Lompat ke isi

Eadweard Muybridge

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Eadweard Muybridge
Muybridge pada tahun 1899
LahirEdward James Muggeridge
(1830-04-09)9 April 1830
Kingston upon Thames, Surrey, Inggris
Meninggal8 Mei 1904(1904-05-08) (umur 74)
Kingston upon Thames, Surrey, Inggris
MakamWoking, Surrey, Inggris
Dikenal atasFotografi
Karya terkenalThe Horse in Motion
Patron(s)Leland Stanford
IMDB: nm1155956 Musicbrainz: 552c6099-7b8c-4a70-850a-3e558e4d048f Discogs: 2273277 Find a Grave: 33685408 Project Gutenberg: 39025 Edit nilai pada Wikidata
Kuda berderap, dianimasikan menggunakan foto-foto karya Muybridge (1887)

Eadweard Muybridge (/ˌɛdwərd ˈmbrɪ/; 9 April 1830 – 8 Mei 1904, nama lahir Edward James Muggeridge) seorang fotografer Inggris yang dikenal sebagai perintis dalam studi fotografi gerakan, dan proyeksi gambar bergerak. Nama "Eadweard" yang ia gunakan berasal dari bahasa Anglo-Saxon sebagai bentuk asli dari "Edward", sedangkan "Muybridge" dipilihnya karena meyakini bahwa nama tersebut memiliki kesan kuno.[1]

Lahir di Kingston upon Thames, Inggris, pada usia 20 tahun, Muybridge beremigrasi ke Amerika Serikat sebagai penjual buku. Setelah menetap di New York City, akhirnya ia menetap di San Francisco. Namun, pada tahun 1860, ketika ia merencanakan perjalanan pulang ke Eropa, ia mengalami cedera kepala yang serius akibat kecelakaan kereta kuda di Texas.[2][3] Ia kemudian memulihkan diri di Kingston upon Thames selama beberapa tahun, di mana ia mempelajari fotografi profesional dan proses kolodion pelat basah, dan bahkan memperoleh setidaknya dua paten Inggris atas penemuan-penemuannya.[2] Setelah kembali ke San Francisco pada tahun 1867, Muybridge mengalami perubahan kepribadian yang signifikan. Pada tahun 1868, ia memamerkan sejumlah foto besar Lembah Yosemite, dan kemudian mulai menjual karyanya yang terkenal, seperti stereograf.

Pada tahun 1874, Muybridge menembak dan membunuh Mayor Harry Larkyns, kekasih sang istri, dan terlibat dalam persidangan juri yang menimbulkan kontroversi, akhirnya ia dibebaskan dengan tuduhan pembunuhan yang dapat dibenarkan.[4] Pada tahun 1875, dia memulai perjalanan ekspedisi fotografi yang berlangsung selama lebih dari satu tahun ke Amerika Tengah.

Saat ini, Muybridge dikenal sebagai perintis dalam bidang kronofotografi lokomosi hewan antara tahun 1878 dan 1886, yang menggunakan beberapa kamera untuk menangkap posisi yang berbeda dalam satu langkah, serta berkat zoopraxiscope, sebuah alat untuk memproyeksikan gambar bergerak yang terbuat dari cakram kaca yang berputar dan digunakan sebelum strip film berlubang yang fleksibel diadopsi dalam sinematografi.[5] Antara tahun 1883 dan 1886, ia menghabiskan waktu yang sangat produktif di Universitas Pennsylvania di Philadelphia, menghasilkan lebih dari 100.000 gambar yang menampilkan manusia dan hewan dalam gerakan, kadang-kadang menangkap momen yang tidak dapat dibedakan oleh mata manusia sebagai momen yang terpisah dalam waktu.

Pada masa tuanya, Muybridge mengisi banyak kuliah umum dan mengadakan demonstrasi tentang fotografi dan gambar bergerak. Ia kerap bepergian ke Inggris dan Eropa untuk mempublikasikan karyanya di kota-kota besar seperti London dan Paris.[6] Ia juga mengumpulkan dan menerbitkan koleksi karyanya, beberapa di antaranya masih dicetak hingga saat ini, yang sangat memengaruhi para seniman visual, serta ilmu fotografi dan industri yang sedang berkembang. Pada tahun 1894, ia pensiun ke negaranya, Inggris, dan menetap di sana secara permanen. Pada tahun kematiannya, pada 1904, Museum Kingston dibuka di kampung halamannya dan hingga kini terus memajang koleksi karyanya yang sangat berharga dalam galeri khusus.

