Columbia (personifikasi)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Personifikasi Columbia mengenakan pakaian bermotif bendera Amerika Serikat dan topi Frigia, yang mewakili kebebasan dan semangat kebebasan, dari poster patriotik Perang Dunia II

Columbia (/kəˈlʌmbiə/; kə-LUM-bee-ə), juga dikenal sebagai Miss Columbia, adalah personifikasi nasional Amerika Serikat yang berwujud seorang perempuan. Nama ini juga merupakan nama historis untuk menyebut benua Amerika dan Dunia Baru. Nama ini digunakan dalam banyak tempat, objek, institusi dan perusahaan Amerika Serikat, seperti Distrik Columbia; Columbia, Carolina Selatan; Universitas Columbia; "Hail, Columbia"; Columbia Rediviva; dan Sungai Columbia. Citra Patung Liberty (Liberty Enlightening the World, dibentuk tahun 1886) secara garis besar menggantikan personifikasi Columbia sebagai simbol berwujud perempuan untuk Amerika Serikat sejak tahun 1920, meskipun Lady Liberty dipandang sebagai aspek dari Columbia.[1] Penampilan Columbia yang paling dikenal pada abad ke-21 adalah sebagai bagian dari logo studio film Hollywood bernama Columbia Pictures.

Columbia adalah toponim Neo-Latin, digunakan sejak tahun 1730an untuk merujuk kepada Tiga Belas Koloni yang membentuk Amerika Serikat. Nama ini berasal dari penjelajah asal Genova bernama Christopher Columbus dan dari akhiran Latin -ia, yang umum digunakan dalam penamaan negara dalam bahasa Latin (serupa dengan Britannia, Gallia, Zealandia, dan lainnya).

  1. ^ Donald Dewey (2007). The Art of Ill Will: The Story of American Political Cartoons. New York University Press. hlm. 13. ISBN 9780814719855. Diakses tanggal 1 February 2020. (Minus the torch and the book, Columbia herself had been called 'Liberty' long before F. S. Bartholdi's sculpture was dedicated in New York harbor in 1886.)