Pusat Hidro-Oseanografi TNI Angkatan Laut

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Pusat Hidrografi dan Oseanografi
TNI Angkatan Laut
Logo Dinas Hidro-oseanografi TNI AL.png
Negara  Indonesia
Cabang Lambang TNI AL.png TNI Angkatan Laut
Tipe unit Kotama Pembinaan
Bagian dari Tentara Nasional Indonesia
Moto Jala Citra Praja Yodha
Situs web www.dishidros.go.id
Komandan tempur
Kapushidrosal Laksamana Muda TNI Drs. Ir. Harjo Susmoro, S.H., M.H.,

Pusat Hidrografi dan Oseanografi TNI Angkatan Laut (Pushidrosal) adalah Kotama Pembinaan TNI Angkatan Laut yang berkedudukan langsung di bawah Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal). Sebelumnya satuan ini bernama Dinas Hidro-Oseanografi TNI Angkatan Laut (Dishidrosal). Pushidrosal mempunyai tugas pokok menyelenggarakan pembinaan fungsi dan pelaksanaan kegiatan Hidro-Oseanografi (Hidros) yang meliputi survei, penelitian, pemetaan laut, publikasi, penerapan lingkungan laut dan keselamatan navigasi pelayaran baik untuk kepentingan TNI maupun umum, dan menyiapkan data serta informasi wilayah pertahanan di laut dalam rangka mendukung tugas pokok TNI Angkatan Laut.

Mako Pushidrosal berada di Jalan Pantai Kuta V/1 Ancol Timur, Jakarta Utara.

Fungsi Hidro-Oseanografi[sunting | sunting sumber]

Pushidrosal sesuai dengan tugasnya berkewajiban menyiapkan dan menyediakan data dan informasi Hidro-oseanografi untuk kepentingan TNI maupun umum. Untuk kepentingan keselamatan Navigasi pelayaran, Pushidrosal mempunyai kewenangan dan legalitas tunggal di bidang Hidrografi dalam menyiapkan dan menyediakan data dan informasi Hidro-oseanografi berupa Peta Laut (peta kertas maupun peta navigasi elektronik) dan publikasi nautika. Pada awalnya Pushidrosal ditetapkan sebagai Lembaga Hidrografi Nasional berdasarkan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 1951 tanggal 31 Maret 1951 (PP RI No. 23/1951) dan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 164 Tahun 1960 tanggal 14 Juli 1960 (Keppres RI No. 164/1960), mengemban fungsi sebagai Lembaga Hidrografi Militer dan Lembaga Hidrografi Nasional Indonesia.[1]

Pushidrosal sebagai Lembaga Hidrografi Militer, bertanggung jawab untuk mampu menyediakan data dan informasi Hidro-oseanografi yang akurat dan mutakhir sebagai data dasar yang akan digunakan sebagai bahan analisis strategi pertahanan nasional. Sedangkan sebagai Lembaga Hidrografi Nasional Indonesia, Pushidrosal mempunyai tanggung jawab untuk memberikan jaminan keselamatan Navigasi pelayaran di seluruh wilayah perairan yurisdiksi Negara Kesatuan Republik Indonesia. Sebagai Lembaga Hidrografi Nasional, Pushidrosal merupakan representasi legal dan wakil pemerintah RI dalam keanggotaan resmi organisasi internasional, yaitu International Hydrographic Organization (IHO) yang berkedudukan di Monaco dan Komisi Hidrografi Asia Timur atau East Asia Hydrographic Commission (EAHC). Selain itu, Pushidrosal juga menjadi anggota delegasi pemerintah RI di beberapa organisasi internasional di bidang Hidrografi, Oseanografi dan Navigasi pelayaran seperti International Maritime Organization (IMO), Inter-Government Oceanographic Commision (IOC), United Nations Conference on Standardization of Geographical Names (UNCSGN) dan United Nations Group of Experts on Geographical Names (UNGEGN).

Likuidasi[sunting | sunting sumber]

Peresmian Pushidrosal merupakan realisasi dari validasi organisasi TNI Angkatan Laut yang telah disetujui presiden berdasarkan Perpres Nomor 62 Tahun 2016 tentang perubahan atas Perpres Nomor 10 Tahun 2010 tentang Susunan Organisasi Tentara Nasional Indonesia. Dalam amanatnya Kasal mengatakan Pushidrosal memiliki peran sentral dalam menyelenggarakan pembinaan hidro-oseanografi yang meliputi survei, penelitian, pemetaan laut, publikasi, penerapan lingkungan laut, keselamatan navigasi pelayaran baik untuk kepentingan TNI maupun umum, serta menyiapkan data dan informasi wilayah pertahanan di laut.[2][3][4]

Armada[sunting | sunting sumber]

Hingga saat ini, Pushidrosal terus melaksanakan tugas pokoknya mengadakan survei dan pemetaan untuk mengumpulkan data dan informasi Hidro-oseanografi dalam rangka pembuatan produk Peta Laut dan publikasi. Dalam melaksanakan kegiatannya, Pushidrosal diperkuat sebanyak delapan kapal survei dan pemetaan hidro-oseanografi, yaitu :

  1. KRI Pulau Rote (721)
  2. KRI Pulau Romang (723)
  3. KRI Pulau Rempang (729)
  4. KRI Leuser (924)
  5. KRI Dewa Kembar (932)
  6. KRI Rigel (933)[5][6]
  7. KRI Spica (934)[7]
  8. KAL Aries
  9. KAL Vega

Disamping itu, Pushidrosal juga memiliki empat unit survei pesisir.

Komandan[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]