Edward James Muggeridge lahir dan dibesarkan di Inggris. Mula-mula Edward menggunakan nama keluarga "Muggridge", namun dari 1855 hingga 1865 Edward mengubahnya menjadi "Muygridge".[7]

Setelah itu, Edward menggunakan nama keluarga "Muybridge" sebagai nama belakangnya.

Edward juga menggunakan nama samaran Helios (Titan matahari) untuk fotografi pertamanya. Nama ini juga digunakan sebagai nama studionya dan sebagai nama tengah untuk putranya, Florado Helios Muybridge, yang lahir pada 1874.[8]

Pada 1875, Edward melakukan perjalanan dalam sebuah ekspedisi fotografi di negara-negara berbahasa Spanyol di Amerika Tengah. Saat itu, Edward mengiklankan karya-karyanya di Guatemala dengan nama "Eduardo Santiago Muybridge".[9]

Setelah kembali ke Inggris pada 1882, Edward mengubah ejaan nama depannya menjadi "Eadweard", yang merupakan penyebutan bahasa Inggris kuno dari namanya. Ejaan tersebut mungkin berasal dari ejaan nama Kristen Raja Edward seperti yang tertera di lapik batu penobatan Kingston, yang telah didirikan kembali pada 1850 di kampung halaman Edward, 100 meter dari rumah keluarga pada masa kecilnya. Akhirnya, Edward menggunakan ejaan "Eadweard Muybridge" selama sisa hidupnya.[7][10]

Meskipun begitu, nama belakang Edward seringkali disalah eja oleh orang lain, dengan ejaan seperti "Maybridge", "Moybridge", atau "Mybridge".[11] Bahkan pada batu nisannya, namanya ditulis "Eadweard Maybridge".[12]

1830–1850: Masa muda dan keluarga

[sunting | sunting sumber]
Rumah masa kecil Edward di Kingston upon Thames

Edward lahir pada 9 April 1830 di Kingston upon Thames,[13] sebuah kota kecil di wilayah Surrey, Inggris (sekarang di London Raya). Ayahnya, John Muggeridge, adalah seorang pedagang biji-bijian dan batu bara, sementara ibunya, Susanna Muggeridge, melanjutkan bisnis keluarga tersebut[14] setelah suaminya wafat pada 1843. Edward memiliki tiga saudara laki-laki, dan keluarga mereka tinggal di kamar-kamar di lantai atas rumah mereka yang berdekatan dengan Sungai Thames di No. 30 High Street.

Sepupu-sepupu Edward yang lebih muda, Norman Selfe (1839–1911) dan Maybanke Anderson (née Selfe; 1845–1927), juga menghabiskan sebagian masa kecil mereka di Kingston upon Thames sebelum berpindah ke Australia. Norman menjadi seorang insinyur terkenal, sementara Maybanke dikenal sebagai seorang suffragette yang berjuang untuk hak suara perempuan.[15]

Kakek buyut dari pihak ayah Edward adalah Robert Muggeridge dan Hannah Charman, yang memiliki sebuah peternakan. Putra tertua mereka, John Muggeridge (1756–1819), adalah kakek Edward, seorang juru tulis yang mengajari Edward tentang bisnis.[butuh rujukan] Beberapa paman dan sepupu Edward, termasuk Henry Muggeridge (Kepala polisi daerah London), adalah pedagang jagung di Kota London. Adik laki-laki Edward, George, lahir pada 1833. Setelah ayah mereka wafat pada 1843, George tinggal bersama paman mereka, Samuel pada 1851.[butuh rujukan]

Akhir hayat

[sunting | sunting sumber]

Eadweard Muybridge kembali ke tanah kelahirannya di Inggris untuk selamanya pada tahun 1894, menerbitkan dua lanjut, buku-buku populer karyanya, dan meninggal pada tanggal 8 Mei 1904 di Kingston upon Thames ketika tinggal di rumah sepupunya Catherine Smith, Park View, 2 Liverpool Road. Rumah itu memiliki plakat peringatan di dinding luar British Film Institute yang diresmikan pada tahun 2004.[16] Muybridge dikremasi dan abunya dimakamkan di Woking di Surrey.

Sebuah cakram fenakistoskop oleh Muybridge (1893).
fenakistoskop – Pasangan Menari

Banyak urutan fotografi Muybridge telah diterbitkan sejak tahun 1950 sebagai buku referensi seniman.[butuh rujukan] Animator kartun sering kali menggunakan foto Muybridge sebagai referensi ketika menggambar karakter mereka. Sejak tahun 1991, Mainan perusahaan Optical telah menerbitkan urutan Muybridge dalam bentuk film Flipbook.

