Warcisław IV dari Pomerania

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Warcisław IV, Adipati Pommern
PasanganElżbieta dari Lindow-Ruppin
Keluarga bangsawanWangsa Gryfici
BapakBogusław IV dari Pommern
IbuMałgorzata dari Rugia
Lahirseb. 1290
Meninggal1 Agustus 1326
Stralsund

Warcisław IV atau Vartislav IV (sebelum 1290 – 1 Agustus 1326) merupakan seorang Adipati Pommern-Wolgast dari tahun 1309 sampai kematiannya. Ia adalah putra tunggal Adipati Bogusław IV dari Pommern dan istrinya Małgorzata, putri Wizlaw II, Pangeran Rugia. Warcisław IV memiliki empat orang saudara: Jutta, Elżbieta, Małgorzata dan Eufemia.

Warcisław IV menikahi Elżbieta, putri Comte Ulrich I dari Lindow-Ruppin, mereka memiliki tiga orang anak: Bogusław V, Barnim IV dan Warcisław V.

Pada tahun 1309 Warcisław IV menggantikan ayahandanya sebagai adipati Pommern-Wolgast dan pada tahun 1317 menerima Tanah-tanah Schlawe dan Stolp sebagai vasal dari Markgraf Waldemar dari Brandenburg-Stendal. Pada kematian Waldemar pada tahun 1319, sepupu kecil dan ahli waris Heinrich II berada di bawah bimbingan Warcisław, rencananya untuk mencapai kekuasaan atas Brandenburg dihancurkan oleh Raja Ludwig IV dari Jerman, yang akhirnya memberikan margraviate kepada putranya Ludwig IV dari Wittelsbach pada tahun 1323.

Pada tahun 1321 Warcisław menandatangani sebuah perjanjian warisan dengan pamanda dari pihak ibundanya, Pangeran Wizlaw III dari Rugia, dan pada saat kematiannya pada tahun 1325 diadakan penyatuan dengan Kerajaan Rugia, yang merupakan warisan Denmark. Namun Raja Christoffer II dari Denmark, meskipun memiliki pernyataan sebelumnya memberantas para pangeran Mecklenburg dan Werle, sehingga memicu perang suksesi, di mana putra-putra Warcisław yang masih bocah, yang didukung oleh lawan Raja Christoffer, Comte Gerhard III dari Holstein dan Adipati Barnim III dari Pommern-Stettin harus berjuang untuk warisan mereka, sampai Mecklenburg meninggalkan Rugia pada tahun 1328.

Warcisław IV dari Pomerania
Meninggal: 1 Agustus 1326
Didahului oleh:
Bogusław IV
Adipati Pommern-Wolgast
1309–1326
Diteruskan oleh:
Bogusław V