Daftar bendera Thailand

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Bendera Thailand berkibar di depan Kementerian Pertahanan pada tahun 2019, setelah standarisasi warna pada tahun 2017

Ini adalah daftar bendera yang digunakan di Thailand .

Bendera Nasional[sunting | sunting sumber]

Bendera Tanggal Menggunakan Keterangan Penggunaan
1917 – sekarang Bendera Thailand Lima garis mendatar berwarna merah, putih, biru, putih dan merah, garis tengahnya dua kali lebih lebar dari garis lainnya. Warna bendera distandarisasi pada tahun 2017 Bendera Nasional

Bendera Kerajaan[sunting | sunting sumber]

Standar kerajaan[sunting | sunting sumber]

Bendera Tanggal Menggunakan Keterangan
1911– Standar Kerajaan Raja Thailand Bendera persegi polos berwarna kuning dengan gambar Garuda merah menari di tengahnya. Biasanya dipasang di depan mobil yang ditumpangi Raja.
2019 – Standar Ratu Sirikit Ibu Suri Mirip dengan Royal Standard dengan perbandingan 2:3 dengan ujung ekor burung layang-layang dan monogram kerajaan Ratu Sirikit di kanton. [1]
1911– Standar Ratu Thailand King's Standard dengan perbandingan 2:3 dengan ujung ekor walet.
1979– Standar untuk anggota senior keluarga kerajaan (diciptakan untuk Ibunda Putri) Queen's Standard dengan perbandingan 2:3 dengan ujung ekor walet. Kotak tengah berwarna biru menggambarkan Mahkota Kerajaan di atas dua mangkuk di atas meja yang diapit oleh dua payung kerajaan bertingkat lima.
1911– Standar Putra Mahkota Thailand. Standar raja Thailand dengan batas biru.
2019 – Standar Putri Maha Chakri Sirindhorn Persegi panjang berwarna biru tua dengan perbandingan 2:3 dirusak dengan Royal Standard. Benderanya berbentuk ekor burung layang-layang dan memiliki monogram kerajaan Putri Maha Chakri Sirindhorn di kanton. [1]
2019 – Standar Putri Chulabhorn Krom Phra Srisavangavadhana Persegi panjang biru tua dirusak dengan lingkaran kuning. Lingkaran itu menampilkan Garuda merah. Di kanton lapangan biru terdapat monogram kerajaan Putri Chulabhorn Walailak. Benderanya adalah ekor burung layang-layang [1]
1911– Standar untuk Permaisuri Kerajaan Putra Mahkota Thailand. Persegi panjang biru 2:3 dirusak dengan King's Standard. Benderanya berekor burung layang-layang.
1911– Standar untuk pangeran lain di dinasti Chakri. Kotak biru dirusak dengan lingkaran kuning. Lingkaran itu menampilkan Garuda merah.
1911– Standar untuk putri lain di dinasti Chakri. Standar bagi royalti laki-laki dengan perbandingan 2:3 dengan ujung ekor burung layang-layang.
1936– Standar untuk Bupati Thailand. Bendera persegi polos berwarna putih dengan gambar Garuda dan perisai bergambar Bendera Nasional di tengahnya.

Bendera pribadi kerajaan[sunting | sunting sumber]