Pembuat film Thom Andersen membuat sebuah film dokumenter berjudul 1974 Eadweard Muybridge, Zoopraxographer, menggambarkan kehidupan dan pekerjaan.

Opera komposer Philip Glass tahun 1982 The Photographer didasarkan pada percobaan pembunuhan Muybridge, dengan sebuah libretto termasuk teks dari transkrip pengadilan. Sebuah video musik promosi menampilkan kutipan dari opera mendramatisir pembunuhan dan percobaan, dan termasuk sejumlah besar gambar Muybridge.

Sebuah drama Studies in Motion: The hauntings of Eadweard Muybridge memulai debut pada 2006, co-produksi antara Teater Electric Company Vancouver dan University of British Columbia Theatre. Sementara pencampuran fiksi dengan fakta, itu bercerita tentang obsesi Muybridge dengan katalogisasi gerak hewan. Produksi mulai tur pada tahun 2010.

Pada tahun 2007, penyair Kanada Rob Winger menulis Muybridge's Horse: a poem in three phases, sebuah puisi panjang dinominasikan untuk Penghargaan Gubernur Jenderal untuk Sastra, Trillium Book Award untuk Puisi, dan Ottawa Book Award. Ini didokumentasikan hidupnya dan obsesi dengan gaya 'puitis-fotografi'. Ini memenangkan Penghargaan Sastra CBC untuk Puisi.

Pada tahun 1985, video musik untuk single Larry Gowan "(You're A) Strange Animal" jelas menampilkan animasi Rotoscope d dari pekerjaan Muybridge itu. Pada tahun 1986, urutan kuda berderap digunakan dalam latar belakang John Farnham musik video untuk lagu "Pressure Down". Pada tahun 1993, band rock U2 membuat video dari lagu mereka "Lemon" ke dalam penghargaan untuk teknik Muybridge itu. Pada tahun 2004, kelompok musik elektronik The Crystal Method membuat video musik untuk lagu mereka "Born Too Slow" yang didasarkan pada pekerjaan Muybridge, termasuk seorang lelaki berjalan di depan sebuah background grid.

Kingston University di London, Inggris memiliki sebuah bangunan bernama sebagai pengakuan atas karya Muybridge sebagai salah satu fotografer Inggris yang paling berpengaruh.

References

[sunting | sunting sumber]
  1. ^ "If anything, the surname Muggeridge actually derives from a place in Devon, Mogridge, in turn taking its name from one Mogga who held a ridge there. Edward, on the other hand, was indeed spelt Eadweard in Old English." Adrian Room, Naming Names: Stories of Pseudonyms and Name Changes, with a Who's Who, Routledge & Kegan Paul, 1981, p. 125.
  2. ^ a b Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama Shimamura
  3. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama Manjila
  4. ^ Riesz, Megan (9 April 2012). "Did Eadweard J. Muybridge get away with murder?". Christian Science Monitor. Diakses tanggal 16 June 2012. 
  5. ^ "Eadweard Muybridge (British photographer)". Britannica. Diakses tanggal 17 July 2009. English photographer important for his pioneering work in photographic studies of motion and in motion-picture projection. 
  6. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama Pearlstein
  7. ^ a b Solnit 2003, hlm. 7
  8. ^ "Exhibition notes", Muybridge Exhibition, at Tate Britain, January 2011.
  9. ^ Solnit 2003, hlm. 148
  10. ^ Paul Hill Eadweard Muybridge Phaidon, 2001
  11. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama gowers
  12. ^ Adam, Hans Christian, ed. (2010). Eadweard Muybridge, the human and animal locomotion photographs (edisi ke-1st). Cologne: Taschen. hlm. 20. ISBN 978-3-8365-0941-1. 
  13. ^ "Eadweard Muybridge". Kingston Council. Kingston upon Thames Council. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2015-04-03. Diakses tanggal 3 May 2015. 
  14. ^ The building today bears a commemorative plaque marking it as Muybridge's childhood home.
  15. ^ Anderson, Maybanke (2001). "My Sprig of Rosemary". Dalam Roberts, Jan; Kingston, Beverley. Maybanke, a woman's voice: the collected work of Maybanke Selfe – Wolstenholme – Anderson, 1845–1927. Avalon Beach, NSW: Ruskin Rowe Press. ISBN 978-0-9587095-3-8.  pp. 24–25
  16. ^ Stephen Herbert, Marta Braun, Paul Hill, Anne McCormack Eadweard Muybridge: the Kingston Museum bequest The Projection Box, 2004
Halaman judul edisi pertama dari Descriptive Zoopraxography

Pranala luar

[sunting | sunting sumber]