Cluedo

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Cluedo
The Classic Mystery Game
Cluedo.png
Boks Cluedo (edisi 2007, non-Amerika Utara)
PerancangAnthony E. Pratt[1]
PenerbitHasbro
Waddingtons
Parker Brothers
Winning Moves Games USA
Tanggal publikasi1949; 73 tahun lalu (1949)
Jumlah pemain2-6 Pemain (tergantung edisinya)
Kelompok umur8+
Waktu persiapan5 menit
Waktu permainan10 s/d 60 menit
Kesempatan acakRendah (kocok dadu)
Keterampilan yang dibutuhkanDeduksi

Cluedo (/ˈkld/), juga disebut dengan Clue di Amerika Utara, adalah permainan papan misteri pembunuhan untuk tiga s/d enam pemain (tergantung edisinya) yang dirancang oleh Anthony E. Pratt dari Birmingham, Inggris pada 1943.[1] Permainan ini pertama kali diproduksi oleh Waddingtons di Britania Raya pada tahun 1949. Sejak itu, permainan ini telah beberapa kali diluncurkan kembali dan diperbarui; saat ini dimiliki dan dipublikasi oleh perusahaan permainan dan mainan Amerika Hasbro.

Tujuan permainan ini adalah untuk menentukan siapa yang membunuh korban di dalam permainan, di mana kejahatan itu terjadi, dan senjata apa yang digunakan. Setiap pemain berperan sebagai salah satu dari enam tersangka dan mencoba untuk menyimpulkan jawaban yang benar dengan bergerak secara strategis di sekitar papan permainan yang mewakili kamar-kamar sebuah rumah besar dan mengumpulkan petunjuk tentang keadaan pembunuhan dari pemain lain.

Sejumlah gim, buku, film, serial televisi, dan teater musikal telah dirilis sebagai bagian dari waralaba Cluedo. Beberapa versi spin-off telah dirilis yang menampilkan sejumlah karakter, senjata, dan kamar tambahan, atau aturan permainan yang berbeda. Papan permainan versi asli dipasarkan dengan jargon "Gim Detektif Klasik", dan semua versi spin-off dibedakan dengan slogan yang berbeda.

Pada tahun 2008, Cluedo: Discover the Secrets dibuat (dengan perubahan pada papan, aturan permainan, dan karakter) sebagai versi spin-off modern, tetapi dikritik oleh media massa dan para penggemar dari versi aslinya. Cluedo: The Classic Mystery Game kemudian diperkenalkan pada 2012, yang kembali ke formula klasik ciptaan Pratt tetapi juga menambahkan beberapa variasi.

Permainan[sunting | sunting sumber]

Peralatan[sunting | sunting sumber]

Gim terdiri dari satu papan yang menunjukkan kamar-kamar, koridor, dan jalan rahasia dari rumah pedesaan Inggris yang dinamai Tudor Mansion (atau Tudor Close, Tudor Hall, Arlington Grange, Boddy Manor, atau Boddy Mansion di beberapa edisi) di Hampshire, Inggris, pada 1926. Kotak permainan juga memiliki beberapa potongan untuk mewakili karakter, senjata mainan berukuran mini, dua dadu bersisi enam, tiga set kartu (mendeskripsikan kamar, karakter, dan senjata), Solution Cards (Kartu Jawaban), serta satu amplop (atau cermin di beberapa edisi) untuk menyimpan satu kartu dari masing-masing set kartu, dan Detective's Notes (Catatan Detektif) berupa daftar kamar, senjata, dan karakter yang dicetak di atas kertas, sehingga para pemain dapat mencatat detail-detail sepanjang permainan.

Karakter[sunting | sunting sumber]

Korban pembunuhan di dalam gim dikenal sebagai "Dr. Black" dalam edisi Britania Raya, dan "Mr. Boddy" dalam versi Amerika Utara.

Token para pemain biasanya adalah pion atau figurin; Cluedo edisi standar memiliki enam calon pelaku:

  • Miss Scarlett (huruf "T" kedua dihilangkan dalam versi Amerika Utara pada 1963-2016), diwakili dengan token merah.
  • Rev Green ("Mr. Green" di Amerika Utara), diwakili dengan token hijau.
  • Colonel Mustard, diwakili dengan token kuning.
  • Professor Plum, diwakili dengan token ungu.
  • Mrs. Peacock, diwakili dengan token biru.
  • Mrs. White, diwakili dengan token putih.

Pada 2016, Hasbro meluncurkan versi standar terbaru dengan karakter baru, "Dr. Orchid", yang menggantikan Mrs. White, dan diwakili dengan token putih. Tahun berikutnya, Hasbro telah membuat edisi Clue/Cluedo dengan cermin dan bukan amplop.

Senjata[sunting | sunting sumber]

Ikon senjata biasanya dibuat dari pion logam (kecuali tali, yang mungkin terbuat dari plastik atau tali sungguhan); versi khusus dari gim ini meliputi pion berlapis emas, berbahan kuningan, dan sterling silver.

Kamar[sunting | sunting sumber]

Terdapat sembilan kamar di dalam rumah di mana pembunuhan bisa terjadi, disajikan melingkari kotak papan, dan terpisahkan dengan selasar dengan area bermain tersendiri. Masing-masing kamar di keempat sisi ujung memiliki jalan rahasia menuju kamar yang lokasinya berlawanan secara diagonal. Ruangan tengah (biasanya disebut sebagai Cellar (gudang penyimpanan bawah tanah) atau Stairs (tangga)) tidak dapat diakses pemain, namun memiliki amplop yang berisi jawaban, dan tidak digunakan sepanjang permainan. Area "mulai" yang berwarna mengelilingi perimeter terluar yang mewakili token setiap pemain. Masing-masing pemain mulai berjalan dari area yang sesuai dengan warnanya.

 †     Ballroom
(ruang dansa)
    ‡ 
Kitchen
(dapur)
Conservatory
(solarium)
Dining Room
(ruang makan)
Cellar
(rubanah)
(tempat amplop)
Billiard Room
(ruang biliar)
Library
(perpustakaan)
Hall
(aula)
Lounge
(ruang santai)
Study
(ruang belajar)
 ‡ † 

† ‡ menandai jalan rahasia ke ujung seberangnya

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Treneman, Ann (12 November 1998). "Mr Pratt, in the old people's home, with an empty pocket". The Independent. Diarsipkan dari versi asli tanggal February 10, 2015. Diakses tanggal July 13, 2015. 
  2. ^ Dreyse M1907 WORLD WAR II[sumber terbitan sendiri?][pranala nonaktif]