Eric Gill

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Eric Gill
Eric Gill - self portrait.jpg
Potret diri
LahirArthur Eric Rowton Gill
(1882-02-22)22 Februari 1882
Brighton, Sussex, England
Meninggal17 November 1940(1940-11-17) (umur 58)
Middlesex, England
Pendidikan
Dikenal atasPatung, tipografi
Gerakan politikGerakan seni dan kriya

Arthur Eric Rowton Gill ( /ɡɪl/ ;[1] 22 Februari 1882 - 17 November 1940) adalah seorang pematung, perancang huruf, dan juru cetak berkebangsaan Inggris, yang dikaitkan dengan gerakan Seni dan Kerajinan. Dia adalah sosok yang kontroversial, dengan kemasyhuran akan pandangan religiusnya yang dianggap bertentangan dengan perilaku seksualnya, termasuk seni erotis dan pelecehan seksual terhadap anak perempuan dan saudara perempuannya.

Gill dianugerahi Royal Designer for Industry , penghargaan tertinggi Inggris untuk para perancang, oleh Royal Society of Arts. Dia juga menjadi pendiri-anggota Fakultas Perancang Kerajaan untuk Industri yang baru didirikan.

Kehidupan awal dan pendidikan[sunting | sunting sumber]

Jiplakan peringatan perunggu yang dibuat oleh Eric dan Max Gill pada tahun 1905.

Gill lahir pada tahun 1882 di Hamilton Road, Brighton dan dibesarkan di pinggiran Brighton Preston Park. Ia adalah salah satu dari dua belas bersaudara. Ia adalah kakak laki-laki MacDonald "Max" Gill (1884–1947), seorang seniman grafis. Pada 1897 keluarga itu pindah ke Chichester. Ia mengenyam pendidikan di Chichester Technical and Art School, dan pada 1900 pindah ke London untuk berlatih sebagai arsitek dengan praktik WD Caroe, spesialis arsitektur gerejawi.

Akibat frustrasi dengan pelatihannya, ia mengikuti kelas malam pertukangan batu di Westminster Technical Institute dan kaligrafi di Central School of Arts and Crafts, tempat Edward Johnston, pencipta jenis huruf London Underground, yang memberikan pengaruh yang kuat kepadanya. Pada tahun 1903, ia berhenti dari pelatihan arsitekturnya untuk menjadi seorang ahli kaligrafi, pemotong huruf, dan tukang batu yang monumental.[2][3][4]

Karier[sunting | sunting sumber]

Ia bekerja di Ditchling, Sussex, tempat ia tinggal bersama istrinya. Pada tahun 1910, Gill mulai memahat patung batu secara langsung. Karyanya termasuk Madonna dan Anak (1910), yang digambarkan oleh pelukis dan kritikus seni Inggris Roger Fry pada tahun 1911 sebagai penggambaran "hewan yang menyedihkan", dan Ecstasy (1911). Patung semi-abstrak semacam itu menunjukkan penghargaan Gill terhadap patung-patung gerejawi abad pertengahan, patung Mesir, Yunani dan India, serta Pasca-Impresionisme Cezanne, van Gogh, dan Gauguin.[5]

Keberhasilan publik pertamanya adalah Ibu dan Anak (1912). Seorang "murid" yang digambarkan sendiri oleh filsuf dan sejarah seni Ceylon , Ananda Coomaraswamy, Gill terpesona pada periode ini oleh patung kuil India.[6] Bersama dengan temannya dan kolaborator Jacob Epstein, Gill merencanakan pembangunan di pedesaan Sussex sebuah monumen kolosal yang diukir dengan tangan sebagai tiruan dari struktur Jain berskala besar di Benteng Gwalior di Madhya Pradesh, tempat ia diperkenalkan oleh William Rothenstein.[7]

Pada 1914, Gill membuat patung untuk Katedral Westminster.[8] Pada tahun yang sama ia bertemu dengan tipografer Stanley Morison. Setelah perang, bersama dengan Hilary Pepler dan Desmond Chute, Gill mendirikan The Guild of St Joseph dan St Dominic di Ditchling. Di sanalah murid-muridnya seperti David Jones belajar, yang tak lama kemudian menjalin hubungan dengan putri Gill yang bernama Petra.