Bendera Tanggal Menggunakan Keterangan
2016–sekarang Bendera Pribadi Raja Vajiralongkorn Bendera kuning ( warna ulang tahun Raja), bagian tengahnya menggambarkan Royal Cypher ( ว.ป.ร. : มหา ชิราลงกรณ รม าชาธิราช : Maha v ajiralongkorn P arama r ajadhiraja (setara dengan Vajiralongkorn Rex dalam bahasa Thailand), di atasnya terdapat Mahkota Kemenangan Besar, di antaranya terdapat angka Thailand 10.
1946–2016 Bendera pribadi Raja Bhumibol Adulyadej Bendera kuning ( warna ulang tahun Raja), bagian tengahnya menggambarkan sandi kerajaan " ภ.ป.ร. ", di atasnya terdapat Mahkota Kemenangan Besar, di antaranya terdapat simbol Thailand untuk angka 9, menandakan pemerintahannya sebagai Rama IX .
1950–sekarang Bendera Pribadi Ibu Suri Sirikit Bendera biru ( warna ulang tahun Ratu), bagian tengahnya menggambarkan Royal Cypher ( ส.ก. : สิ ริ กิ ติ์ : S iri k it), di tengahnya adalah Royal Cypher milik Ratu Sirikit, di atasnya terdapat Mahkota Kemenangan Besar.
2019–sekarang Bendera Pribadi Ratu Suthida Bendera ungu ( warna ulang tahun Ratu), bagian tengahnya menggambarkan Royal Cypher ( ส.ท. : สุทิ ดา : S u th ida), yang di tengah adalah Royal Cypher milik Ratu Suthida, di atasnya terdapat Mahkota Kemenangan Besar.
1977 – sekarang Bendera Pribadi Putri Maha Chakri Sirindhorn Bendera ungu ( warna ulang tahun sang Putri), bagian tengahnya menggambarkan Royal Cypher ( ส.ธ. : สิ ริน ร : S irin dh orn), bagian tengahnya adalah Royal Cypher, di atasnya terdapat mahkota yang disederhanakan.
1982–sekarang Bendera Pribadi Putri Chulabhorn Walailak Bendera oranye ( warna ulang tahun sang Putri), bagian tengahnya menggambarkan Royal Cypher ( จ.ภ. : จุ ฬา รณวลัยลักษณ์ : C hula bh orn), di tengahnya adalah Royal Cypher, di atasnya terdapat mahkota yang disederhanakan.
2001–sekarang Bendera Pribadi Putri Ubolratana Rajakanya Bendera merah ( warna ulang tahun sang Putri), bagian tengahnya menggambarkan Royal Cypher ( อ.ร. : อุ บล รั ตนราชกัญญา : U bol r atana), bagian tengahnya adalah Royal Cypher, tetapi tidak di atasnya dengan mahkota yang disederhanakan.
1977 – sekarang Bendera Pribadi Putri Soamsawali Bendera ungu ( warna ulang tahun sang Putri), bagian tengahnya menggambarkan Royal Cypher ( ส.ส. : โ วลี : S oam s awali), di tengahnya adalah Royal Cypher, di bawah tanda suci Buddha/Hindu "Unalome".
2019–sekarang Bendera Pribadi Putri Bajrakitiyabha Bendera oranye ( warna ulang tahun sang Putri), bagian tengahnya menggambarkan Royal Cypher ( พ.ภ. : พั ชรกิติยา า : B ajrakitiya bh a), bagian tengahnya adalah Royal Cypher, di atasnya terdapat mahkota yang disederhanakan.
Bendera Pribadi Putri Sirivannavari Nariratana Bendera oranye ( warna ulang tahun sang Putri), bagian tengahnya menggambarkan Royal Cypher ( ส.ร. : สิ ริวัณณว รี นารีรัตน์ : S irivannava r i), di tengahnya adalah Royal Cypher, di atasnya terdapat mahkota yang disederhanakan.
Bendera Pribadi Pangeran Dipangkorn Rasmijoti Bendera biru ( warna ulang tahun Pangeran), bagian tengahnya menggambarkan Royal Cypher ( ท.ป. : ทีปั ง กรรัศมีโชติ : D i p angkorn), bagian tengahnya adalah Royal Cypher, di atasnya terdapat mahkota yang disederhanakan.
1982–sekarang Bendera Pribadi Putri Siribhachudabhorn Bendera biru ( warna ulang tahun sang Putri), bagian tengahnya menggambarkan Royal Cypher ( ส.ภ. : สิ ริ าจุฑาภรณ์ : S iri bh achudabhorn), di tengahnya adalah Royal Cypher, di atasnya terdapat tiara bercahaya.
2016–sekarang Bendera Pribadi Putri Aditayadornkitikhun Bendera ungu ( warna ulang tahun sang Putri), bagian tengahnya menggambarkan Royal Cypher ( อ.ก. : ทิตยาทร กิ ติ คุณ : A ditayadorn k itikhun), yang di tengah adalah Royal Cypher.

Bendera militer[sunting | sunting sumber]

Bendera Tanggal Menggunakan Keterangan
1979– Bendera Markas Besar Angkatan Bersenjata Kerajaan Thailand Bendera Merah, Biru Laut dan Biru Langit dengan lambang Angkatan Bersenjata Kerajaan Thailand : di tengah tiga warna terdapat lencana Markas Besar dengan Cakra emas, dengan jangkar dengan rantai emas dan Sayap emas, dikelilingi oleh karangan bunga emas. (dari Hukum Bendera BE2522 (1979)).
Bendera Tentara Kerajaan Thailand Bendera merah dengan lambang Tentara Kerajaan Thailand : cakra di bawah Unalom dan mahkota kerajaan Thailand dengan sinar diapit oleh karangan bunga (dari Hukum Bendera BE2522 (1979)).
Bendera Angkatan Laut Kerajaan Thailand Bendera biru laut dengan lambang Angkatan Laut Kerajaan Thailand di lingkaran putih (dari Hukum Bendera BE2522 (1979)).
Bendera Angkatan Udara Kerajaan Thailand Bendera langit biru dengan lambang Angkatan Udara Kerajaan Thailand : sayap dengan Unalom di bawah mahkota dan sinar kerajaan Thailand (dari Hukum Bendera BE2522 (1979)).
Bendera Panglima Angkatan Pertahanan Bendera berwarna merah, biru laut, dan biru langit dengan lambang Angkatan Bersenjata Kerajaan Thailand dengan bintang lima di bawahnya.
Bendera untuk Panglima Angkatan Darat Kerajaan Thailand Bendera merah dengan lambang Tentara Kerajaan Thailand dengan lima bintang di bawahnya.
1897– Bendera untuk Panglima Angkatan Laut Kerajaan Thailand Bendera biru laut dengan lambang Angkatan Laut Kerajaan Thailand.
1979– Bendera untuk Panglima Angkatan Udara Kerajaan Thailand Bendera biru langit dengan batas kuning dan lambang Angkatan Udara Kerajaan Thailand dengan perisai bergambar bendera Nasional.

