Coinbase

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Coinbase, Inc.
Coinbase
Didirikan San Francisco, California, Amerika Serikat (20 Juni 2012)
Markas San Francisco, California, Amerika Serikat
Wilayah operasi 33 negara bagian AS dan beberapa negara lainnya
Pendiri Brian Armstrong
Fred Ehrsam
Produk Bitcoin, Ethereum, Litecoin, pasar aset digital
Situs web coinbase.com
Pengguna 7.400.000 (May 2017)[1]
[2][3][4]

Coinbase merupakan perusahaan dompet Bitcoin yang didirikan pada Juni 2012 oleh Brian Armstrong dan Fred Ehrsam.

Riwayat[sunting | sunting sumber]

Pada Juni 2012, Coinbase didirikan oleh Brian Armstrong dan Fred Ehrsam. Pada Oktober 2012, perusahaan tersebut meluncurkan layanan jual-beli Bitcoin melalui transfer bank. Coinbase adalah sebuah platform yang memfasilitasi penggunaan mata uang digital Bitcoin secara mudah bagi konsumen dan pedagang, termasuk jual-beli Bitcoin, penyimpanan Bitcoin secara aman di awan, dan alat perdangangan mata uang.

Pada Mei 2013, perusahaan tersebut menerima investasi sebesar $ 5 juta, yang dipimpin oleh FredWilson, dari perusahaan modal ventura Union Square Ventures. Pada Desember tahun 2013, perusahaan itu menerima investasi sebesar $ 25 juta, dari perusahaan modal ventura Andreessen Horowitz, Union Square Ventures, dan Ribbit Capital.

Pada tahun 2014, jumlah pengguna Coinbase tumbuh menjadi satu juta, mengakusisisi layanan penjelajah blockchain Blockr dan perusahaan markah buku web Kippt, jaminan asuransi nilai bitcoin disimpan pada server mereka, dan meluncurkan sistem penyimpanan bitcoin secara aman. Sekitar tahun 2014, perusahaan tersebut juga membentuk kemitraan dengan Overstock, Dell, Expedia, Dish Network, Time Inc, dan Wikipedia untuk menerima pembayaran bitcoin. Perusahaan ini juga menambahkan layanan pengolahan bitcoin pembayaran kepada perusahaan-perusahaan pembayaran tradisional Stripe, Braintree, dan PayPal.

Pada Januari 2015, Coinbase menerima investasi sebesar $ 75 juta, yang dipimpin oleh Draper Fisher Jurvetson, New York Stock Exchange, USAA dan beberapa bank lainnya, "tampaknya pertama kalinya lembaga keuangan tradisional telah mengambil bagian secara langsung dalam sebuah perusahaan bitcoin." Kemudian pada bulan Januari perusahaan itu meluncurkan sebuah pasar bitcoin daring.

Pada Mei 2016, perusahaan memanggil dirinya sebagai Pasar Aset Digital Global (Global Digital Asset Exchange, GDAX) dan mulai menawarkan eter, tanda nilai Ethereum, di perdangangannya.

Produk[sunting | sunting sumber]

Coinbase memiliki dua produk inti: perdagangan mata uang bitcoin dan fiat; dan API untuk pengembang dan pedagang untuk membangun aplikasi dan menerima pembayaran bitcoin. Perusahaan menawarkan fungsi perdagangan (jual-beli) di 25 negara, sementara dompet tersedia di 190 negara di seluruh dunia.

Pertukaran dapat dilakukan melalui bank transfer atau kawat, dan perdagangan di bursa memiliki model harga pengambil/pembuat yang mana pedagang membayar biaya tambahan sebesar 0,25% (pengambil) atau nihil (pembuat) untuk melaksanakan perdagangan.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Nermin Hajdarbegovic (2013-12-19). "Coinbase passes 650,000 users in less than a year". CoinDesk. Diakses tanggal 2014-01-10. 
  2. ^ "About Coinbase". Coinbase. Diakses tanggal 1 Oct 2014. 
  3. ^ "Company Overview of Coinbase, Inc". Bloomberg News. Diakses tanggal 1 July 2014. 
  4. ^ "Coinbase". LinkedIn. Diakses tanggal 1 July 2014.