Gill merancang beberapa tugu peringatan perang setelah Perang Dunia Pertama, termasuk Trumpington War Memorial yang terdaftar sebagai Kelas II*. Ia juga ditugaskan[per kapan?] untuk menghasilkan tugu peringatan perang untuk Universitas Leeds, Gill menghasilkan dekorasi yang menggambarkan Yesus yang mengemudikan penukaran uang dari kuil, yang menunjukkan pedagang Leeds kontemporer sebagai penukar uang. Gill berpendapat bahwa "orang-orang uang" adalah penyebab utama perang. Ini tersebut berada Gedung Michael Sadler di Universitas.

Pada tahun 1924, Gill pindah ke Capel-y-ffin di Powys , Wales , tempat ia mendirikan sebuah bengkel baru, yang akan diikuti oleh Jones dan murid-murid lainnya. Pada tahun 1928, ia mendirikan sebuah percetakan dan bengkel surat di Speen, Buckinghamshire. Dia menerima sejumlah murid, termasuk David Kindersley, yang pada gilirannya menjadi pemahat dan pengukir yang sukses, dan keponakannya, John Skelton, yang tercatat sebagai seniman huruf dan pemahat yang penting. Murid lainnya termasuk Laurie Cribb, Donald Potter, dan Walter Ritchie.[9] Yang lainnya dalam rumah tersebut termasuk dua menantu Gill, suami Petra, Denis Tegetmeier, dan suami Joanna, Rene Hague.

Pada tahun 1928-1929, Gill mengukir tiga dari delapan patung relief dengan tema angin untuk markas besar Charles Holden untuk London Electric Railway (sekarang Transport for London) di 55 Broadway , St James's. Dia mengukir patung Perawan dan Anak untuk pintu barat kapel di Marlborough College.[10]

Pada tahun 1932, Gill menghasilkan sekelompok patung, Prospero dan Ariel,[11] dan lainnya untuk BBC's Broadcasting House di London. Pada tahun 1934, Gill mengunjungi Yerusalem di mana ia bekerja di Museum Arkeologi Palestina (sekarang Museum Rockefeller).[12] Dia mengukir relief batu tentang pertemuan Asia dan Afrika di atas pintu depan bersama dengan sepuluh relief batu yang menggambarkan budaya yang berbeda, serta air mancur gargoyle di halaman dalam. Dia juga mengukir papan nama batu di seluruh museum dalam bahasa Inggris, Ibrani, dan Arab.

Santo Petrus sang Rasul di Gorleston, Norfolk (1938–199), satu-satunya bangunan yang telah diselesaikan Gill.

Gill ditugaskan untuk menghasilkan serangkaian tujuh panel relief untuk bagian depan The People's Palace, yang sekarang menjadi Aula Besar Universitas Queen Mary di London, yang dibuka pada tahun 1936. Pada tahun 1937, ia mendesain latar belakang seri prangko definitif George VI pertama untuk kantor pos.[13][14] Pada tahun 1938, Gill memproduksi The Creation of Adam, tiga relief batu untuk Istana Bangsa-Bangsa, gedung Liga Bangsa-Bangsa di Jenewa, Swiss.[8] Selama periode ini ia diangkat menjadi Desainer Kerajaan untuk Industri, penghargaan Inggris tertinggi untuk desainer, oleh Royal Society of Arts dan menjadi pendiri-anggota Fakultas Desainer Kerajaan untuk Industri ketika didirikan pada tahun 1938. Pada April 1937, Gill terpilih sebagai anggota Asosiasi dari Royal Academy .[15]

Satu-satunya karya arsitektur Gill yang lengkap adalah St Peter the Apostle Roman Catholic Church di Gorleston , dibangun pada 1938–1939.

