Dengarlah Nyanyian Angin

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Hear the Wind Sing
Buku edisi pertama
PengarangHaruki Murakami
Judul asliKaze no uta o kike
風の歌を聴け
PenerjemahAlfred Birnbaum
Negara Jepang
BahasaJepang
GenreRealisme sastra
PenerbitKodansha
Tanggal terbit
Juli 1979
Tgl. terbit (bhs. Inggris)
Februari 1987
Tgl. terbit (bhs. Indonesia)
2008
Jenis mediaPrint (Paperback)
Halaman
  • 147 (ID)
  • 165 (US)
  • 201 (JP)
ISBNISBN 4-06-186026-7
OCLC21379479
Diikuti olehPinball, 1973 

Dengarlah Nyanyian Angin (風の歌を聴け, Kaze no uta o kike) adalah novel pertama karya penulis Jepang, Haruki Murakami. Ini pertama kali muncul dalam edisi Juni 1979 dari Gunzo (salah satu majalah sastra paling berpengaruh di Jepang), dan dalam bentuk buku bulan berikutnya. Novel ini diadaptasi oleh sutradara Jepang Kazuki Ōmori dalam sebuah film tahun 1981 yang didistribusikan oleh Art Theatre Guild. Terjemahan bahasa Inggris oleh Alfred Birnbaum muncul pada tahun 1987.

Ini adalah buku pertama dalam seri novel independen bernama "Trilogy of the Rat", diikuti oleh Pinball, 1973 ( 1980 ) dan A Wild Sheep Chase ( 1982 ), sebelum epilog Dance Dance Dance (1988). Keempat buku dalam seri ini telah diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris, tetapi Dengarlah Nyanyian Angin dan Pinball, 1973 (yang merupakan novel realis yang sedikit berbeda dari gaya penulis selanjutnya) tidak pernah didistribusikan secara luas di dunia berbahasa Inggris, karena hanya diterbitkan dalam Jepang oleh Kodansha di bawah branding Kodansha English Library mereka (untuk pelajar Bahasa Asing Bahasa Inggris), dan keduanya hanya sebagai buku saku berukuran A6. Ini karena Murakami memandang kedua novel itu sebagai "karya dari masa dewasanya".[1] Edisi omnibus Inggris dari dua novel pertama Murakami ( Hear the Wind Sing and Pinball, 1973 ), dengan judul Wind / Pinball , dengan terjemahan oleh Prof. Ted Goossen dari Universitas York, dirilis di Amerika Serikat pada bulan Agustus, 2015

Judul[sunting | sunting sumber]

Judul "Hear the Wind Sing" berasal dari kalimat terakhir dari cerita pendek Truman Capote "Shut a Final Door" - "Jangan pikirkan apa pun, pikirkan angin."[2][3] Namun, judul novel yang diserahkan ke komite Hadiah Sastra Gunzo dulu adalah "Selamat Ulang Tahun dan Natal".[4] Judul lama muncul di bagian atas dari halaman sampul buku yang diterbitkan dalam font kecil.

Tema[sunting | sunting sumber]

Pada 1 April 1978, Murakami tiba-tiba memiliki ide cerita ketika ia menonton pertandingan bisbol NPB Yakult Swallows di Stadion Meiji Jingu. Inspirasi muncul ketika adonan pertama Dave Hilton mencetak dua gol di inning pertama.[5] Murakami menjalankan kafe Jazz pada saat itu. Dia menghabiskan 1 jam setiap malam untuk menulis novel dan menyelesaikannya dalam 4 bulan. Itu adalah novel debutnya. Kisah ini terjadi pada tahun 1970 selama sembilan belas hari antara 8 Agustus dan 28 Agustus, dan diriwayatkan oleh seorang pria berusia 21 tahun yang tidak disebutkan namanya. Kisah ini berisi empat puluh bab kecil berjumlah 130 halaman. Kisah ini mencakup keahlian menulis, gerakan mahasiswa Jepang, seperti novel-novel Murakami selanjutnya, yaitu hubungan dan kehilangan. Seperti novel-novel selanjutnya, memasak, makan dan minum, mendengarkan musik barat dijelaskan secara teratur. Teman dekat narator 'si Tikus', yang di sekelilingnya trilogi of the rat, adalah seorang pelajar dan pelindung yang mengekspresikan alienasi umum menuju masyarakat. Narator menggambarkan (fiksi) penulis Amerika Derek Hartfield sebagai pengaruh utama, mengutip nya sebagai karya fiksi ilmiah, dan mengutip dia di beberapa titik.

