Transportasi di Hong Kong

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Transportasi Umum Hong Kong

Hong Kong memiliki jaringan transportasi yang sangat maju dan canggih, meliputi kendaraan umum dan pribadi. Menurut Survei Karakteristik Perjalanan Pemerintah Hong Kong, lebih dari 90% perjalanan harian berada di angkutan umum, tertinggi di dunia.[1] Namun, Komite Penasehat Transportasi pada tahun 2014 mengeluarkan laporan pada banyak memperburuk masalah kemacetan di Hong Kong dan menunjuk pada pertumbuhan berlebihan dari mobil pribadi selama 10-15 tahun terakhir.[2]

Kartu Octopus, sistem pembayaran uang elektronik, diperkenalkan pada bulan September 1997 untuk memberikan alternatif terhadap uang kertas tradisional dan koin. Dapat dibeli di setiap stasiun Mass Transit Railway, kartu Octopus adalah sistem pembayaran nirsentuh yang memungkinkan pembayaran tidak hanya untuk angkutan umum (seperti kereta api, bus, trem, feri dan minibus), tetapi juga di parkir meter, toko-toko, supermarket, restoran cepat saji dan sebagian besar mesin penjual otomatis.

Transportasi pejalan kaki otomatis[sunting | sunting sumber]

Eskalator dan trotoar bergerak[sunting | sunting sumber]

Eskalator Central-Mid-Level

Pulau Hong Kong didominasi oleh kontur tanah terjal, berbukit-bukit, sehingga membutuhkan pengembangan metode yang tidak biasa untuk menaikturunkan kemiringan. Di Distrik Tengah dan Barat, terdapat sistem eskalator gratis dan trotoar bergerak. Eskalator Mid-level adalah eskalator luar ruangan terpanjang di dunia,[3] beroperasi turun sampai jam 10 pagi untuk para komuter akan bekerja dan kemudian beroperasi naik sampai tengah malam.[4]

Eskalator ini terdiri dari 20 eskalator dan 3 trotoar bergerak. Panjangnya 800 meter,[5] dan naik vertikal 135 meter.[6] Total waktu perjalanan sekitar 25 menit,[3] tetapi kebanyakan orang jalan-jalan sambil eskalator bergerak untuk mempersingkat waktu perjalanan. Karena pendakian vertikal, jaraknya setara dengan beberapa mil jalan zig-zag jika bepergian dengan mobil. Lalu lintas harian melebihi 35.000 orang. Eskalator ini telah beroperasi sejak tahun 1993 dan ongkos pembangunannya HK$240 juta (US$30 juta).

Transportasi kereta api[sunting | sunting sumber]

Di dalam kompartemen kereta MTR saat jam sibuk

Hong Kong memiliki banyak jaringan kereta api, dan Pemerintah Hong Kong telah lama menetapkan bahwa sistem angkutan umum ditopang oleh "kereta api sebagai tulang punggungnya". Kereta dioperasikan oleh MTR Corporation Limited. MTR mengoperasikan jaringan metro di dalam kota Hong Kong, Semenanjung Kowloon dan bagian utara dari Pulau Hong Kong dengan daerah yang baru berkembang, Tsuen Wan, Tseung Kwan O, Tung Chung, Hong Kong Disneyland, Hong Kong International Airport, bagian timur laut dan barat lauti wilayah-Wilayah Baru. Hong Kong Tramways mengoperasikan trem layanan secara eksklusif di utara Pulau Hong Kong. Peak Tram menghubungkan Central, distrik bisnis utama Hong Kong dengan Victoria Peak.

Mass Transit Railway[sunting | sunting sumber]

Dibuka pada tahun 1979, sistem metro ini saat ini memiliki 218.2 km (135.6 mi) rel dengan 155 stasiun, termasuk 87 stasiun kereta api dan 68 pemberhentian kereta ringani. Jalur rel mencakup kawasan East Rail, Kwun Tong, Tsuen Wan, Jalur Pulau, Tung Chung, Tseung Kwan O, West Rail, Ma On Shan, Airport Express dan Disneyland Resort. Delapan jalur diantaranya menyediakan layanan metro umum, sedangkan Airport Express menyediakan layanan langsung dari Bandar Udara Internasional Hong Kong ke pusat kota, sementara Jalur Disneyland Resort eksklusif membawa penumpang ke dan dari Hong Kong Disneyland.

Trem[sunting | sunting sumber]

Hong Kong Tramways

Hong Kong Tramway adalah sistem tram (trem) yang berjalan secara eksklusif dengan double decker.[7] Sistem trem listrik diusulkan pada tahun 1881;[8] namun tidak ada yang mau berinvestasi saat itu. Pada bulan Agustus 1901, RUU Tram Kedua diperkenalkan dan disahkan menjadi undang-undang sebagai Peraturan Tram 1902. Hong Kong Tramway Electric Company Limited, sebuah perusahaan Inggris, diberi wewenang untuk mengambil tanggung jawab dalam pembangunan dan operasi sehari-hari. Pada tahun 1904, sistem trem pertama kali beroperasi. Tidak lama kemudian, diambil alih oleh perusahaan lain, Electric Tranction Company of Hong Kong Limited dan kemudian berubah nama menjadi Hong Kong Tramways Company Limited pada tahun 1910.

Transportasi laut[sunting | sunting sumber]

Feri[sunting | sunting sumber]

Rute Internal[sunting | sunting sumber]

Star Ferry yang membawa penumpang di Pelabuhan Victoria.
Tsim Sha Tsui Pier, dermaga untuk layanan Star Ferry

Sebagian besar layanan feri disediakan oleh operator feri terlisensi. As of September 2003, ada 27 layanan feri penumpang reguler berlisensi yang dioperasikan oleh 11 pemegang lisensi, yang melayani pulau-pulau terpencil, kota-kota baru dan di dalam Victoria Harbour. Dua rute yang dioperasikan oleh Star Ferry. Selain itu, 78 "kai-" feri dilisensikan untuk melayani permukiman pesisir terpencil.

Pelabuhan masuk[sunting | sunting sumber]

Berikut ini adalah daftar pelabuhan masuk (titik kontrol imigrasi) di Hong Kong.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Lam, William H.K. [2003] (2003).
  2. ^ http://www.thb.gov.hk/eng/boards/transport/land/Full_Eng_C_cover.pdf
  3. ^ a b Boland, Rory.
  4. ^ Jahnke, Morgen (26 February 2007).
  5. ^ Dennis, Bernard (2003).
  6. ^ Lim, William S. W. (2007).
  7. ^ Fallon, Stephen (January 2006).
  8. ^ Dimitriou, Harry T.; Alison H. S. Cook (1998).

Pranala luar[sunting | sunting sumber]