Hotel Midland, Morecambe[sunting | sunting sumber]

Salah satu dari dua kuda laut Eric Gill di atas pintu masuk ke Midland Hotel, Morecambe

Hotel Midland bergaya Art Deco dibangun pada tahun 1932–33 oleh London Midland & Scottish Railway dengan desain Oliver Hill dan mencakup karya Gill, Marion Dorn, dan Eric Ravilious.

Untuk proyek tersebut, Gill menghasilkan:

  • dua kuda laut, dimodelkan sebagai udang Morecambe, untuk pintu masuk luar
  • relief plester bundar di langit-langit tangga melingkar di dalam hotel
  • peta dinding dekoratif barat laut Inggris
  • relief batu besar Odiseus disambut dari laut oleh Nausicaa.

Tipografi dan prasasti[sunting | sunting sumber]

Salah satu proyek huruf independen pertama Gill adalah menciptakan alfabet untuk pelukis papan tanda WH Smith. Pada tahun 1925 ia merancang jenis huruf Perpetua untuk Morison, yang bekerja untuk Perusahaan Monotype. Desain huruf besarnya didasarkan pada prasasti Romawi yang monumental. Contoh in-situ dari desain Gill dan potongan pribadi dalam gaya Perpetua dapat ditemukan di bagian tengah gereja di Poling, Sussex Barat, pada sebuah plakat dinding yang memperingati kehidupan Sir Harry Johnston .

Dia merancang jenis huruf Gill Sans pada tahun 1927-1930, berdasarkan huruf sans-serif yang awalnya dirancang untuk London Underground. (Gill telah berkolaborasi dengan Edward Johnston dalam desain awal jenis huruf Underground, tetapi keluar dari proyek sebelum selesai) Pada periode 1930-1931, Gill merancang jenis huruf Joanna yang ia gunakan untuk mengatur sendiri bukunya, An Essay on Typography.

Karya desain huruf oleh Eric Gill meliputi:

  • Gill Sans, desain yang paling terkenal 1927–30; banyak varian yang mengikuti
  • Perpetua (desain dimulai kira-kira pada 1925, pertama kali ditampilkan sekitar 1929, diluncurkan komersial 1932)
  • Perpetua untuk Yunani (1929) [16]
  • Golden Cockerel Press Type (untuk Golden Cockerel Press; 1929)[17] Didesain lebih berani daripada beberapa tipografi Gill lainnya untuk memberikan pelengkap ukiran kayu.[18][19][20][21][22]
  • Solus (1929) [23][17]
  • Joanna (berdasarkan karya Granjon; 1930–31, tidak tersedia secara komersial hingga 1958)
  • Aries (1932) [17]
  • Ibukota Floriated (1932) [17]
  • Bunyan (1934)
  • Pilgrim (versi pemotongan ulang Bunyan; 1953)[17]
  • Jubilee (juga dikenal sebagai Cunard; 1934)[17]

Tanggal-tanggal ini agak bisa diperdebatkan, karena periode yang panjang bisa lewat antara Gill membuat desain dan sedang diselesaikan oleh tim kantor gambar Monotype (yang akan mengerjakan banyak detail seperti jarak) dan dipotong menjadi logam.[24][25] Selain itu, beberapa desain seperti Joanna dirilis untuk penggunaan pencetakan halus jauh sebelum tersedia secara luas dari Monotype.

Keluarga Gill Facia diciptakan oleh Colin Banks sebagai emulasi desain ukiran batu Gill, dengan gaya terpisah untuk teks yang lebih kecil dan lebih besar.[26]

Salah satu desain huruf Inggris yang paling terkenal, Gill Sans, digunakan dalam sistem desain klasik Penguin Books dan oleh London dan North Eastern Railway dan kemudian British Railways, dengan banyak gaya tambahan yang dibuat oleh Monotype baik selama dan setelah masa hidup Gill.[24] Pada 1990-an, BBC mengadopsi Gill Sans untuk wordmark-nya dan banyak grafik televisi di layarnya.

