Elisabeth dari Bohemia (1409–1442)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Elisabeth dari Luksemburg
Patung Elisabeth di Hofkirche, Innsbruck
Patung Elisabeth di Hofkirche, Innsbruck
Permaisuri Romawi, Bohemia, Hongaria
Memerintah sebagai pasangan 1438 - 1439
Permaisuri Austria
Tenure 1422 - 1439
Lahir 7 Oktober 1409
Mangkat 19 Desember 1442
Pasangan Albrecht II dari Jerman
Anak
Ladislaus V, Raja Bohemia
Anna dari Austria
Elżbieta
Wangsa Wangsa Luksemburg
Ayah Sigismund, Kaisar Romawi Suci
Ibu Barbara dari Cilli

Elisabeth dari Luksemburg (Visegrád, Hongaria, 7 Oktober 1409 – Győr,[1] Hongaria, 19 Desember 1442) merupakan seorang Permaisuri Hongaria, Bohemia dan istri Adipati Austria. Elisabeth dinobatkan bersama dengan suaminya, Albrecht II. Hak-haknya diabaikan oleh bangsawan Hongaria ketika Sigismund meninggal pada tahun 1437 hanya ketika suaminya diterima sebagai raja, dengan Elisabeth hanya sebagai permaisuri.

Ia merupakan putri tunggal Sigismund, Kaisar Romawi Suci, Raja Hongaria dan Bohemia, dan istri keduanya Barbara dari Cilli. Ayahandanya adalah keturunan laki-laki terakhir dari Wangsa Luksemburg.

Pernikahan[sunting | sunting sumber]

Pada tanggal 28 September 1421, Pozsony, Hongaria (sekarang Bratislava, Slowakia, Pressburg di Jerman) Elisabeth menikah dengan Albrecht V, Adipati Austria, kemudian menjadi istri Adipati Austria. Setelah ayahandanya meninggal, Albrecht terpilih sebagai Raja Hongaria, Raja Bohemia dan Raja Jerman. Ia kemudian menjadi Permaisuri Hongaria, Bohemia dan Jerman. Elisabeth dimahkotai pada tanggal 1 Januari 1438 oleh Uskup Wesprim.

Pemangku takhta[sunting | sunting sumber]

Setelah kematian suaminya, ia dianggap sebagai ahli waris yang berhak atas takhta Hongaria, dan ia mengendalikan Hongaria sebagai pemangku takhta. Ia sedang hamil pada saat itu dan diduga bahwa sang jabang bayi adalah seorang putra. Ia mempersiapkan pemilihan pemimpin Hongaria yang berikutnya dan membentuk sebuah partai politik dari pengikut-pengikutnya. Di antara para pengikutnya adalah ibu-ibu dari keluarga Cilli, Ulrich Cylejskiego, pemilik wilayah feodal terhebat di Hongaria, Szécsich, Garaiów dan kota-kota, dan menunjuk pengikut-pengikut ke posisi uskup agung dan gubernur kastil kerajaan. Pada tahun 1440, Elisabeth merupakan penguasa de facto yang memerintah di Hongaria, dan perintah-perintahnya dihormati dan dilaksanakan, meskipun ia masih belum dipilih oleh dewan atau dipastikan. Pada tanggal 1 Januari 1441, dewan Hongaria berkumpul untuk memilih seorang penguasa. Keputusan itu dilakukan karena ancaman-ancaman dari Kerajaan Ottoman, Elisabeth tidak dapat dipilih sebagai penguasa, namun seorang maharaja perang dan seorang pemimpin militer yang dibutuhkan. Juga terdapat beberapa usulan bahwa Elisabeth harus menikah dengan seorang pria yang terpilih sebagai pemimpin. Akhirnya, Władysław III dari Polandia terpilih sebagai Raja Hongaria.

