After Dark (novel)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
After dark
Edisi pertama (Jepang)
PengarangHaruki Murakami
Judul asliアフターダーク
Afutā Dāku
PenerjemahJay Rubin
Negara Jepang
BahasaJepang
PenerbitKodansha (Jepang)
Harvill Press (Britania Raya)
Alfred A. Knopf (Amerika Serikat)
Tanggal terbit
2004
Tgl. terbit (bhs. Inggris)
Mei 2007
Jenis mediaPrint (Hardcover)
Halaman208
ISBNISBN 0-307-26583-8 (Amerika Serikat)
1-84655-047-5 (Britania Raya)
OCLC81861840

After Dark (アフターダーク, Afutā Dāku) adalah novel tahun 2004 oleh penulis Jepang Haruki Murakami[1]

Plot ringkasan[sunting | sunting sumber]

Terletak di kota metropolitan Tokyo selama satu malam, karakter-karakternya termasuk Mari Asai, seorang siswa berusia 19 tahun, yang menghabiskan malam membaca di Denny's. Di sana ia bertemu Takahashi Tetsuya, seorang siswa yang bermain trombon yang menyukai lagu Curtis Fuller "Five Spot After Dark" di Blues-ette ; Takahashi mengenal saudara perempuan Mari, Eri, yang pernah ia minati, dan menegaskan bahwa kelompok mereka telah bergaul sebelumnya. Sementara itu, Eri sedang tidur nyenyak di sebelah televisi dan tampaknya dihantui oleh sosok yang mengancam.

Mari melintasi jalan dengan pegulat purnawirawan wanita, Kaoru, sekarang bekerja sebagai manajer di sebuah hotel cinta bernama " Alphaville ". Kaoru membutuhkan Mari untuk berbicara dengan seorang pelacur Cina yang baru saja dipukuli di hotel mesum oleh seorang pekerja kantor, Shirakawa. Kelompok itu kemudian mencoba melacak Shirakawa, dan termasuk kelompok Mafia Tiongkok yang 'memiliki' pelacur itu.

Di hotel cinta, Mari juga mendengar kisah beberapa staf yang bekerja di sana dan melirik ke dunia lain yang tersembunyi di bawah dunia yang kita sadari.

Di hotel mesum, Mari juga mendengar kisah beberapa staf yang bekerja di sana dan melirik ke dunia lain yang tersembunyi di bawah dunia yang kita sadari.

Bagian-bagian cerita terjadi di dunia antara kenyataan dan mimpi, dan setiap bab dimulai dengan gambar jam yang menggambarkan perjalanan waktu sepanjang malam.

Karakter[sunting | sunting sumber]

  • Mari Asai, seorang siswa berusia 19 tahun yang belajar filologi Cina. Sebagai seorang anak dia pergi ke sekolah untuk anak-anak Cina. Mari agak pendiam ketika berbicara dengan orang asing tetapi namun tertarik pada "membuat semuanya menjadi benar".
  • Tetsuya Takahashi, seorang siswa bermain trombone yang, bagaimanapun, ingin berhenti berlatih musik dan mulai belajar hukum. Dia agak optimis dan tidak ingin menjalani kehidupan yang besar.
  • Kaoru, seorang pegulat wanita pensiunan sekarang bekerja sebagai manajer di hotel cinta, "Alphaville". Ia bisa dipercaya, jujur, dan selalu mencari keadilan.
  • Shirakawa, seorang pekerja kantor yang memukul pelacur Cina di "Alphaville".

Struktur[sunting | sunting sumber]

Kisah ini dipecah menjadi beberapa bab kecil dengan panjang yang bervariasi dan memiliki garis waktu waktu nyata. Beberapa bab menggambarkan situasi yang terjadi dengan Eri Asai, dan beberapa menggambarkan malam Mari Asai. Namun, seperti biasa, Haruki Murakami menghubungkan dua cerita pada akhirnya.

Novel ini dipenuhi dengan simbol-simbol yang dapat dipahami dengan berbagai cara. Simbol kuat seperti musik, malam, cahaya, kamera, dan televisi yang tidak berfungsi digunakan, dan penulis menyerahkannya kepada para pembacanya untuk menafsirkannya dengan satu atau lain cara.

Tanggapan kritikus[sunting | sunting sumber]

Novel ini menerima peringkat 64% dari agregator ulasan buku iDreamBooks berdasarkan ulasan 17 kritikus. Titik kritik yang umum adalah akhir, atau ketiadaannya, yang banyak kritikus anggap membasmi sisa buku ini.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Kirn, Walter (3 Jun 2007). "In the Wee Small Hours" – via NYTimes.com. 
  2. ^ "After Dark". iDreamBooks. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2020-02-22. Diakses tanggal 2020-02-22. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]