Arab[sunting | sunting sumber]

Gill ditugaskan untuk mengembangkan jenis huruf dengan jumlah alograf terbatas pada apa yang dapat digunakan pada mesin Monotype atau Linotype. Jenis huruf secara longgar didasarkan pada gaya Arab Naskh tetapi dianggap jauh dari norma-norma aksara Arab. Itu ditolak dan tidak pernah dipotong menjadi fon.[27][28][29]

Tulisan[sunting | sunting sumber]

Potongan kayu Eric Gill menunjukkan Hammersmith , menggambarkan buku The Devil's devices, atau, Control versus Service oleh Hilary Pepler , 1915

Gill menerbitkan banyak esai tentang hubungan antara seni dan agama, dan sejumlah ukiran erotis.[30]

Beberapa tulisan Gill yang diterbitkan meliputi:

  • A Holy Tradition of Working: An Anthology of Writings[31]
  • Clothes: An Essay Upon the Nature and Significance of the Natural and Artificial Integuments Worn by Men and Women[32]
  • An Essay on Typography[33]
  • Christianity and Art, 1927
  • Art, 1934
  • Work and Property, 1937[34]
  • Work and Culture, 1938
  • Twenty-five nudes, 1938[35]
  • Autobiography: Quod Ore Sumpsimus[36]
  • Notes on Postage Stamps[37]
  • Christianity and the Machine Age, 1940.[38]

Gill juga menyediakan potongan-potongan kayu dan ilustrasi untuk berbagai buku lainnya.

