Augustus Tolton

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

John Augustus Tolton (1 April 1854 – 9 Juli 1897) adalah seorang imam diosesan Amerika pertama keturunan Afrika. Lahir di Missouri, ia selamat dari perbudakan bersama ibu dan dua saudaranya tahun 1862, dengan menyeberangi Sungai Mississippi menuju Illinois. Pada masa mudanya, ia masuk Sekolah Katolik St. Peter dengan bantuan Pastor Peter McGirr, yang kemudian membaptisnya. Tolton kemudian menjadi putra altar. Setelah tamat SMU dan Quincy College, dia mulai belajar di Roma karena seminari di Amerika pada waktu itu tidak menerima orang kulit hitam.

Dia lalu ditahbiskan pada 24 April 1886 oleh Kardinal Lucido Maria Parocchi, yang kemudian menjadi vikaris jendral Roma. Suratkabar seantero Amerika memberitakan pentahbisannya. Ketika dia kembali pada Juli 1886, dia disambut seperti pahlawan. Ribuan orang kulit hitam dan kulit putih menyambut kedatangannya Pastor Tolton melayani di Quincy sebelum akhirnya ke Chicago untuk memulai paroki untuk orang Katolik kulit hitam tahun 1893.

Pada tanggal 9 Juli 1897, pastor Tolton tersungkur di bawah terik matahari dan kemudian meninggal pada usia 43 tahun, seperti kebanyakan pastor abad ke-19 yang meninggal sebelum mencapai usia 50 tahun. Pastor Tolton dikuburkan di Pemakaman St. Maria dekat Quincy, Illinois.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]