Bogusław V dari Pomerania

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Bogusław V dari Pommern)
Bogusław V
Adipati Pommern
Bogusław dan Elżbieta Piast, istri pertamanya
PasanganElżbieta Piast
Adelheid dari Brunswick-Grubenhagen
Keluarga bangsawanWangsa Gryfici
BapakWarcisław IV dari Pommern
IbuElżbieta dari Lindow-Ruppin
Lahirskt. 1318
Slupsk, Koszalin, Polandia
Meninggal23 April 1374
Kloster Belbuck, Pommern, Prusia

Bogusław V (bahasa Polandia: Bogusław, bahasa Latin: Bogislaus) (skt. 1318 – 23 April 1374) merupakan seorang Adipati Pommern.[1]

Bogusław adalah putra sulung Adipati Warcisław IV dan Elżbieta dari Lindow-Ruppin, Bogislaw memiliki dua saudara, Barnim dan Warcisław. Bersaudara itu menjadi rekan-pemimpin sejak kematian ayahanda mereka pada tahun 1326. Mereka bersekutu dengan Raja Kazimierz III dari Polandia, yang putrinya, Elżbieta menikah dengan Bogusław, menentang Ordo Teutonik. Elżbieta meninggal pada tahun 1361; pada tahun 1362 Bogusław menikahi Adelheid, putri Ernst I, Adipati Brunswick-Grubenhagen.

Kematian Barnim pada tahun 1366 menyebabkan pertengkaran di antara Bogusław dan Warcisław, yang diselesaikan oleh sebuah perjanjian pada tahun 1368 yang memisahkan Pommern di antara Bogusław V, Warcisław V, dan putra-putra Barnim, Bogusław VI dan Warcisław VI. Bogusław menerima sebagian dari Jauh Pomeranian sebagian besar bagian Pommern-Wolgast, dari sana Pommern-Stolp (dinamai menurut nama kota Stolp, sekarang Słupsk). Warcisław menerima wilayah Neustettin (sekarang Szczecinek), dan anak-anak Barnim menerima Utara-Barat Pommern dengan Rügen dan Usedom.

Putri Bogusław, Elżbieta menikah dengan Kaisar Romawi Suci Karl IV, Raja Bohemia pada tahun 1363 dan ia beraliansi dengan menantunya pada tahun 1370.

Pernikahan dan keturunan[sunting | sunting sumber]

Pada tanggal 28 Februari 1343, Bogusław menikah dengan istri pertamanya Elżbieta dari Polandia, putri Kazimierz III dari Polandia dan istri pertamanya Aldona. Mereka memiliki dua orang anak:

Elżbieta meninggal pada tahun 1361. Pada tahun 1362, Bogusław V menikahi istri keduanya, Adelheid dari Brunswick-Grubenhagen yang merupakan putri Ernst I, Adipati Brunswick-Grubenhagen dan Adelheid dari Everstein. Mereka memiliki empat orang anak:

Silsilah[sunting | sunting sumber]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "RootsWeb's WorldConnect Project: June Ferguson's Royal Genealogy Page". Wc.rootsweb.ancestry.com. Diakses tanggal 2015-09-02. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Bogusław V dari Pomerania
Lahir: skt. 1318 Meninggal: 23 April 1374
Didahului oleh:
Warcisław IV
Adipati Pommern-Wolgast
1326-1368
Pommern-Wolgast
dibagi
Divisi baru Adipati Pommern-Stolp
1368-1374
Diteruskan oleh:
Kazimierz IV