CityVille

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
CityVille
Cityville zynga.jpg
PengembangZynga
PlatformInternet
Tanggal rilisFacebook
2 Desember 2010 Google+
26 September 2011
GenreSimulasi membangun kota, konstruksi dan manajemen kota
ModePermainan tunggal yang dapat berinteraksi dengan banyak pemain.
Screenshot dari permainan CityVille dalam Bahasa Indonesia

CityVille adalah permainan online yang dapat dimainkan melalui jejaring sosial Facebook dan Google+ . Permainan yang mengusung tema simulasi membangun kota ini merupakan permainan yang dikembangkan oleh perusahaan pembuat permainan jejaring sosial, Zynga. Permainan ini resmi dirilis pada bulan Desember 2010.

Cara memainkannya tidak jauh dengan SimCity, yaitu membangun kota dengan berbagai gedung-gedung, persawahan, dan rumah-rumah. Disini pemain berusaha untuk menciptakan dan mengembangkan kota-kota mereka sendiri. Dimulai dari kota kecil hingga menjadi sebuah kota yang besar.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Permainan CityVille pertama kali di umumkan pada tanggal 18 November 2010, namun permainan tersebut resmi diluncurkan pada bulan Desember, dengan alasan, agar Zynga dapat menyesuaikan permainannya tersebut dengan para pengguna jejaring sosial. Permainan ini memiliki 100.000 pemain pada hari peluncurannya, sehingga permainan tersebut masuk kedalam barisan aplikasi facebook terpopuler.

Pada tanggal 2 Januari 2011, pengguna aktif pemain CityVille melebihi jajaran nomor satu permainan facebook, Farmville. Meskipun Farmville adalah salah satu permainan yang dihasilkan oleh perusahan Zynga, namun para pengguna jejaring sosial Facebook lebih antusias untuk memainkan CityVille ketimbang permainan pendahulunya. Kini CityVille telah mempunyai 2.904.678 pengikut dan pemain aktif.

Pada Desember 2012, CityVille tidak tersedia lagi dalam Bahasa Indonesia. Pemain diwajibkan menggantinya ke Bahasa Inggris tau bahasa lain yang mudah dimengerti.

Pada tanggal 30 April 2015, Zynga secara resmi menutup permainan ini dengan tidak memberi pemberitahuan kepada para pemain sebelumnya.

Permainan[sunting | sunting sumber]

Permainan CityVille tidak jauh berbeda dengan permainan simulasi membangun kota lainnya. Di dalam permainan ini, memungkinkan kita untuk menjadi wali kota sebuah kota virtual, di mana kita diberi tugas untuk membangun dan mengawasi perkembangan kota agar menjadi sebuah kota metropolitan yang besar. Dibantu dengan tokoh karakter Samntha, para pemain diberikan petunjuk mulai dari awal permainan, sehingga pemain mengerti bagaimana cara memainkannya dan mengerti cara menggunakan menu-menu yang telah disediakan.

Pada awal permainan, pemain diberikan kota yang berukuran kecil. Pemain dituntut untuk dapat mengembangkan kota kecil tersebut menjadi kota besar dengan menciptakan pembangunan-pembangunan seperti perkantoran, pertokoan, perumahan, apartemen, dan juga pabrik. Selain membangun gedung dan bangunan lainnya, pemain dapat menanam tanaman yang hasilnya dapat dijadikan pasokan untuk beberapa bangunan. Pemain juga dapat mengunjungi kota tetangga yang tidak lain adalah teman facebook mereka. Ketika pemain mengunjungi kota yang lainnya, pemain dapat melakukan lima pekerjaan yang dapat menambah penghasilan dan reputasi kota si pemain.

Tujuan utama permaianan CityVille ini, selain mengajak para pemain membangun kotanya sendiri, para pemain juga diajak untuk menyelesaikan beberapa misi. Dalam misi tersebut, para pemain dituntut untuk membangun beberapa bangunan, menanam beberapa tanaman, dan tugas-tugas lainnya untuk mengembangkan isi kota.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]