Daftar orang kudus dari Afrika

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Josephine Bakhita, seorang Santa kelahiran Sudan

Ini adalah daftar santo, beato, Venerabilis, dan Pelayan Tuhan dari Afrika, sebagaimana diakui oleh Gereja Katolik atau denominasi Kristen lainnya.[1] Orang-orang ini lahir, meninggal, atau menjalani kehidupan keagamaan mereka di negara bagian atau teritori mana pun di Afrika.

Sebelum Penaklukan Arab[sunting | sunting sumber]

Pada abad-abad pertama Gereja Katolik, Afrika menghasilkan banyak tokoh terkemuka. Kehadiran Katolik di Afrika dilemahkan oleh perpecahan setelah Konsili Kalsedon yang mengakibatkan pemisahan antara Gereja Katolik dan Ortodoks Koptik, dan terlebih lagi dengan bangkitnya Islam. Setelah penaklukan Arab di Afrika utara, Gereja Katolik sebagian besar tidak ada di benua itu sebelum zaman modern, meskipun Gereja Ortodoks Koptik, dan kemudian Etiopia, tetap ada. Berikut ini adalah beberapa orang suci terkemuka dari abad pertama hingga ketujuh, meskipun daftarnya sangat tidak lengkap.

Paus[sunting | sunting sumber]

Tiga dari paus mula-mula berasal dari Afrika sendiri atau anak-anak imigran Afrika yang datang ke Roma. Ketiganya berasal dari periode ini dan secara tradisional dianggap sebagai orang suci. Mereka:

Doktor/Cendekiawan[sunting | sunting sumber]

Tiga dari tiga puluh lima Pujangga Gereja berasal dari Afrika, semuanya berasal dari periode ini. Mereka:

Penulis dan teolog[sunting | sunting sumber]

Banyak penulis dan teolog awal mempunyai hubungan dengan Afrika. Sebagian daftarnya akan mencakup:

Lainnya[sunting | sunting sumber]

Templat:Div kolom akhir

Zaman modern[sunting | sunting sumber]

Sulit untuk mengatakan siapa orang suci pertama yang diasosiasikan dengan Afrika setelah penaklukan Arab. Francis dari Assisi ​​​​yang terkenal melakukan misi ke Mesir pada tahun 1219. Berardo, Ottone, Pietro, Accursio, Adiuto, martir di Maroko (1220). Daniel Fasanella, Samuele, Angelo, Leone, Niccolò, Ugolino, Domno, para martir di Maroko (1227). Louis IX dari Perancis meninggal di Tunisia dalam perjalanan dari Tanah Suci pada tahun 1270. Namun setelah kanonisasi para santo menjadi milik kepausan sekitar tahun 1000 M, dan khususnya setelah berdirinya Kongregasi Ritus pada tahun 1588, daftar orang suci resmi yang memiliki koneksi ke Afrika lebih jelas.

Daftar orang suci[sunting | sunting sumber]

Berikut ini adalah daftar para santo, termasuk tahun di mana mereka dikanonisasi dan negara atau negara-negara yang terkait dengan mereka.

Daftar korban cedera[sunting | sunting sumber]

Daftar Yang Mulia[sunting | sunting sumber]

Daftar Hamba Tuhan[sunting | sunting sumber]

Penyebab lain yang diajukan[sunting | sunting sumber]

Yang lain telah diusulkan untuk beatifikasi, dan mungkin memiliki kelompok aktif yang mendukung tujuan mereka. Ini termasuk:

  • Anna Ali, religius dalam Ordo Ekaristi Mahakudus dan melaporkan mistik. (Kenya) Uskup Keuskupan Katolik Eldoret telah menunjuk satuan tugas untuk menyelidiki kehidupan Anna Ali. Ratusan peziarah mengunjungi makamnya setiap tahun untuk mengenang biarawati yang dilaporkan telah menerima pesan dari Yesus selama 25 tahun dan memotretnya.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Untuk daftar yang lebih lengkap, lihat: sw:Orodha ya Watakatifu wa Afrika
  2. ^ "Paus Fransiskus menambahkan 21 martir Ortodoks Koptik ke dalam daftar santo Katolik - Berita Vatikan". www.vaticannews.va. 
  3. ^ "Agathange yang Terberkati dari Vendôme dan Cassian dari Nantes". Diakses tanggal 9 Januari 2016. 
  4. ^ "LIDUINA MENEGUZZI yang DIBERKATI :: Katolik Kantor Berita (CNA)". Kantor Berita Katolik. Diakses tanggal 9 Januari 2016. 
  5. ^ "Ghebre Michael - Vincentian Encyclopedia". Diakses tanggal 9 Januari 2016. 
  6. ^ Index ac status causarum beatificationis servorum dei et canonizationis beatorum. Typis polyglottis vaticanis. hlm. 36.