Embung Alobewa

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Embung Alobewa adalah embung atau cekungan penampung yang terletak di desa Wologai Timur, Kecamatan Lepembusu Kelisoke, Kabupaten Ende.

Dibangun tahun 2011 dengan APBN dan APBD I NTT. Sama seperti embung - embung yang lain, Embung Alobewa juga dibangun dengan tujuan untuk menampung air untuk berbagai keperluan masyarkat desanya juga untuk menjaga keseimbangan alam.

Kepala Desa Wologai Timur Adrianus H. Mbusu atau yang akrab disapa Adrian menjelaskan yang paling utama tujuan dibangunnya Embung Alobewa yaitu untuk "Investasi Air" sehingga dapat memenuhi kebutuhan terhadap air untuk pertanian, hortikulutal, perkebunan, peternakan dan juga sebagai tempat rekreasi rakyat. Embung yang dibangun diatas puncak berbatasan langsung dengan hutan rakyat ini langsung menampung mata air "Alobewa" dan air permukaan sekitarnya.

Penggunaan Embung[sunting | sunting sumber]

Di waktu musim hujan, debet air sangat besar. Embung Alobewa dapat digunakan mengairi sawah tadah hujan yang ada di wilayah desa Wologai Timur. Beberapa anak sungai mengaliri air dari Embung Alobewa.

Di musim kemarau, embung Alobewa dapat memenuhi kebutuhan masyarakat untuk mengairi area sawah (rano) yang berganti dari padi sawah ke jenis sayuran dan hortikultura lainnya. Embung Alobewa juga telah ditabur dengan beberapa benih ikan. Ada ikan Mas, ikan Mujair dan beberapa jenis ikan. Kedepannya diminta pengelola BUMDES Wologai Timur lebih mengoptimalkan lagi maanfaat lain dari Embung Alobewa. Bisa digunakan sebagai kolam pemancing, bisa digunakan sebagai tempat wisata view alam. Karena dari letaknya ditinggian, kita bisa melihat pemandangan yang sangat menakjubkan. Pemandangan matahari terbenampun sangat menakjubkan. Lanjut Kades Adrian (sapaan akrab masyarakat setempat) disekitar embung Alobewa juga telah dibangun beberapa embung mini dari Dana Desa.

Referensi[sunting | sunting sumber]