Druju

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Bunga Druju

Druju (Argemone mexicana) merupakan tumbuhan berkhasiat berbentuk semak yang tingginya bisa mencapai 1 meter.[1] Batang tumbuhan Druju berbentuk bulat, lunak, bercabang, dan berwarna hijau keputih-putihan. Druju termasuk ke dalam famili Brassicales memiliki daun berwarna hijau dan hijau keputih-putihan, tunggal berseling, berbentuk bulat telur dengan ujung lancip, pangkal daun meruncing, bagian tepinya berduri, dan bentuk daun pertulangannya menyirip. Bunga tanaman Druju berbentuk tunggal, berada di ketiak daun dan di ujung batang, bagian kelopak bunga bertajuk dua dan berwarna hijau muda, sementara bagian tangkai sari berwarna kuning muda dan kepala sari kuning tua, kepala putik berwarna coklat, memiliki enam mahkota dengan bentuk membulat berwarna kuning. Druju memiliki buah berwarna hijau, berbentuk tabung, dan beruang enam. Biji dari buah bentuknya bulat kecil, berwarna coklat kehitaman, dengan ujung lancip. Tumbuhan Druju memiliki akar tunggang berwarna kuning kecoklatan.

Bagian yang dapat dimanfaatkan[sunting | sunting sumber]

Pohon Druju

Daun druju mengandung saponin, flavonoida, dan polifenol. Tanaman ini digunakan sebagai obat batuk dan obat nyeri waktu haid, dan getahnya dapat digunakan sebagai penghilang kutil pada kulit. Untuk obat batuk dipakai biji Druju yang masih segar sebanyak 4 gram, direbus dengan air sebanyak 1 gelas selama 15 menit, dan setelah dingin dilakukan penyaringan. Hasil saringan diminum sekaligus.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Departemen Kesehatan dan Kesejahteraan Sosial RI. 2000. Inventaris Tanaman Obat Indonesia (I) Jilid I. Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan