Rainy Night in Georgia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
"Rainy Night in Georgia"
Berkas:Rainy night in georgia45.jpg
Singel oleh Brook Benton
dari album Brook Benton Today
Sisi-B"Where Do I Go From Here?"
DirilisDesember 1969[1]
FormatVinyl record (7" 45 RPM)
Direkam1969
GenreR&B, Soul
Durasi3:29
LabelCotillion/Atlantic
PenciptaTony Joe White
ProduserArif Mardin

"Rainy Night in Georgia" adalah lagu yang ditulis oleh Tony Joe White pada tahun 1967 dan dipopulerkan oleh vokalis R&B Brook Benton pada tahun 1970. Awalnya dirilis oleh White pada album 1969-nya, Continued, di Monument Records, tak lama sebelum singel hit Benton dikeluarkan.

Menulis Lagu[sunting | sunting sumber]

Dalam sebuah wawancara 17 Januari 2014 dengan wartawan musik Ray Shasho, Tony Joe White menjelaskan proses pemikiran di balik pembuatan "Rainy Night in Georgia" dan " Polk Salad Annie ".

Ketika saya keluar dari sekolah menengah saya pergi ke Marietta, Georgia, saya memiliki saudara perempuan yang tinggal di sana. Saya pergi ke sana untuk mendapatkan pekerjaan dan saya juga bermain gitar di rumah dan sebagainya. Saya mengendarai truk sampah ke departemen jalan raya dan ketika hujan, Anda tidak harus pergi bekerja. Anda bisa tinggal di rumah dan bermain gitar dan nongkrong sepanjang malam. Jadi pikiran itu kembali ke saya ketika saya pindah ke Texas sekitar tiga bulan kemudian. Saya mendengar " Ode to Billie Joe " di radio dan saya berpikir, bung, betapa nyata, karena saya Billie Joe, saya tahu kehidupan itu. Saya sudah di ladang kapas. Jadi saya pikir jika saya pernah mencoba menulis, saya akan menulis tentang sesuatu yang saya ketahui. Pada saat itu saya sedang melakukan banyak Elvis dan John Lee Hooker di atas panggung dengan drummer saya. Tidak ada lagu asli dan saya belum benar-benar memikirkannya. Tetapi setelah saya mendengar Bobbie Gentry saya duduk dan berpikir ... yah saya tahu tentang Polk karena saya sudah makan banyak dan saya tahu tentang malam hujan karena saya menghabiskan banyak malam yang hujan turun di Marietta, Georgia . Jadi saya benar-benar beruntung dengan percobaan pertama saya untuk menulis sesuatu yang tidak hanya nyata dan cukup dekat dengan kenyataan, namun bertahan selama itu pula. Jadi itu semacam panduan bagi saya saat itu sepanjang hidup untuk selalu mencoba menulis apa yang saya ketahui.

Versi Brook Benton[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1969, setelah beberapa tahun tanpa hit besar, Benton telah menandatangani kontrak dengan label rekaman baru, Cotillion Records (anak perusahaan dari Atlantic Records ), oleh kepala label A&R dan produser Jerry Wexler . Benton merekam lagu pada November 1969 dengan arranger / produser Arif Mardin . Personil sesi pada catatan termasuk Billy Carter pada organ, Dave Crawford pada piano, Cornell Dupree dan Jimmy O'Rourke pada gitar, Harold Cowart pada bass, Tubby Ziegler pada drum, dan Toots Thielemans pada harmonika.

Termasuk dalam album "kembali" Brook Benton Today, lagu melankolis menjadi hit instan. Pada musim semi tahun 1970, lagu tersebut menduduki puncak tangga lagu Billboard Best Selling Soul Singles . Itu juga mencapai nomor empat di Billboard Hot 100, dan nomor dua di chart Adult Contemporary . Di Kanada, lagu tersebut membuat # 2 di chart Hot Singles Magazine RPM, # 2 di AC Chart, dan # 58 di Chart Akhir Tahun 1970.

RIAA mengesahkan emas tunggal untuk penjualan satu juta kopi. Pada tahun 2004, ia berada di peringkat # 498 dalam Daftar 500 Lagu Terbesar Sepanjang Masa dari Rolling Stone .

Cover[sunting | sunting sumber]

"Rainy Night in Georgia"
Berkas:Randy Crawford Rainy Night in Georgia.jpg
Singel oleh Randy Crawford
dari album Secret Combination
Sisi-B"I Got Myself A Happy Song"
Dirilis1981
GenreR&B
Durasi4:22
LabelWarner Bros. Records
PenciptaTony Joe White
ProduserTommy LiPuma
Kronologi singel Randy Crawford
"You Might Need Somebody"
(1981)
"Rainy Night in Georgia"
(1981)
"Secret Combination"
(1981)

Lagu ini telah dicover oleh sejumlah musisi, termasuk Ray Charles, Otis Rush, Gil Parris, Little Milton, Dolla, Hati Batu, Randy Crawford, George Benson, Tennessee Ernie Ford, Al Hirt, Sungai Johnny, Amos Garrett, Hank Williams Jr (# 21 Can. ), Nat Stuckey, duet Conway Twitty / Sam Moore (# 33 Can. ), Arthur Prysock, Aaron Neville, Chris Young, Ana Popovic dan Shelby Lynne . Versi Randy Crawford dari album Secret Combination mencapai No. 18 di UK Singles Chart pada tahun 1981.

David Ruffin merekam versi sampul lagu pada tahun yang sama dengan Benton, tetapi Motown tidak merilis album sampai 2004. BJ Thomas juga merekam lagu itu pada tahun yang sama dengan Benton untuk albumnya Most of All .

Beberapa cover reggae telah direkam termasuk yang oleh: Ken Parker, Lord Tanamo, Nicky Thomas, John Holt, dan band reggae The Gladiators and The Congos . Pada tahun 1967 Pangeran Buster menulis ulang lirik dan merekam versi reggae eksplisit seksual dari lagu ini yang disebut " Big Five ", biasanya ditemukan dengan kata-kata tertentu disensor. Gregory Isaacs melakukan versi gaya dancehall pada awal 90-an.

Cover yang terbaru, yang dibawakan oleh band indie folk-rock Hem dari album mereka No Word from Tom (2006), dan oleh Boz Scaggs dari albumnya Memphis (2013). Band Australia Ross Hanniford Trio merekam sampul lagu di album 1994 mereka. Pada tahun 2000, gitaris Eric Essix meliput lagu di albumnya Southbound . Versi downtempo / chillout yang dipengaruhi elektronik direkam oleh Boozoo Bajou dan Tony Joe White pada tahun 2006. Rod Stewart memasukkan lagu ini di album 2009 Soulbook-nya . Penyanyi Frank Shiner merilis lagu sebagai single pertama dan video dari album 2017 Lonely Town, Lonely Street .

Lagu ini ditampilkan dalam novel Haruki Murakami, Hear the Wind Sing .

Referensi[sunting | sunting sumber]

Templat:Brook Benton Templat:Randy Crawford Templat:Hank Williams, Jr. Templat:Conway Twitty