Dinas Informasi Pemerintah Belanda

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Azure, billetty Or a lion with a coronet Or armed and langued Gules holding in his dexter paw a sword Argent hilted Or and in the sinister paw seven arrows Argent pointed and bound together Or. [The seven arrows stand for the seven provinces of the Union of Utrecht.] The shield is crowned with the (Dutch) royal crown and supported by two lions Or armed and langued gules. They stand on a scroll Azure with the text (Or) "Je Maintiendrai" (French for "I will maintain".)
Artikel ini adalah bagian dari seri
Politik dan pemerintahan
Belanda

Dinas Informasi Pemerintah Belanda (bahasa Belanda: Rijksvoorlichtingsdienst, disingkat RVD) adalah sebuah lembaga pemerintahan Belanda. RVD adalah layanan informasi resmi pemerintah Belanda sekaligus juru bicara Perdana Menteri, Dewan Menteri, dan Keluarga Kerajaan Belanda. RVD juga bertugas menyediakan informasi tentang kebijakan pemerintah, perdana menteri, dan Kementerian Urusan Masyarakat.

Selain layanan informasi, RVD juga bertugas memberikan saran seputar publisitas dna komunikasi kepada beberapa lembaga dan Keluarga Kerajaan, serta mengoordinasikan seluruh layanan informasi kementerian di Belanda.

Dalam struktur organisasi, RVD adalah direktorat jenderal Kementerian Urusan Masyarakat. Lembaga ini terdiri dari beberapa bagian:

  • Staf manajemen.
  • Departemen Pers dan Publisitas, bertugas mengoordinasikan kemunculan anggota Keluarga Kerajaan di hadapan publik.
  • Departemen Layanan Informasi, bertugas menyediakan informasi seputar kebijakan pemerintah kepada perdana menteri dan kepala pegawai sipil di kemetnerian. Departemen ini mengumpulkan dan menganalisis data 24 jam sehari dari berbagai sumber (terbuka maupun rahasia). Departemen ini juga memiliki grup "media baru" yang menerbitkan situs web kementerian, kerajaan, dan pemerintahan.
  • Departemen Kebijakan Komunikasi, bertugas menentukan kebijakan strategis pemerintah dalam bidang komunikasi dan mengatur penyampaian informasi antar kementerian.
  • Direktorat Publik dan Komunikasi, bagian operasional dari RVD. Departemen ini berupaya membina komunikasi antara pemerintah dan masyarakat. Selain itu, departemen ini menangani kontrak pemerintah dengan pihak ketiga dalam bidang komunikasi, pengelolaan proyek komunikasi, penelitian dan pengembangan komunikasi. Departemen ini juga mengoperasikan "Postbus 51", saluran informasi publik milik pemerintah yang menyebarkan informasi pemerintah melalui selebaran, iklan televisi, dan media iklan lainnya.

Sebagai bagian dari tugas koordinasi RVD, direktur jenderal RVD juga menjabat sebagai ketua Voorlichtingsraad, yaitu majelis direktur layanan informasi di seluruh kementerian pemerintah Belanda.

Direktur jenderal RVD saat ini adalah Henk Brons. Jabatan ini sebelumnya dipegang oleh Gerard van der Wulp (2004-2008) dan Eef Brouwers.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]