Who'll Stop the Rain

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
"Who'll Stop the Rain"
Berkas:Travelin' band who'll stop the rain45.jpg
Singel oleh Creedence Clearwater Revival
dari album Cosmo's Factory
Sisi-A"Travelin' Band"
DirilisJanuary 1970
Format7" 45 RPM
GenreFolk rock
Durasi2:29
LabelFantasy
PenciptaJohn Fogerty
ProduserJohn Fogerty
Kronologi singel Creedence Clearwater Revival
"Down on the Corner"
(1969)
"Who'll Stop the Rain"
(1970)
"Up Around the Bend"
(1970)

" Who'll Stop the Rain " adalah lagu yang ditulis oleh John Fogerty dan awalnya direkam oleh Creedence Clearwater Revival untuk album 1970 mereka Cosmo Factory . Didukung dengan " Travelin' Band ", lagu ini merupakan salah satu dari tiga single dua sisi dari album tersebut untuk mencapai lima teratas di tangga lagu Billboard Pop Singles dan yang pertama dari dua yang mencapai urutan ke 2 di tangga lagu Amerika, bersama " Lookin 'Out My Back Door ". Pada tahun 2004, Rolling Stone peringkat # 188 pada daftar " 500 Lagu Terbesar Sepanjang Masa ".

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Lirik, "Who'll Stop the Rain" terbagi menjadi tiga bagian, dengan pendekatan historis, masa lalu, dan saat ini. Ketiga bagian tersebut menyinggung perasaan lesu yang tanpa akhir, direnungkan lewat bagian penggalan lirik lagu ini "good men through the ages", "Five Year Plans and New Deals/wrapped in golden chains", dan generasi Woodstock. Kelesuan itu tidak didefinisikan, tetapi tampaknya menyinggung perasaan bahwa masalah manusia harus ditangani oleh mereka yang ingin memperbaikinya, dan bahwa tidak ada filsuf kuno, pemerintah yang menjanjikan uang, atau generasi Tenaga Bunga yang bisa mendorong mereka keluar dengan pikiran, uang, atau cinta bersama. Tidak akan ada akhir dari peperangan dan kemiskinan dengan rencana ekonomi tambal sulam yang hanya mengatur kembali warga negara menjadi kekuatan produktif baru begitu tekanan untuk perubahan sosial mereda. Kepemimpinan yang korup dalam pemerintahan terus mengobarkan perang abadi yang bertentangan dengan janji kampanye. Daya tarik topikal universal lagu membuatnya tidak biasa pada saat rilis dan memberikan kualitas yang membantu mempertahankan popularitasnya 40 tahun kemudian.

Secara musikal, berbeda dengan "Travelin' Band" yang terinspirasi oleh Rock tahun 1950-an, "Who'll Stop the Rain" memiliki lebih banyak nuansa akustik, folk-rock . Seperti banyak lagu-lagu folk-rock, lagu ini dimulai dengan riff gitar akustik yang berdering, meskipun backing secara keseluruhan memiliki lebih banyak suara root rock daripada yang terdengar pada rekaman folk-rock yang lebih standar.[1] Menafsirkan lagu dalam periode waktunya (1970), dan perasaan mengundurkan diri dari lagu tersebut, banyak yang melihat "Who'll Stop the Rain" sebagai protes terselubung terhadap Perang Vietnam, dengan lirik bait terakhir dan rujukannya untuk musik, kerumunan besar, hujan, dan kerumunan berusaha untuk tetap hangat tentang pengalaman band di Woodstock Festival pada bulan Agustus 1969. Ada juga baris selama bait kedua lagu tentang "rencana lima tahun dan kesepakatan baru yang dibungkus dengan rantai emas" yang mungkin menunjukkan sinisme umum sama sekali tentang politisi yang berpusat pada diri sendiri, gerakan sosial kosong, dan pengaruh perusahaan di dalam pemerintah. Sementara itu, ketika ditanya oleh Rolling Stone tentang arti dari lirik lagu itu, John Fogerty dikutip mengatakan,

Pada 2007 saat konser di Shelburne, Vermont, ia mengatakan yang berikut tentang lagu itu:

Fadeout sepanjang setengah menit dari lagu tersebut, yang mengulang pola gitar yang berulang dari intro, tampaknya memperkuat tema utama lagu 'hujan' yang terus berlangsung, tanpa henti.

Versi lain[sunting | sunting sumber]

Lagu ini juga merupakan lagu yang dibawakan lewat konsernya Bruce Springsteen selama River Tour 1980-81, serta pada leg musim panas 2003 dari Rising Tour . Springsteen dan E Street Band dibuka dengan "Who'll Stop the Rain" setiap kali hujan.[2]

Ketika Creedence Clearwater Revival dilantik ke Rock and Roll Hall of Fame pada tahun 1993, Springsteen menyanyikan lagu itu bersama John Fogerty. Lagu ini juga telah dicover oleh Rudy Rotta, Rod Stewart, Rise Against, Courtney Jaye, The Ventures, dan Vince Neil dan dimasukkan dalam CD / DVD Premonition 1998 John Fogerty. The Stereophonics juga mengcover lagu tersebut sebagai sisi-B untuk single mereka " Local Boy in the Photograph ".