Perang saudara[sunting | sunting sumber]

Elisabeth resmi menerima keputusan tersebut, namun tak lama setelah itu ia meninggalkan Budapest dengan para pengikutnya dalam kepemilikan permata mahkota. Pada tanggal 15 Mei, ia memahkotai putranya sebagai Raja Hongaria di Győr. Pada tanggal 22 Mei Władysław dari Polandia dimahkotai sebagai Raja Hongaria di Budapest. Hongaria Utara mendukung Elisabeth, dan ia menyerang Budapest dengan pasukan yang dipimpin oleh Jana Jiskrę z Brandysu, namun ia dikalahkan. Elisabeth meninggalkan anak-anaknya di tangan Kaisar Friedrich III dan membiayai perang saudara di Austria. Pada tahun 1442, sebuah negosiasi yang diumumkan oleh Giuliano Cesarini di Győr. Elisabeth dan Władysław bertemu dan saling bertukar hadiah. Władysław memberi Elisabeth bulu binatang. Tak lama kemudian, Elisabeth meninggal yang diduga karena diracuni.

Putra tunggalnya Ladislaus V, Raja Bohemia (lahir 1440) meninggal tanpa keturunan, meninggalkan sisa kerajaan keluarga digantikan oleh pemimpin yang terpilih.

Putri-putrinya Anna dari Austria (1432–1462), dan Elżbieta (1437–1505), melanjutkan keluarga yang setelah itu mendapatkan kembali beberapa dari kerajaan tersebut.

Keluarga dan tuntutan atas takhta[sunting | sunting sumber]

Elisabeth bukan putri istri pertama Sigismund, Kaisar Romawi Suci Maria, Ratu Hongaria, oleh karena itu ia bukan keturunan Angevin raja-raja Hongaria (namun dalam banyak hal, ia adalah keturunan dari raja-raja Árpád kuno Hongaria).

Eyang paternalnya adalah Karl IV, Kaisar Romawi Suci, dan Elżbieta dari Pommern. Eyang maternalnya adalah Pangeran Herman II dari Celje, yang orangtuanya adalah pemimpin Slovenia, Comte Herman I dari Celje dan Katarina dari Bosnia (yang diduga juga keturunan dari Nemanjic raja-raja Serbia dan dari Katarina dari Hongaria, putri István V dari Hongaria). Dengan hak eyang paternalnya, ia adalah, melalui Kaisar Karl, seorang ali waris Bohemia, dan melalui Elżbieta dari Pommern, seorang ahli waris Polandia, dari cabang raja-raja Kujavia, Wangsa Piast. Dengan demikian, ia adalah pemimpin yang berhak atas beberapa kerajaan Slavik.

Ia juga merupakan seorang keturunan raja-raja Árpád Hongaria, melalui nenek moyangnya Eliška dari Bohemia, dirinya sendiri adalah putri Kunguta Rostislavna dari Halicia, ibundanya Anna adalah putri Raja Béla IV dari Hongaria. Harus diakui bahwa hubungan ini bukan hubungan yang sangat dekat, namun seluruh keturunan Árpád lainnya yang masih ada jauh hubungannya pada saat itu. Sebagai tambahan, ia merupakan keturunan dari istri kedua Ottokar I dari Bohemia Constance dari Hongaria, putri Béla III dari Hongaria.

Silsilah[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Arrabona in Latin and Raab in German.
  • Baranyai Béla: Zsigmond király un. Sárkány-rendje, Századok, 59-60, 561-591, 681-719, 1925/1926 = Zsigmond király úgynevezett Sárkányrendje, különnyomat, Budapest, 1926.
  • Engel Pál - C. Tóth Norbert: Itineraria Regum et Reginarum Hungariae (1382–1438), Budapest, Institute of History of the Hungarian Academy of Sciences, 2005.
  • Mollay Károly (ford.): A korona elrablása, Kottanner Jánosné emlékirata 1439-1440, Magyar Helikon, Budapest, 1978.
  • Szilágyi Sándor szerk.: A magyar nemzet története III. kötet, Athenaeum Irodalmi és Nyomdai Részvénytársulat, Budapest, 1895. URL: lásd Külső hivatkozások

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Bibliografi[sunting | sunting sumber]

Gelar penyandang kekuasaan
Didahului oleh:
Barbara dari Cilli
Permaisuri Jerman
1438–1439
Lowong
Selanjutnya dijabat oleh
Eleanor dari Portugal
Permaisuri Bohemia
1438–1439
Lowong
Selanjutnya dijabat oleh
Joanna dari Rožmitál
Permaisuri Hongaria
1437–1439
Lowong
Selanjutnya dijabat oleh
Katalin dari Poděbrady