Bendera agama[sunting | sunting sumber]

Bendera Tanggal Menggunakan Keterangan
1958– Bendera Dharmacakra —Buddha Kuning adalah warna agama Buddha, bagian tengahnya menggambarkan Thammachak Merah, simbol Organisasi Buddha dan Umat Buddha di Thailand.

Bendera provinsi[sunting | sunting sumber]

Bendera Keterangan
Bendera provinsi Amnat Charoen
Bendera provinsi Ang Thong
Bendera Bangkok
Bendera provinsi Bueng Kan
Bendera provinsi Buriram
Bendera provinsi Chachoengsao
Bendera provinsi Chai Nat
Bendera provinsi Chaiyaphum
Bendera provinsi Chanthaburi
Bendera provinsi Chiang Mai
Bendera provinsi Chiang Rai
Bendera provinsi Chonburi
Bendera provinsi Chumphon
Bendera provinsi Kalasin
Bendera provinsi Kamphaeng Phet
Bendera provinsi Kanchanaburi
Bendera provinsi Khon Kaen
Bendera provinsi Krabi
Bendera provinsi Lampang
Bendera provinsi Lamphun
Bendera provinsi Loei
Bendera provinsi Lopburi
Bendera provinsi Mae Hong Son
Bendera provinsi Maha Sarakham
Bendera provinsi Mukdahan
Bendera provinsi Nakhon Pathom
Bendera provinsi Nakhon Phanom
Bendera provinsi Nakhon Ratchasima
Bendera provinsi Nakhon Sawan
Bendera provinsi Nakhon Si Thammarat
Bendera provinsi Nan
Bendera provinsi Narathiwat
Bendera provinsi Nong Bua Lamphu
Bendera provinsi Nong Khai
Bendera provinsi Nonthaburi
Bendera provinsi Pathum Thani
Bendera provinsi Pattani
Bendera provinsi Phang Nga
Bendera provinsi Phatthalung
Bendera provinsi Phayao
Bendera provinsi Phetchabun
Bendera provinsi Phetchaburi
Bendera provinsi Phichit
Bendera provinsi Phitsanulok
Bendera provinsi Phra Nakhon Si Ayutthaya
Bendera provinsi Phuket
Bendera provinsi Prachin Buri
Bendera provinsi Prachuap Khiri Khan
Bendera provinsi Ranong
Bendera provinsi Ratchaburi
Bendera provinsi Rayong
Bendera provinsi Roi Et
Bendera provinsi Sa Kaeo
Bendera provinsi Sakon Nakhon
Bendera provinsi Samut Prakan
Bendera provinsi Samut Sakhon
Bendera provinsi Samut Songkhram
Bendera provinsi Saraburi
Bendera provinsi Satun
Bendera provinsi Sing Buri
Bendera provinsi Sisaket
Bendera provinsi Songkhla
Bendera provinsi Sukhothai
Bendera provinsi Suphan Buri
Bendera provinsi Surat Thani
Bendera provinsi Surin
Bendera provinsi Tak
Bendera provinsi Trang
Bendera provinsi Trat
Bendera provinsi Ubon Ratchathani
Bendera provinsi Udon Thani
Bendera provinsi Uthai Thani
Bendera provinsi Uttaradit
Bendera provinsi Yala
Bendera provinsi Yasothon

Bendera jaman dulu[sunting | sunting sumber]

Bendera Tanggal Menggunakan Keterangan
C. 1680–1782 Panji Siam Bendera persegi panjang polos berwarna merah.
1782–1817 Panji negara Siam Bendera merah dengan cakra putih.
1817–1832 Panji negara Siam Bendera merah dengan gajah putih di dalam cakra.
1832–1916 Bendera Siam Seekor gajah putih menghadap ke arah bendera merah. Disebut dalam bahasa Thailand " Thong Chang " (ธงช้างเผือก) [2] (bendera gajah). Umumnya dikaitkan dengan pemerintahan Rama IV tetapi pertama kali dilaksanakan pada masa pemerintahan Rama III.[3]
1916–1917 Bendera negara dan panji Siam Bendera merah dengan gajah putih di regalia.
1917 Bekas bendera Siam Bendera lima garis horizontal seperti Trairanga tetapi garis tengahnya berwarna merah. Saat ini digunakan oleh beberapa anti-monarki karena tidak adanya warna biru yang melambangkan monarki.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c ราชกิจจานุเบกษา, ระเบียบส่วนราชการในพระองค์ว่าด้วยการใช้ การเชิญ การแสดงธงพระอิสริยยศและการถวายความเคารพโดยใช้ธงชัยเฉลิมพล พ.ศ. ๒๕๖๒, เล่ม 136, ตอนพิเศษ 117 ง, 10 พฤษภาคม พ.ศ. 2562, หน้า 2–12
  2. ^ Roberto Breschi. "Siam Bandiera mercantile 1839" (dalam bahasa Italia). Diarsipkan dari versi asli tanggal 8 December 2004. Diakses tanggal 25 September 2004. 
  3. ^ Supplement of The Singapore Free Press 26th October 1843