Plot ringkasan[sunting | sunting sumber]

Merasa menulis sebagai tugas yang sangat menyakitkan, narator menceritakan kembali kisah musim panas 1970-nya. Dia adalah seorang mahasiswa dari sebuah universitas di Tokyo saat itu, dan kembali ke kota asalnya untuk liburan musim panas. Musim semi itu, seorang gadis yang ia kencani di universitas, bunuh diri. Selama liburan musim panas, ia sering mengunjungi bar J bersama temannya "Rat" dan menghabiskan banyak waktu minum bir dengan obsesif. Suatu hari, dia menemukan seorang gadis berbaring di lantai di kamar mandi bar dan membawanya pulang. Gadis itu tidak memiliki jari kelingking. Kemudian, dia bertemu dengan gadis itu secara kebetulan di toko kaset tempat dia bekerja. Setelah itu, dia mulai memanggilnya dan mereka nongkrong beberapa kali. Sementara itu, Rat jelas bermasalah dengan beberapa wanita tetapi dia tidak mengungkapkan rinciannya. Suatu hari, gadis tanpa jari itu bertemu narator di sebuah restoran dekat pelabuhan. Mereka berjalan-jalan di senja di sepanjang jalan gudang. Dia mengatakan kepadanya, "Ketika saya duduk di sana sendirian, saya bisa mendengar banyak orang berbicara kepada saya." Malam itu, di apartemennya, dia mengungkapkan bahwa dia baru saja melakukan aborsi. Ketika dia kembali di musim dingin, gadis itu telah meninggalkan toko kaset dan apartemennya. Dia menikah, dan sekarang tinggal di Tokyo. Rat masih menulis novel dan mengirimkan manuskrip novelnya kepada narator setiap Natal.

Karakter[sunting | sunting sumber]

Aku

Narator cerita, lahir pada 24 Des 1948. (Murakami lahir pada Jan 12, 1949). "Saya" adalah seorang mahasiswa yang sedang belajar biologi dan kembali ke kota asal mereka untuk liburan musim panas.

Tikus

Dilahirkan pada bulan September, dia dan "aku" menjadi teman pada tahun pertama aku dan aku sering bergaul. Dia tinggal di rumah berlantai 3 dengan rumah kaca di atap.

J

Bartender dari J's Bar, seorang Cina. "Aku" pernah berkomentar bahwa bahasa Jepang J lebih baik daripada bahasa Jepang mereka.

Gadis tanpa jari

Lahir pada 10 Januari. Ia kehilangan jari kelingking kirinya pada usia 8 tahun. Ia memiliki saudara kembar dan bekerja di sebuah toko kaset.

Gadis teman sekelas SMA narator

Dia meminjamkan "Aku" rekaman California Girls di sekolah menengah, dan pada musim panas 1970 mengajukan permintaan yang sama di radio untukku. Dia keluar dari universitas karena sakit pada bulan Maret 1970.

Gadis yang sakit

Gadis berusia 17 tahun ini terjangkit penyakit pada saraf tulang belakangnya dan telah terbaring di tempat tidur selama 3 tahun.

Tiga paman

"Aku" paman pertama memberi mereka sebuah buku yang ditulis oleh Derek Hartfield. Dia meninggal tiga tahun kemudian karena kanker usus. Paman kedua mereka menginjak ranjau darat yang diletakkan sendiri di Shanghai 2 hari setelah berakhirnya Perang Dunia II. Paman ketiga mereka adalah pesulap keliling yang melakukan tur mata air panas di sekitar Jepang.

Tiga gadis yang tidur dengan narator

Yang pertama adalah teman sekelas dan pacar di sekolah menengah. Mereka putus beberapa bulan setelah lulus. Yang kedua adalah seorang gadis hippie berusia 16 tahun yang saya temui di stasiun kereta bawah tanah Shinjuku. Dia tinggal di apartemen mereka selama satu minggu dan pergi. Yang ketiga adalah seorang gadis yang saya temui di perpustakaan universitas. Dia sedang belajar bahasa Prancis. Pada musim semi tahun depan, dia ditemukan menggantung diri di hutan.

DJ dari stasiun radio NEB

Host "Permintaan Telepon Pop" - program radio berdurasi 2 jam, mulai pukul 19:00 setiap hari Sabtu. Diklaim sebagai "Pelawak stand-up". Dia suka mengakhiri programnya dengan "Aku cinta kalian."

Derek Hartfield

Seorang penulis yang menulis banyak fiksi tentang alien dan monster. "Aku" belajar banyak tentang menulis darinya. Pada saat novel ini diterbitkan, banyak saluran untuk informasi seperti internet tidak ada. Karenanya banyak pembaca menganggap Derek Hartfield adalah penulis kehidupan nyata, sedemikian rupa sehingga banyak pustakawan yang bingung menerima permintaan buku yang ditulis oleh Derek Hartfield.[6]

Penghargaan[sunting | sunting sumber]

Referensi budaya[sunting | sunting sumber]

Musik

Lainnya

Edisi bahasa inggris[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Birth of the Pseudo-American Literature", Tokou Kouji, Suiseisha
  2. ^ "サラダ好きのライオン 村上ラヂオ3", Magazine House, July 2012, page 137
  3. ^ "村上春樹 雑文集", Shinchosha, Jan 2011, page 344
  4. ^ Kodansha 100th Anniversary Project "This Book!" - "Hear the Wind Sing"
  5. ^ "やがて哀しき外国語", Kodansha, page 219
  6. ^ "図書館司書という仕事", by Kubo Terumi, Chapter 1
  7. ^ "Kyoto Sangyo University wiki". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2006-12-07. Diakses tanggal 2006-11-25.