Dana Penduduk Perserikatan Bangsa-Bangsa

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
United Nations Population Fund

Data
Nama singkatUNFPA, FNUAP, ЮНФПА, FPNU dan ՄԱԿԲՀ
Tipeorganization established by the United Nations (en)
Sejak1969
Tata kelola perusahaan
Kantor pusat
Direktur utamaNatalia Kanem (en) (2017–)
Bagian dariSistem Perserikatan Bangsa-Bangsa
Situs webwww.unfpa.org
Facebook: UNFPA Twitter: UNFPA Instagram: unfpa Youtube: UC1MOaUuMyeBPHiIWr16tAgw

United Nations Population Fund (UNFPA) memulai operasinya tahun 1969 sebagai United Nations Fund for Population Activities (namanya berubah tahun 1987) di bawah administrasi United Nations Development Fund.[1] Tahun 1971 badan ini ditempatkan di bawah otoritas Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa.[2][3][4]

UNFPA mendukung program di empat wilayah, negara Arab dan Eropa, Asia dan Pasifik, Amerika Latin dan Karibia, dan Afrika sub-Sahara. Mereka bekerja di lebih dari 140 negara, teritori dan wilayah. Sekitar tiga perempat staf bekerja di lapangan.

Beberapa tugas UNFPA melibatkan penyediaan suplai dan layanan untuk merawat kesehatan. Mereka juga mendorong partisipasi pemuda dan wanita untuk membantu mengembangkan masyarakat mereka yang terkena dampak dari kesehatan yang buruk yang meluas ke berbagai sektor seperti pencegahan penyakit kelamin termasuk HIV/AIDS.

UNFPA bekerja atas kerjasama dengan badan PBB, pemerintah dan komunitas lainnya. Bekerjasama, badan ini meningkatkan kewaspadaan dan mengelola dukungan dan sumber daya yang dibutuhkan untuk mencapai Millennium Development Goals.

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]