Diabetes melitus tipe 1

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari

Diabetes melitus tipe 1 (dikenal juga sebagai diabetes tipe 1) disebabkan oleh ketidakmampuan tubuh dalam memproduksi hormon insulin yang berfungsi untuk memindahkan glukosa dari dalam darah ke dalam sel. Organ pankreas dalam tubuh penderita diabetes melitus tipe 1 tidak mampu memproduksi hormon insulin sesuai kebutuhan tubuh.[1] Kurangnya insulin membawa konsekuensi peningkatan glukosa dalam darah dan urin. Gejala klasik adalah poliuria (sering buang air kecil), polidipsia (cepat haus), polifagia (cepat lapar), dan penurunan berat badan.[2] Tanpa insulin, sel-sel tubuh akan mengolah lemak dan otot menjadi energi sehingga menyebabkan turunnya berat badan. Ini dapat mengakibatkan kondisi akut yang disebut ketoasidosis diabetik pada penderita diabetes melitus tipe 1, yaitu saat darah menjadi terlalu asam serta terjadi dehidrasi yang membahayakan.

Diabetes tipe 1 termasuk penyakit autoimun, yaitu sistem kekebalan tubuh menyerang sel-sel dalam pankreas karena menganggap mereka membahayakan tubuh.[3]

Pengobatan[sunting | sunting sumber]

Pengobatan diabetes bertujuan untuk menjaga keseimbangan kadar gula darah dan mengendalikan gejala untuk mencegah komplikasi yang mungkin terjadi.

Pasien diabetes melitus tipe 1 tidak memproduksi insulin lagi sehingga mereka harus menerima suplai insulin dari luar tubuh secara rutin. Mereka juga dituntut untuk belajar menyesuaikan suplai insulin dengan makanan yang dikonsumsi, kadar gula darah, dan aktivitas yang dilakukan. Proses penyesuaian ini harus dilakukan secara bertahap. Beberapa jenis insulin yang bisa digunakan, di antaranya:

  • Insulin kerja panjang yang dapat bertahan satu hari.
  • Insulin kerja singkat yang dapat bertahan maksimal delapan jam.
  • Insulin kerja cepat yang tidak bertahan lama, tapi bereaksi cepat.

Cara pengobatan untuk penderita diabetes bisa menggunakan kombinasi dari jenis-jenis insulin di atas.[4]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ https://www.nlm.nih.gov/medlineplus/diabetestype1.html. Diakses tanggal 4 June 2016. 
  2. ^ Cooke DW, Plotnick L (2008). "Type 1 diabetes mellitus in pediatrics". Pediatr Rev 29 (11): 374–84; quiz 385. PMID 18977856. doi:10.1542/pir.29-11-374. 
  3. ^ http://emedicine.medscape.com/article/117739-overview. Diakses tanggal 4 June 2016. 
  4. ^ http://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/type-1-diabetes/basics/treatment/con-20019573. Diakses tanggal 4 June 2016.