Dickinson Woodruff Richards

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Dickinson Woodruff Richards, Jr. (Orange, 30 Oktober 1895 - Lakeville, 23 September 1973) ialah seorang dokter dan fisiolog Amerika Serikat, penerima Penghargaan Nobel Kedokteran pada tahun 1956.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Dickinson Richards menempuh pendidikan di Yale University antara tahun 1913-1917. Ia bergabung dengan US Army selama Perang Dunia I untuk menjadi instruktur artileri dan antara tahun 1918-1919 ia berada di Perancis. Ketika kembali ke Amerika Serikat, ia belajar kedokteran di College of Physicians and Surgeons, Columbia University dan mendapatkan gelar dokter pada tahun 1923. Ia bekerja sebagai staf di New York Presbytarian Hospital dan meneliti bidang fisiologi paru dan sirkulasi. Ia memulai kolaborasi dengan André F. Cournand di Bellevue Hospital dalam hal patologi paru. Pada tahun 1947, ia diangkat sebagai profesor kedokteran dan bekerja sama dengan perhimpunan Merck.

Bersama dengan André Frédéric Cournand dan Werner Forßmann, ia dianugerahi Penghargaan Nobel dalam Fisiologi atau Kedokteran pada tahun 1956 atas karya mereka di bidang kateterisasi jantung dan penjelasan tentang sejumlah patologi hati.