Central, Hong Kong

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Distrik Tengah, Hong Kong)
Central

Central dilihat dari Tsim Sha Tsui, sisi seberang Pelabuhan Victoria
Hanzi tradisional: 中環
Hanzi sederhana: 中环

Central (juga Distrik Central; Cina: 中環, Yale: Jūng Wàahn) adalah kawasan pusat bisnis Hong Kong. Kawasan ini terletak di Distrik Tengah dan Barat, pantai utara Pulau Hong Kong, melintasi Pelabuhan Victoria dari Tsim Sha Tsui, titik paling selatan dari Semenanjung Kowloon. Kawasan ini merupakan pusat Kota Victoria, meskipun nama ini sudah jarang digunakan saat ini.

Sebagai pusat bisnis di Hong Kong, kawasan ini adalah area dimana banyak kantor pusat perusahaan multinasional jasa keuangan. Konsulat jenderal dan konsulat dari berbagai negara yang juga terletak di daerah ini, juga Bukit Pemerintah, kantor pusat pemerintahan. Daerah ini, karena lokasinya yang dekat dengan Pelabuhan Victoria, telah berperan sebagai pusat perdagangan dan keuangan kegiatan dari mulai era kolonial Inggris pada tahun 1841 dan terus berkembang, dan berfungsi sebagai tempat administrasi setelah transfer kedaulatan ke Tiongkok tahun 1997.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Gedung Pengadilan Banding Terakhir, selesai pada tahun 1912, pernah digunakan sebagai gedung Dewan Legislatif Hong Kong dari tahun 1985 sampai tahun 2011.

Inggris mendarat di Possession Point di Sheung Wan pada tahun 1841. Mereka segera memutuskan untuk membangun sebuah kota di pesisir utara Pulau Hong Kong, dan kawasan yang saat ini menjadi wilayah Central dipilih menjadi markas fasilitas militer dan pusat administrasi. Daerah ini segera menarik orang Barat dan Cina untuk berdagang dan tinggal di daerah tersebut, dan Canton Bazaar (sebelum Central Market) dibangun antara Jalan Cochrane dan Graham Street pada tahun 1842. Daerah itu segera diperuntukkan bagi orang-orang Barat, dan warga Tionghoa dibatasi di Sheung Wan. [Daerah ini dikategorikan untuk "bangunan bergaya Barat," yang berarti bangunan dengan ruang minimum dan standar higienis]. Daerah itu sebagian besar didominasi oleh kehadiran Kota Victoria. Popularitas daerah ini juga akan meningkatkan populasi Hong Kong dari 5.000 pada tahun 1841 menjadi 24.000 pada tahun 1848.[1]Rumah Pemerintah dan bangunan Pemerintah Hong Kong bangunan diselesaikan selama periode ini di Government Hill. Berbagai barak, pangkalan angkatan laut dan kediaman Komandan, Flagstaff House dibangun di ujung timur distrik. Antara tahun 1860 dan 1880 dibangun Balai Kota, Theatre Royal dan pusat keuangan lainnya sehingga membuat Central menjadi jantung kota Hong Kong.

Pada tahun 1904 Skema Reklamasi Praya menambah 59 hektar (24 ha) lahan di Central waterfront. Banyak proposal datang dari Sir Paul Chater dan James Johnstone Keswick.[2]

Ekonomi[sunting | sunting sumber]

Bank of China (Hong Kong) memiliki kantor pusat di Menara Bank of China.[3] Hongkong and Shanghai Banking Corporation, anak perusahaan dari HSBC, memiliki kantor pusat di Gedung kantor pusat HSBC.[4]Bank of East Asia dan Hang Seng Bank memiliki kantor pusat di Central.[5][6]

Sebelum tahun 1999, Cathay Pacific memiliki kantor pusat di Rumah Swire di Pusat.[7] Pada tahun 1999 maskapai penerbangan ini memindahkan kantor pusatnya ke Bandar Udara Internasional Hong Kong.[8]

Nord Anglia, yang mengoperasikan sekolah-sekolah internasional di berbagai negara, memiliki kantor pusat di Central.[9]

Tempat-tempat penting, jalan-jalan dan bangunan[sunting | sunting sumber]

Bangunan kantor[sunting | sunting sumber]

Pemandangan malam dari Patung Persegi. Dari kiri ke kanan: Bank of China Tower, Gedung kantor pusat HSBC, Gedung Bank Standard Chartered dan Gedung Prince
Menara Bank of China.
Two International Finance Centre.

Bekas bangunan[sunting | sunting sumber]

Dermaga Feri Edinburgh Place dihancurkan pada tahun 2007.

Transportasi[sunting | sunting sumber]

Trem di Pusat kota.
Dilihat dari Dermaga Central.
Eskalator Central–Mid-level di Jalan Cochrane.
Pemandangan malam dari Connaught Road Central

Angkutan umum[sunting | sunting sumber]

Daerah ini merupakan pusat transportasi utama untuk Hong Kong (lihat juga Transportasi di Hong Kong).

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Sanderson, Edgar (1897–1898). The British Empire in the nineteenth century: its progress and expansion at home and abroad. IV. London: Blackie and Son. hlm. 337. LCCN 02002538. OCLC 11625716. 
  2. ^ Wordie, Jason. [2002] (2002) Streets: Exploring Hong Kong Island. Hong Kong: Hong Kong University Press. ISBN 962-209-563-1
  3. ^ "Contact Us Diarsipkan 2011-08-20 di Wayback Machine.." Bank of China. Retrieved on 11 September 2011. "Registered Office BOC Hong Kong (Holdings) Limited 52/F Bank of China Tower 1 Garden Road Hong Kong"
  4. ^ "Contact Us." HSBC. Retrieved on 12 September 2011. "The Hongkong and Shanghai Banking Corporation LtdThe Hongkong and Shanghai Banking Corporation – Hong Kong Address:GPO Box 64, Hong Kong, 1 Queen's Road Central, Hong Kong SAR, China"
  5. ^ "Investor Enquiries." Bank of East Asia. Retrieved on 11 September 2011. "Registered Office: 10 Des Voeux Road Central, Central, Hong Kong"
  6. ^ "Business Banking Centres." Hang Seng Bank. Retrieved on 11 September 2011. "Level 1 & 6, Hang Seng Headquarters, 83 Des Voeux Road, Central" (Map Diarsipkan 2012-04-02 di Wayback Machine.)
  7. ^ "World Airline Directory" (PDF). Flight International. 30 March 1985. hlm. 68. Diakses tanggal 17 June 2009.  "Head Office: Swire House, 9 Connaught Road, C, Hong Kong"
  8. ^ "Cathay Pacific wins award for providing a smoke-free workplace at its Hong Kong Headquarters" (Siaran pers). Cathay Pacific. 6 January 2005. Diakses tanggal 2 July 2009. 
  9. ^ "Contact Us." Nord Anglia Education. Retrieved on 5 March 2016. "Central Office Address: Nord Anglia Education St George's Building Level 12 2 Ice House Street Central Hong Kong"