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Olausson, Lena; Sangster, Catherine (2006). Oxford BBC Guide to Pronunciation. Oxford, England: Oxford University Press. hlm. 150. ISBN 978-0-19-280710-6. 
  2. ^ "Eric Gill archival and book collection". University of Waterloo Library. Special Collections & Archives. Diakses tanggal 18 May 2016. 
  3. ^ Perancang Huruf   - Eric Gill [1] Diakses 1 Januari 2009.
  4. ^ "Eric Gill Artwork Collection". Online Archive of California. William Andrews Clark Memorial Library. Diakses tanggal 18 May 2016. 
  5. ^ "Eric Gill – Tate". Tate. Diakses tanggal 13 February 2015. 
  6. ^ Video Ceramah di Universitas London yang merinci minat Gill pada Patung India , London University School of Advanced Study , Maret 2012.
  7. ^ Rupert Richard Arrowsmith (2010). Modernism and the Museum: Asian, African, and Pacific Art and the London Avant-Garde. Oxford University Press. hlm. 74–103. ISBN 978-0-19-959369-9. 
  8. ^ a b Finlo Roher (5 September 2007). "Can the art of a paedophile be celebrated ?". BBC News. Diakses tanggal 10 August 2008. 
  9. ^ C.f. Donald Potter, My Time with Eric Gill: A Memoir, Gamecock Press, 1980, ISBN 0-9506205-1-3.
  10. ^ "Art & Architecture". marlboroughcollege.org. 20 July 2011. Diakses tanggal 13 February 2015. 
  11. ^ Ilustrasi .
  12. ^ "Eric Gill, 1882–1940". East Meets West: The Story of the Rockefeller Museum. Israel Museum. Diakses tanggal 31 January 2016. 
  13. ^ Peter Worsfold, Great Britain King George VI Low Value Definitive Stamps, The Great Britain Philatelic Society, 2001, ISBN 0-907630-17-0. The effigy of George VI was drawn by Edmund Dulac, who had a debate with Gill in newspapers about stamp designing after the Edward VIII postage stamps late-1936, quoted in Colin White, Edmund Dulac, Studio Vista, 1977, p. 172.
  14. ^ "Eric Gill Postage Stamps by Type Designer". The Offices of Kat Ran Press. Diakses tanggal 31 January 2018. 
  15. ^ "Royal Academy of Arts collections, Eric Gill, A.R.A". Royal Academy of Arts. Diakses tanggal 31 January 2018. 
  16. ^ Robert Harling (1978). The Letter Forms and Type Designs of Eric Gill. Boston, MA: Eva Svensson and David R. Godine. ISBN 0-87923-200-5. 
  17. ^ a b c d e f "Eric Gill (1882-1940), Fonts designed by Eric Gill". Identifont. Diakses tanggal 31 January 2018. 
  18. ^ Mosley, James. "Eric Gill and the Cockerel Press". Upper & Lower Case. International Typeface Corporation. Archived from the original on 29 July 2012. Diakses tanggal 7 October 2016. 
  19. ^ Brignall, Colin. "The Digital Development of ITC Golden Cockerel". International Typeface Corporation. Archived from the original on 14 June 2012. Diakses tanggal 8 February 2017. 
  20. ^ Carter, Sebastian. "The Golden Cockerel Press, Private Presses and Private Types". International Typeface Corporation. Archived from the original on 21 May 2012. Diakses tanggal 8 February 2017. 
  21. ^ Dreyfus, John. "Robert Gibbings and the quest for types suitable for illustrated books". International Typeface Corporation. Archived from the original on 21 May 2012. Diakses tanggal 8 February 2017. 
  22. ^ Yoseloff, Thomas. "A Publisher's Story". International Typeface Corporation. Archived from the original on 20 May 2012. Diakses tanggal 8 February 2017. 
  23. ^ Bates, Keith. "The Non Solus Story". K-Type. Diakses tanggal 21 July 2015. 
  24. ^ a b Rhatigan, Dan. "Gill Sans after Gill" (PDF). Monotype. Diakses tanggal 11 September 2015. 
  25. ^ Rhatigan, Dan. "Time and Times again". Monotype. Diakses tanggal 28 July 2015. 
  26. ^ Banks, Colin. "Gill Facia MT". Fontshop. Monotype. Diakses tanggal 30 August 2015. 
  27. ^ Blair, S.S. Islamic Calligraphy. hlm. 606, Fig. 13.7. 
  28. ^ Graalfs, Gregory (1998). "Gill Sands". Print. 
  29. ^ "Eric Gill" (PDF). Monotype Recorder. 41 (3). 1958. Diakses tanggal 16 September 2015. 
  30. ^ Christopher Skelton (ed.), Eric Gill, The Engravings, Herbert Press, 1990, ISBN 1-871569-15-X.
  31. ^ Gill, Eric. (1983). A Holy Tradition of Working: An Anthology of Writings Golgonooza Press. ISBN 0-903880-30-X.
  32. ^ Cape, Jonathan. (1931). Jonathan Cape. Gill contributed: Clothes: An Essay Upon the Nature and Significance of the Natural and Artificial Integuments Worn by Men and Women
  33. ^ Gill, Eric. (1931). An Essay on Typography ISBN 0-87923-762-7, ISBN 0-87923-950-6 (reprints).
  34. ^ Gill, Eric. (1937). Trousers & The Most Precious Ornament. London: Faber and Faber. oclc 5034115
  35. ^ Gill, Eric (1951). "Twenty-Five Nudes". J M Dent & Sons. Diakses tanggal 2018-08-06. 
  36. ^ Jonathan Cape, 1940 (published posthumously) Autobiography: Quod Ore Sumpsimus. ISBN 1-870495-13-6
  37. ^ Gill, Eric. (2011). Notes on Postage Stamps Kat Ran Press, 2011. ISBN 0-9794342-1-1.
  38. ^ In the series Christian Newsletter Books, The Sheldon Press.