Derailed (film 2005)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Derailed
Poster resmi
SutradaraMikael Håfström
ProduserLorenzo di Bonaventura
SkenarioStuart Beattie
Berdasarkan
Novel Derailed oleh James Siegel
Pemeran
Penata musikEd Shearmur
SinematograferPeter Biziou
PenyuntingPeter Boyle
Perusahaan
produksi
Miramax Films
Di Bonaventura Pictures[1]
DistributorBuena Vista International (Britania Raya)
The Weinstein Company (Amerika Serikat)
Tanggal rilis
11 November 2005 (2005-11-11)
Durasi106 menit[2]
NegaraBritania Raya
Amerika Serikat
BahasaInggris
Anggaran$22 juta[2]
Pendapatan
kotor
$57.5 juta[2]

Derailed adalah film thriller kejahatan tahun 2005 yang berdasarkan novel dengan nama yang sama oleh James Siegel. Film ini disutradarai oleh Mikael Håfström dan dibintangi oleh Clive Owen, Jennifer Aniston, Vincent Cassel, RZA dan Xzibit. Cerita film ini didasarkan pada Badger Game con. Film ini merupakan film pertama yang dirilis oleh The Weinstein Company di Amerika Serikat.

Plot[sunting | sunting sumber]

Eksekutif periklanan Chicago, Charles Schine tinggal bersama istrinya, Deanna dan putri mereka, Amy, yang menderita diabetes tipe 1, yang membutuhkan pengobatan mahal.

Di kereta komuter ketika berangkat bekerja suatu pagi, Charles bertemu Lucinda Harris, seorang penasihat keuangan yang juga menikah dan memiliki seorang putri. Ketertarikan timbal balik berkembang dan keduanya mulai sering bertemu. Mereka segera memutuskan untuk menyelesaikan perselingkuhan mereka di sebuah hotel yang rusak. Saat Lucinda membuka ritsleting celana Charles, mereka diinterupsi oleh seorang pria bersenjata yang memukuli Charles dan memperkosa Lucinda secara brutal. Tidak ingin pasangan mereka mengetahui perselingkuhan mereka, Charles dan Lucinda setuju untuk tidak melaporkan kejahatan tersebut dan kemudian berpisah.

Beberapa hari kemudian, pria yang mengidentifikasi dirinya sebagai Philippe LaRoche, menghubungi Charles dan mengancam akan membunuh keluarganya jika Charles tidak membayarnya $20.000. Sebulan kemudian, LaRoche menelepon lagi, kali ini meminta $100.000. Charles menjelaskan situasinya kepada rekan kerjanya Winston, mantan narapidana yang bekerja sebagai tukang reparasi di kantornya. Winston menawarkan untuk menakut-nakuti LaRoche untuk sepuluh persen dari pembayaran. Charles menggelapkan uang $10.000 dari perusahaannya, lalu dia serta Winston berencana menjatuhkan LaRoche di lokasi pertemuan yang ditentukannya. Namun, LaRoche mengejutkannya, menembak mati Winston dan mengambil uangnya. Charles membuang tubuh Winston dan memberikan alibi palsu saat ditanyai oleh Detektif Franklin Church.

Charles kemudian menerima telepon dari LaRoche; dia menyandera Lucinda dan akan membunuhnya jika Charles tidak memberikan $100.000. Charles mengambil uang dari rekening yang dimaksudkan untuk perawatan medis putrinya dan memberikan pembayaran kepada LaRoche dan rekannya Dexter. Charles kemudian mengunjungi Lucinda di tempat kerja dan mengetahui bahwa Lucinda sebenarnya bernama asli Jane, yang bekerja di sana sebentar sebagai pekerja sementara. Dia pergi ke apartemen Jane, yang diperlihatkan kepada calon penyewa, dan menemukan bahwa foto Jane tentang putrinya sebenarnya adalah potongan gambar stok dari brosur penyewaan.

Charles melacak Jane dan melihatnya mencium LaRoche, mengetahui dirinya terlibat dalam penipuan. Charles juga mengamati Jane merayu pengusaha lain yang tidak menaruh curiga, Sam. Charles menyewa kamar di hotel yang sama seperti sebelumnya dan menunggu Jane pergi ke sana bersama Sam. Bertekad untuk mengambil kembali uang curiannya, Charles membuat LaRoche pingsan di luar pintu kamar hotel, melucuti senjatanya, dan mengungkapkan kepada Sam skema yang telah Jane siapkan. Dexter datang untuk membantu LaRoche dan saling tembak pun terjadi; hampir semua orang ditembak mati kecuali Charles, yang kembali ke kamarnya dan meyakinkan polisi bahwa dia hanyalah pengamat. Sebelum pergi, Charles mengambil tasnya dan mendapatkan kembali uangnya.

Belakangan, Charles diskors dari pekerjaannya karena penggelapan uang dan dijatuhi hukuman enam bulan pengabdian masyarakat, dan Charles mengajar di penjara. Di salah satu kelasnya, dia menemukan sebuah buku catatan yang berisi cerita tentang dirinya yang ditulis oleh salah satu tahanan. Charles menemukan LaRoche, yang selamat dari tragedi tembak-menembak. LaRoche mengancam untuk terus mengganggu kehidupan Charles tetapi Charles mengungkapkan bahwa dia telah merencanakan pertemuan mereka dan kemudian menikam LaRoche sampai mati. Charles menjauh dari pertemuan itu dengan mengklaim kepada Detective Church bahwa LaRoche menyerangnya dan dia bereaksi untuk membela diri.

Pemain[sunting | sunting sumber]

Penerimaan[sunting | sunting sumber]

Derailed menerima ulasan negatif dan memiliki skor "rotten" 21% di Rotten Tomatoes berdasarkan 126 ulasan, dengan peringkat rata-rata 4,7/10. Konsensus kritis web tersebut menyatakan "Dengan pemain yang salah pilih, plot yang menggelikan dan twist yang jelas, Derailed mewujudkan namanya dengan sangat tepat." [3] Film ini juga memiliki skor 40 dari 100 di Metacritic berdasarkan 34 kritik yang mengindikasikan "ulasan campuran atau rata-rata".[4]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Chang, Justin (5 November 2005). "Derailed". Variety. Diakses tanggal 28 April 2022. 
  2. ^ a b c "Derailed". Box Office Mojo. 
  3. ^ "Derailed". Rotten Tomatoes. Fandango. Diakses tanggal Oktober 6, 2021.  Sunting ini di Wikidata
  4. ^ Metacritic

Pranala luar[sunting | sunting sumber]