Dendang-laut utara

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Dendang-laut utara
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan:
Filum:
Kelas:
Ordo:
Famili:
Genus:
Spesies:
M. bassanus
Nama binomial
Morus bassanus
(Linnaeus, 1758)
Penyebaran Gannet utara
Sinonim

Sula bassana

Dendang-laut utara (Morus bassanus) adalah burung laut dan merupakan anggota keluarga dendang-laut yang berukuran paling besar, Sulidae. Burung ini memiliki warna dan penampilan yang sama dengan dendang-laut australasia. Koloni burung ini bisa mencapai 60.000 pasang. Burung ini merupakan penyelam dengan kecepatan yang luar biasa.

Deskripsi[sunting | sunting sumber]

Pasangan di Semenanjung Gaspé, Quebec
Memilih target menyelam
Terjun menyelam dengan sayap ditarik
Di Prancis utara
Burung muda berwarna cokelat gelap
Morus bassanus

Burung muda berwarna cokelat gelap pada satu tahun pertama, dan perlahan lahan menjadi lebih putih setiap musim, sampai mencapai dewasa setelah tahun kelima.

Burung dewasa memiliki panjang 81 – 110 cm, dengan berat 2,2 - 3,6 kg dan memiliki bentangan sayap selebar 165 – 180 cm. Sebelum belajar terbang, burung muda (sekitar 10 minggu) dapat memiliki berat sampai 4 kg. Bulunya berwarna putih dengan ujung sayap berwarna hitam. Paruh berwarna kebiru-biruan muda. Mata berwarna biru muda, dan dikelilingi oleh kulit tanpa bulu berwarna hitam. Saat musim berbiak, kepala dan leher bertabur warna kuning lembut.

Penyebaran[sunting | sunting sumber]

Koloni berbiak di Atlantik Utara[2]

Daerah berkembang biak mereka adalah Atlantik Utara. Mereka biasanya bersarang di koloni besar, di tebing yang menghadap ke laut atau di pulau-pulau berbatu kecil. Koloni terbesar burung ini, setidaknya 50.000 pasangan, yang ditemukan di Pulau Bonaventure, Quebec. 68% dari populasi dunia berkembang biak di sekitar pantai Britania Raya dan Irlandia.

Di Britania Raya, Dendang-laut merupakan spesies yang dilindungi. Namun pengecualian secara legal berlaku bagi penduduk asli distrik Ness di Skotlandia, Hebrides Luar, yang diizinkan untuk mengambil hingga 2.000 Gannet per tahun untuk dijadikan sajian tradisional.[3]

Ekologi[sunting | sunting sumber]

Pasangan dendang laut dapat tetap bersama selama beberapa musim. Mereka melakukan ritual penyambutan yang rumit di sarang, merentangkan paruh dan leher ke atas, dan perlahan lahan mengetukkan paruh bersama.Dendang-laut merupakan burung yang bermigrasi, dan sebagian besar musim dingin dihabiskan di laut, menuju lebih jauh ke selatan di Atlantik.

Saat mencari makan, burung ini dapat menyelam dengan kecepatan yang luar biasa, menukik dari atas ke dalam laut dari ketinggian 10 - 40 meter, dengan tubuh lurus dan kaku, sayap terselip dekat dengan tubuh sampai ke punggung, sebelum menembus air seperti panah. Kecepatan sebelum menembus air dapat mencapai 100 km per jam, memungkinkannya menembus air sampai kedalaman 3 - 5 meter di bawah permukaan air, dan kadang mereka berenang ke bawah sampai kedalaman 12 - 15 meter. Jika penyelaman berhasil, dendang-laut akan menelan ikan di bawah air sebelum ia naik ke permukaan, dan tidak pernah terbang dengan membawa ikan di paruhnya. Meskipun mereka penerbang yang kuat dan gesit, mereka kesulitan saat lepas landas dan mendarat.[4]

Mereka umumnya memakan ikan dengan panjang 2,4 - 30,5 cm yang berkumpul di dekat permukaan air. Ikan-ikan kecil yang terlihat (sekitar 80-90% dari makanannya) atau spesies pelagik yang kecil (sebesar cumi-cumi akan dimakan juga. Beberapa spesies makerel, bakalau, sepiring, dan hering lebih sering diambil sebagai makanan.[4]

Walaupun populasi dendang-laut utara saat ini stabil, jumlah mereka pernah berkurang karena hilangnya habitat, pengambilan telur dan terbunuhnya burung dewasa.

Predator yang menyerang telur serta sarang termasuk camar punggung-hitam dan camar-hering amerika, gagak, mustela erminea, dan rubah merah. Satu-satunya predator alami burung dewasa adalah elang botak dan elang ekor-hitam, meskipun hiu besar dan anjing laut kadang-kadang memangsa dendang-laut utara di laut.[5]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ BirdLife International (2012). "Morus bassanus". IUCN Red List of Threatened Species. Version 2012.1. International Union for Conservation of Nature. Diakses tanggal 16 July 2012. 
  2. ^ Cramp, Stanley., K. E. L. Simmons (1977). Handbook of the Birds of Europe, the Middle East, and North Africa: The Birds of the Western Palearctic. ISBN 0-19-857358-8. 
  3. ^ "Birdwatching in the Outer Hebrides". Visit Scotland. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2013-09-06. Diakses tanggal 16 April 2013. 
  4. ^ a b Mowbray, Thomas B. "Northern Gannet — Food Habits — Birds of North America Online". Bna.birds.cornell.edu. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2016-03-03. Diakses tanggal 2011-10-17. 
  5. ^ Mowbray, Thomas B. "Northern Gannet — Behavior — Birds of North America Online". Bna.birds.cornell.edu. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2016-03-03. Diakses tanggal 2011-10-17. 

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]