Microdisney menyanyikan lagu ini secara langsung, sering pada tahun 1984 dan setidaknya satu kali pada tahun 1985. Versi lagu mereka disusun ulang dengan gaya mereka, dengan tempo yang lebih cepat dengan bagian instrumental tambahan. Biasanya lagu itu gitaris Sean O'Hagan melakukan vokal di atasnya, tetapi penyanyi biasa Cathal Coughlan bernyanyi pada versi 1985.

Engelbert Humperdinck memasukkan "Who'll Stop the Rain" di album 2009 A Taste of Country .

Pada album Fogerty 2013, Wrote a Song for Everyone, ia merekam ulang lagu itu berduet dengan Bob Seger .

Garth Brooks merekam lagu untuk album The Melting Pot 2013 dalam kompilasi " Blame It All on My Roots: Five Decades of Influences ".

Dwight Yoakam merilis versi lagu sebagai single pada tahun 2014, setelah karakternya, Lyle Chumley, menyanyikan fragmen lagu dalam episode " Force Majeure " dari Under the Dome .[3]

Bill Haley dan Komet merekam versi lagu ini di album mereka "Rock Around the Country".

Lagu ini juga direkam oleh Ronnie Hawkins dan The Hawks pada tahun 1986. Pada '86 mereka akan dipanggil The Band tetapi mereka berpasangan dengan Hawkins lagi untuk satu album.

Versi lagu dengan lirik yang diubah memang ada - terutama di wilayah AS yang mengalami misalnya. Pantai Teluk Texas (terutama Pantai Ketiga dari Pantai Teluk Texas bagian atas hingga Florida Panhandle) di mana tidak adanya cuaca cerah adalah cara hidup.

Lagu ini telah menjadi lagu kebangsaan tidak resmi di Houston, Texas sejak 2014 (termasuk banjir tahun 2015 dan 2016) sebagai hasil dari angin laut yang dikenal oleh penduduk setempat sebagai Teluk Meksiko.

Film[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1978, lagu itu digunakan dalam film Who'll Stop the Rain . Film ini dibintangi Nick Nolte sebagai veteran Vietnam. Awalnya akan disebut Dog Soldiers setelah novel sumber, tetapi ketika produser mendapat hak untuk menggunakan lagu tersebut, mereka mengubah judulnya.[2] Lagu itu juga muncul di film 1989 Powwow Highway . Lagu asli dan versi sampul yang lebih lembut dan lebih lambat dinyanyikan Courtney Jaye termasuk dalam soundtrack December Boys . Klip lagu tersebut muncul di film The War . Lagu itu juga termasuk dalam film Philadelphia . Pada tahun 1990 itu juga digunakan dalam episode musim ketiga dari Tour Of Duty, sebuah serial drama-drama TV yang mengikuti nasib peleton Angkatan Darat AS selama Perang Vietnam. Lagu ini ditampilkan dalam novel Haruki Murakami "Hear the Wind Sing" yang kemudian dibuat menjadi film.

Iklan[sunting | sunting sumber]

Lagu Creedence Clearwater Revival muncul di banyak film dan iklan, sebagian karena John Fogerty "sejak lama menandatangani kendali legal atas rekaman lamanya ke label rekaman Creedence, Fantasy Records." [4] Fogerty menentang apa yang dianggapnya sebagai penyalahgunaan musiknya dalam wawancara NPR:

Orang-orang akan mengingat Forrest Gump dan itu adalah film yang hebat, tetapi mereka tidak ingat semua film yang benar-benar buruk di mana Fantasy Records memasukkan musik Creedence ke: iklan mobil, iklan ban. Saya teringat iklan pengencer cat pada satu titik (sebenarnya, itu adalah Water's Thompson), lagu "Who'll Stop the Rain". Oh Boy. Itu pintar, bukan?

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Who'll Stop the Rain di AllMusic
  2. ^ a b "Who'll Stop The Rain? by Creedence Clearwater Revival Songfacts". Songfacts.com. Diakses tanggal September 19, 2014. 
  3. ^ "Dwight Yoakam singing "Who'll stop the rain". 2x03 Under the dome". YouTube. 2014-08-09. Diakses tanggal 2016-10-03. 
  4. ^ Baker, Bob (November 1, 2002). "Fogerty to Wrangler: Song in ad 'ain't me' - SFGate". Articles.sfgate.com. Diakses tanggal March 26, 2010. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]