Ciputra Artpreneur

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Logo Ciputra Artpreneur
Interior Ciputra Artpreneur Theater

Ciputra Artpreneur merupakan satu-satunya pusat seni di Indonesia yang memiliki teater berstandar internasional[1] dengan kapasitas 1.157 kursi, Galeri atau hall multifungsi yang dapat mengakomodir tamu hingga 2.000 orang, dan Museum yang menampilkan karya Hendra Gunawan terbesar di Indonesia yang merupakan koleksi pribadi Dr. (HC) Ir. Ciputra.[2] Ciputra Artpreneur merupakan tempat yang tepat untuk menyelenggarakan berbagai acara, mulai dari pameran, konferensi, konser, product launching, fashion show, pertunjukan tari & teater, gala dinner, hingga pernikahan.

Pengunjung dapat menyaksikan berbagai kesenian lokal maupun internasional di Ciputra Artpreneur. Ciputra Artpreneur sebagai pionir penyelenggara Broadway pertama di Indonesia telah menampilkan beberapa pertunjukan musikal Broadway.[3] Berdirinya Ciputra Artpreneur di tengah pusat ekonomi Jakarta, diharapkan dapat membangkitkan serta mengembangkan industri kreatif Indonesia melalui kegiatan-kegiatan pemberdayaan berbasis seni dan budaya dengan cakupan yang luas dari seni rupa, seni kriya dan desain, arsitektur, seni pertunjukan, serta seni musik.

Berlokasi di pusat bisnis segitiga emas ibu kota Jakarta, Ciputra Artpreneur menempati lantai teratas Ciputra World 1 Jakarta, yang merupakan sebuah kompleks besar mencakup DBS Tower, Hotel Raffles Jakarta, Ascott Kuningan Jakarta, dan Lotte Shopping Avenue.

Galeri[sunting | sunting sumber]

Ciputra Artpreneur Gallery merupakan ruang serba guna yang dapat digunakan untuk beragam acara. Gallery seluas 1.500 meter persegi ini memiliki fasilitas layar proyeksi yang memenangkan award dari MURI (Museum Rekor Indonesia) untuk sistem proyeksi audio visual terpanjang di Indonesia berukuran 60 x 12 meter. Keunggulan lainnya yang dimiliki Gallery Ciputra Artpreneur adalah adanya pemandangan lepas kota Jakarta. Beberapa acara yang pernah diselenggarakan di Ciputra Artpreneur Gallery seperti UOB Painting of The Year, Fashion Show Sebastian Gunawan, Launching Google Android, pameran mobil, seminar, atau pernikahan.[4]

Museum[sunting | sunting sumber]

Ciputra Artpreneur Museum memamerkan 32 lukisan dan 18 sketsa karya Hendra Gunawan, seniman maestro modern Indonesia. Ini merupakan karya Hendra Gunawan terbesar di Indonesia, koleksi pribadi Dr. (HC) Ir. Ciputra.[5] Pendirian Museum Ciputra Artpreneur berawal dari persahabatan yang erat antara Ciputra dengan Hendra Gunawan. Datang dan nikmati koleksi karya Hendra Gunawan terbesar di Indonesia, Selasa - Minggu, Pk 12.00 - Pk 18.00.

Theater[sunting | sunting sumber]

Ciputra Artpreneur Theater yang berstandar internasional[6] merupakan salah satu keunggulan yang dimiliki oleh Ciputra Artpreneur. Theater ini merupakan theater pertunjukan tertinggi (terletak di lantai 13) di Asia yang memiliki kapasitas 1.157 kursi, dilengkapi dengan sound system terbaik dari Meyer MICA, serta memiliki kualitas tata pencahayaan, suara, dan akustik yang berstandar internasional. Ciputra Artpreneur Theater telah menyelenggarakan pertunjukan Broadway pertama di Indonesia, yaitu Beauty and The Beast,[7] dan berbagai pertunjukan internasional lainnya seperti Shrek The Musical, Annie, The Red Lantern, Toyota Classic Concert, serta pertunjukan lokal, seperti Opera Carmen oleh The Resonanz, Lasem by D’Art Beat, Di Atas Rata-Rata oleh Erwin Gutawa & Gita Gutawa, Janji Toba oleh Banyu Wening, dan Senandung Keroncong Indonesia oleh Sundari Soekotjo.

Penghargaan[sunting | sunting sumber]

  • Gold Winner dalam ajang penghargaan FIABCI Prix d'Exellence Award 2016[8]
  • 2 Penghargaan dari Museum Rekor Indonesia (MURI), yaitu: Galeri pameran dengan layar proyeksi terbesar, dan Theater pertunjukkan di lantai tertinggi (terletak di lantai 13)[9]
  • Gold Winner dalam ajang penghargaan REI (Real Estate Indonesia) Property Awards 2016 Kategori Purpose Build
  • The Innovative Property Public Facility dalam ajang penghargaan Properti Indonesia Award 2017

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ venuemagz.com. "Ciputra Artpreneur Mengawinkan Seni dengan Wirausaha". Venue Magazine. Diakses tanggal 2016-12-15. 
  2. ^ "Museum Ciputra Jakarta Pamerkan Seni Rupa Kontemporer dan Modern". Republika Online. Diakses tanggal 2016-12-01. 
  3. ^ kompas@kompas.com, PT Kompas Media Nusantara,. "Ciputra Artpreneur Gelar Pertunjukan Broadway Pertama di Indonesia". Kompas.com. Diakses tanggal 2016-12-01. 
  4. ^ ketupatkartini (2015-03-13). "Weekend Destination; Mengagumi Seni di Kompleks Modern Ciputra Artpreneur". Mommies Daily. Diakses tanggal 2016-12-15. 
  5. ^ Agnes, Tia. "100 Tahun Hendra Gunawan Jadi Pameran Terbesar Sang Maestro". detikcom. Diakses tanggal 2018-11-12. 
  6. ^ venuemagz.com. "Ciputra Artpreneur Mengawinkan Seni dengan Wirausaha". Venue Magazine. Diakses tanggal 2016-12-15. 
  7. ^ Pamungkas, Alan. "Beauty and The Beast, Pertunjukan Broadway Pertama di Indonesia". Okezone.com. Diakses tanggal 2016-12-01. 
  8. ^ "Ciputra Artpreneur Raih Penghargaan FIABCI Prix d'Excellence Award 2016". www.homelivingindonesia.com. Diakses tanggal 2016-12-01. [pranala nonaktif permanen]
  9. ^ "Layar Proyeksi Terpanjang Museum Ciputra Layak Masuk MURI | Republika Online". Republika Online. Diakses tanggal 2016-12-01.