengajar. Sistem ini memudahkan mahasiswa untuk melakukan registrasi setiap semester, memantau dan mencetak hasil studi, dan memonitor pengumuman-pengumuman akademik.

Akses Internet

Akses internet dilingkungan kampus menggunakan login (Single Sign On) email UGM dengan profil yang sudah disesuaikan. Setiap mahasiswa wajib memiliki email UGM, dengan memiliki email tersebut mahasiswa dapat mengakses sumber daya informasi yang ada di fakultas maupun universitas.

Lainnya

Tersedianya kafetaria, toko buku, tempat ibadah/musholla, pusat fotokopi, area hotspot, fasilitas olahraga, sepeda kampus, dan areal parkir yang luas untuk kendaraan.[4]

Komunitas Mahasiswa[sunting | sunting sumber]

  • Badan Perwakilan Mahasiswa (BPM FEB UGM)
  • Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM FEB UGM)
  • Himpunan Mahasiswa Jurusan
    • Ikatan Keluarga Mahasiswa Manjemen (IKAMMA)
    • Ikatan Mahasiswa Akuntansi Gadjah Mada (IMAGAMA)
    • Himpunan Mahasiswa Ilmu Ekonomi Dan Studi Pembangunan (HIMIESPA)
    • Himpunan Mahasiswa Magiter Akuntansi (HIMMA)
    • Himpunan Mahasiswa Magister Ekonomika Pembangunan (HIMMEP)
    • Ikatan Mahasiswa dan Alumni Program Doktor Ekonomika dan Bisnis Gadjah Mada (IMADEBGAMA)
  • Unit Kemahasiswaan
    • Badan Penerbitan dan Pers Mahasiswa (BPPM) Equilibrium FEB UGM
    • Pecinta Alam Mahasiswa Ekonomi (PALMAE)
    • Economics Session Band (ESB)
    • Forum Komunikasi Mahasiswa Magister Sains (Forkomsi)
    • Shariah Economic Forum (SEF)
    • Jamaah Mahasiswa Muslim Ekonomika (JIMME)
    • Perhimpunan Mahasiswa Kristen (PMK)
    • Kesatuan Mahasiswa Katolik (KMK)
    • Global Leadership Forum (GLF FEB UGM)
    • Economia Study Community

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Staff, Web. "Sejarah Pendirian". feb.ugm.ac.id. Diakses tanggal 2020-09-13. 
  2. ^ Staff, Web. "Departemen". feb.ugm.ac.id. Diakses tanggal 2020-09-13. 
  3. ^ "Program Studi". feb.ugm.ac.id. Diakses tanggal 2020-09-13. 
  4. ^ Staff, Web. "Fasilitas". feb.ugm.ac.id. Diakses tanggal 2020-09-13.