Dinas Psikologi TNI Angkatan Laut

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Dinas Psikologi TNI Angkatan Laut
Logo Baru Dinas Psikologi TNI Angkatan Laut
Dibentuk27 November 1952
Negara Indonesia
CabangLambang TNI AL.png TNI Angkatan Laut
Tipe unitBadan Pelaksana Pusat
Bagian dariTentara Nasional Indonesia
MotoSahitya Papag Paramaguna (Bersama sama meraih manfaat terbaik)
Situs webwww.tnial.mil.id
Komandan tempur
Komandan DispsialLaksamana Pertama TNI Drs. Tri Budi Marwanto, M.M, Psikolog

Dinas Psikologi TNI Angkatan Laut (atau Dispsial) merupakan Badan Pelaksana Pusat di tingkat Markas Besar TNI Angkatan Laut yang berkedudukan langsung di bawah Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal)[butuh rujukan]. Dispsial memiliki tugas pokok menyelenggarakan fungsi pembinaan sumber daya manusia TNI AL bidang Psikologi dalam rangka pencapaian dan efektivitas pribadi dan perilaku Prajurit baik perorangan maupun kelompok dalam rangka tugas pokok dan bantuan TNI AL.[1]

Mako Dinas Psikologi Angkatan Laut berada di Jl. Raya Juanda Km 1 Gedangan, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Sejarah Dispsial berawal dari suatu badan yang menangani masalah psikologi TNI AL dengan nama Departemen Psikoteknik Angkatan Laut pada 27 November 1952 . Badan yang berkedudukan di bawah Dinas Penerimaan Tenaga Angkatan Laut (DPTAL) lebih banyak melakukan pemeriksaan psikologi dalam rangka werving Prajurit TNI AL di Malang. Tahun 1964 secara organisatoris administratif dipisah dari DPTAL dan kemudian pada 1 Januari 1965 berdiri Lembaga Psikologi (Lapsi) TNI AL di bawah Dirpersal yang sekarang menjadi Disminpersal. Baru pada tahun 1972 Kantor Lapsi TNI AL dipindah dari Malang ke Jl. Darmokali 15 Surabaya. Kontribusi Lapsi TNI AL awalnya terbatas pada seleksi dan evaluasi personel di lingkungan TNI AL. Namun sejak tahun 1990-an berkembang lebih luas dengan memberikan pelayanan psikologi seperti evaluasi/promosi, konsultasi, pelatihan dan assessment center hingga kemudian pada 15 Januari 2007 Lapsi diubah menjadi Dinas Psikologi Angkatan Laut dengan menempati kantor yang baru sebagai Markas Komando (Mako) di kawasan Juanda, Surabaya. Kantor di jl. Darmokali 15 Surabaya digunakan sebagai Unit Pelaksana Teknis dengan nama Lembaga Assessment Center Dispsial.

Likuidasi[sunting | sunting sumber]

Berdasarkan Validasi Organisasi TNI Angkatan Laut tahun 2005 dan Surat Panglima TNI No. B/2970/13/13/SRU Tgl. 13 September 2006 dilaksanakan Likuidasi Lembaga Psikologi TNI AL dan Peresmian Dinas Psikologi Angkatan Laut (Dispsial). Lembaga Psikologi TNI AL yang semula berada di bawah Dinas Administrasi Personel Angkatan Laut (Disminpersal) diubah menjadi Dinas Psikologi Angkatan Laut yang merupakan Badan Pelaksana Pusat di tingkat Markas Besar Angkatan Laut yang berkedudukan langsung di bawah Kepala Staf TNI AL (Kasal).

Kepala Dinas[sunting | sunting sumber]

  1. Laksamana Pertama TNI Sukiswandono (2007-2010)
  2. Laksamana Pertama TNI Budhi Siswanto (2010-2011)
  3. Laksamana Pertama TNI Aswad (2011-2012)
  4. Laksamana Pertama TNI FX. Agus Susilo (2012-2014)
  5. Laksamana Pertama TNI A. Burhan Wijaya (2014-2016)
  6. Laksamana Pertama TNI Drs. Mithra, M.Com, Psikolog (2016-2018)
  7. Laksamana Pertama TNI Drs. Tri Budi Marwanto, M.M., Psikolog (2018-sampai sekarang)

Referensi[sunting | sunting sumber]