Ordo Teutonik

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari

Ksatria Teutonik merupakan ordo religius Katolik yang berasal dari Jerman. Ordo ini dibentuk untuk membantu peziarah Kristen di Tanah Suci mendarat dan mendirikan rumah sakit untuk mengurus penderita sakit dan terluka. kemudian dalam perjalanannya berubah menjadi ordo militer. Nama lengkap ordo tersebut dalam latin adalah "Ordo domus Sanctæ Mariæ Theutonicorum Hierosolymitanorum", atau "Ordo Jerman Rumah Sakit Maria di Yerusalem" atau bahasa Jermannya "Orden der Brüder vom Deutschen Haus der Heiligen Maria in Jerusalem".

Dibentuk pada penghujung abad 12 di Acre. Pada abad pertengahan, ordo ini memegang peranan penting di Outremer. Mereka mengontrol bea di pelabuhan Acre. Setelah kekalahan Kristen di Timur Tengah pada tahun 1187, beberapa pedagang dari Lubeck dan Bremen berinisiatif untuk mendirikan rumah sakit yang akan menjadi cikal bakal Ksatria Teutonik. Mereka lalu bertransformasi menjadi ordo militer pada tahun 1198 dan menerima perintah dari Paus untuk mengambil alih Yerusalem dari tangan gereja timur dan mempertahankannya dari kaum Muslim. Setelah terusir dari Yerusalem, ordo ini banyak berperan dalam perang melawan kaum non Kristiani (selain Muslim) di Eropa. Mereka berpindah-pindah tempat di Austria, Rusia, melawan Lituania, Polandia dan lain-lain.

Ordo ini masih eksis hingga sekarang di Austria, selamat dari jangkauan Napoleon (tidak seperti ordo saudaranya, Ordo Bait Allah). Bidang yang digarap bukan lagi militer seperti zaman dulu tetapi bidang sosial dan kesehatan.