Eldar & Nigar

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Ell & Nikki
Ell & Nikki - Azerbaijan (Eurovision Song Contest 2011) cropped.jpg
Latar belakang
AsalBaku, Azerbaijan
GenrePop
Tahun aktif2011 – present
Situs webOfficial website
AnggotaEldar Gasimov
Nigar Jamal

Eldar & Nigar adalah grup musik duet yang terdiri dari Eldar Gasımov dan Nigar Jamal. Mereka memenangkan Kontes Lagu Eurovision 2011 setelah menampilkan lagunya yang berjudul "Running Scared"

Konstelasi Final Nasional[sunting | sunting sumber]

Gasimov dan Jamal mengikuti seleksi nasional Azerbaijan, Mili Seçim Turu 2010. Mereka lolos dari babak semifinal, bersama tiga peserta lain pada tanggal 11 Februari 2011, di mana mereka mendapatkan hak untuk mewakili Azerbaijan di Kontes Lagu Eurovision 2011 di Düsseldorf, Jerman, bulan Mei 2011.[1][2][3] Sejak awal, hanya satu dari para finalis yang berhak mewakili Azerbaijan. Tetapi, dewan juri memutuskan bahwa Eldar dan Nigar akan mewakili Azerbaijan di Jerman.

Kemenangan[sunting | sunting sumber]

Mereka tampil bersama di bawah nama Eldar & Nigar dengan lagunya yang berjudul "Running Scared" dan ditulis oleh Stefan Örn, Sandra Bjurman dan Iain Farguhanson dari Swedia. Mereka ditetapkan sebagai pemenang Kontes Lagu Eurovision pada tanggal 14 Mei 2011 dan negara asalnya, Azerbaijan, memperoleh hak untuk menjadi tuan rumah Kontes Lagu Eurovision 2012. Mereka merupakan duo berjenis kelamin berbeda yang menjadi juara untuk pertama kalinya sejak tahun 1983.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Hondal, Victor. "News - Azerbaijan sends Eldar Gasimov and Nigar Jamal to Eurovision". ESCToday. Diakses tanggal 11 February 2011. 
  2. ^ Siim, Jarmo. "Nigar & Eldar get gold in Azerbaijan". European Broadcasting Union. Diakses tanggal 11 February 2011. 
  3. ^ "İctimai Televiziya və Radio Yayımları Şirkəti - "Eurovision-2011" Milli Finalının qalibi bəlli oldu" (dalam bahasa Azerbaijan). İTV. Diakses tanggal 11 February 2011. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Penghargaan dan prestasi
Didahului oleh:
Bendera Jerman Lena
dengan "Satellite"
Pemenang Kontes Lagu Eurovision
2011
Diteruskan oleh:
Bendera Swedia Loreen
dengan "Euphoria"
Didahului oleh:
Safura Alizadeh
dengan "Drip Drop"
Azerbaijan dalam Kontes Lagu Eurovision
2011
Diteruskan oleh:
Sabina Babayeva
dengan "When the Music Dies"