Eugène Viollet-le-Duc

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Eugène Emmanuel Viollet-le-Duc
Eugene viollet le duc.jpg
Foto oleh Nadar
Lahir(1814-01-27)27 Januari 1814
Paris, Prancis
Meninggal17 September 1879(1879-09-17) (umur 65)
Lausanne, Swiss
KebangsaanPrancis
PenghargaanRoyal Gold Medal (1864)

Eugène Emmanuel Viollet-le-Duc (bahasa Prancis: [øʒɛn ɛmanɥɛl vjɔlɛ lə dyk]; lahir 27 Januari 1814 – meninggal 17 September 1879 pada umur 65 tahun) adalah seorang arsitek dan teoris Prancis, terkenal karena penafsirannya mengenai "restorasi" bangunan-bangunan Abad Pertengahan. Lahir di Paris, ia adalah arsitek ternama pada era Kebangkitan Gotik. Sebagian besar karyanya berupa bangunan restoratif, dan beberapa bangunan independen juga pernah dirancangnya. Gaya arsitekturnya sangat bertentangan dengan arsitektur Beaux-Arts yang sedang tren pada masa itu, dan sebagian besar karyanya dicemooh oleh tokoh-tokoh yang sezaman dengannya. Viollet-le-Duc adalah arsitek yang dipekerjakan untuk merancang struktur dalam Patung Liberty, tetapi ia wafat sebelum merampungkan proyek tersebut.

Kehidupan awal[sunting | sunting sumber]

Ayah Viollet-le-Duc adalah seorang pegawai negeri yang tinggal di Paris, sedangkan ibunya mengelola sebuah perkumpulan salon. Pamannya, Étienne-Jean Delécluze, adalah seorang pelukis yang membiayai pendidikannya. Viollet-le-Duc adalah seorang filosofis, republikan, antiklerikal, dan pemberontak. Ia turut serta bergabung dengan barikade dalam Revolusi Juli 1830 dan menolak bergabung dengan École des Beaux-Arts.

Viollet-le-Duc menyelesaikan pendidikannya di Italia pada tahun 1835 dan langsung diberi tugas untuk merestorasi sejumlah biara dan kastil pada masa Kekaisaran Prancis Kedua, termasuk mahkota duri di Notre Dame de Paris.

Karya restorasi[sunting | sunting sumber]

Gereja
Balai kota

Kematian[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1874, Viollet-le-Duc mengundurkan diri sebagai arsitek keuskupan Paris dan digantikan oleh Paul Abadie.[1] Pada masa tuanya, Viollet-le-Duc menetap di Lausanne, Swiss. Di Lausanne, ia membangun sebuah villa dan meninggal dunia di sana pada tahun 1879.

Catatan[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]