Cinta Bunga

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Cinta Bunga
Format Drama
Pembuat MD Entertainment
Pemeran Laudya Chintya Bella
Chico Jericho
Celine Evangelista
Nessa Sadin
Tabah Penemuan
Oka Antara
Metha Yunatria
Framle
Yoelitta Palar
Stephanie Juliancy
Indra Permana Putra
Lagu tema 11 Januari
oleh GIGI
Negara Bendera Indonesia
Jumlah musim 2
Jumlah episode 254
Produksi
Durasi 60 menit
Siaran
Stasiun televisi SCTV
Siaran sejak 5 November 2007 (2007-11-5)  20 Juni 2008 (2008-06-20)
Kronologi
Diawali oleh Sujudku
Dilanjutkan oleh Dia Bukan Cinderella

Cinta Bunga adalah sinetron Indonesia yang ditayangkan SCTV tahun 2007 hingga 2008. Sinetron ini ditayangkan setiap hari mulai pukul 19.00-20.00 WIB.

Pemain[sunting | sunting sumber]

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

BUNGA (17 tahun) gadis yang baik dan sebetulnya cantik, hanya saja penampilannya sekadarnya, bajunya kumal, kerena hidupnya sangat sederhana. Bunga adalah anak ke dua dari empat bersaudara, kakak laki-lakinya yang bandel dan tukang penjudi, JEFRI (19 tahun), adiknya yang sangat manja dan malas bekerja MONA (15 tahun) dan terakhir adik lelakinya yang paling baik dan sayang dengan Bunga adalah, DEDE (10 tahun).

Bunga menjadi tulang punggung keluarganya dengan bekerja sebagai pedagang asongan di perempatan jalan, terminal atau pom bensin karena ayahnya JAMAL (43 tahun) yang berkerja sebagai tukang parkir kerap kali mabuk. Uang hasil kerjanya bahkan hampir selalu habis untuk membeli minuman.

Mereka semuanya tinggal di rumah kontrakan, di daerah perkampungan padat di pinggir kota, tetangga Bunga adalah, MPOK YATI (40 tahun), pedagang nasi uduk di pinggir jalan perkampungan, yang sangat baik pada Bunga, ia sering membantu Bunga. HENI (17 tahun) adalah sahabat Bunga. JOKO (35 tahun) pemilik toko kelontong yang sering memberikan hutang dagangannya untuk Bunga. RETNO (40 tahun) wanita judes, pemilik kontrakan sangat galak pada Bunga saking bosannya menagih uang kontrakan karena Bunga selalu menunggak bayar.

Di belahan kehidupan lain, RENO (21 tahun) adalah pria tampan yang sangat ramah dan baik terhadap siapa saja, namun sifatnya menjadi berubah semenjak kematian LENA (19 tahun) tunangannya dalam kecelakaan mobil, kini berubah menjadi sangat terpukul dan pendiam. Reno menjahui wanita. ALDO (21 tahun) sabahat baik Reno tak mampu membuatnya ceria lagi. SHERLY (21 tahun) mantan pacar Reno di SMU kembali gencar mendekati Reno. Namun Reno belum bisa melupakan Lena.

ARMAN (30 tahun) adalah paman Reno, masih muda dan tampan namun sakit kanker paru-paru dan hidupnya tidak lama lagi, asisten pribadinya adalah LUKMAN (40 tahun). Arman sangat kaya raya, pemilik rumah dimana Reno tinggal dengan RATIH (42 tahun) ibunya dan adik perempuannya RASTI (18 tahun).

Ratih sangat berharap warisan dari Arman jatuh ke tangannya, namun Arman sangat membenci Ratih dan menganggapnya mata duitan. Kehidupan mereka tidak pernah akur di rumah itu.

Nina (wanita penyanyi dangdut di kafe pojok terminal yang merangkap wanita penghibur) datang ke toko Joko, dan memandang sinis pada Bunga yang ketahuan berhutang. Nina menyuruh Bunga bekerja seperti dirinya, paling tidak punya cukup uang. Bunga tersinggung. Joko membela Bunga. Nina cemburu (Nina sudah lama suka pada Joko).

Tante Tika (ibu Nina, mantan pelacur tetapi hatinya baik, ia sayang pada Bunga) kebetulan lewat dan melihat Retno. Tika mengeluarkan uang dan membayarkannya pada Retno. Bunga sangat terkejut. Tika mengatakan ia senang membantu Bunga dan Bunga boleh mengembalikan uang itu kapan saja. Bunga sangat berterimakasih.

Tika membeli makanan di warung Mpok Yati, mereka membicarakan Bunga. Tika mengungkap tentang Dahlia (ibu Bunga), yang pergi dari rumah. Mpok Yati juga mengingat peristiwa itu. (flashback Dahlia bertengkar dengan Jamal dan pergi dari rumah, Tika dan Mpok Yati melihatnya, Jefri, Bunga, Mona dan Andre masih kecil-kecil.)

Tiba-tiba saja Dahlia muncul kembali, kini namanya di kenal sebagai LIA ATMADI (39 tahun), istri ATMADI (41 tahun) pengusaha ternama yang baru kembali dari Singapura. Lia memiliki seorang anak laki-laki, REY (6 tahun). Lia merasa sangat bersalah telah menelantarkan anak-anaknya dulu. Lia kerap kali menyuruh supirnya mengantarkan ke daerah perkampungan di pinggir kota tempat dimana Lia dulu masih menjadi istri Jamal dan memiliki empat anak yang masih kecil-kecil yang dengan tega ia campakkan. Akhirnya Lia menemukan Bunga, ia sangat terharu. Lia banyak membantu masalah Bunga, meskipun ia harus berpura-pura tidak mengenal latar belakang Bunga.

Sementara Bunga akhirnya semakin dekat dengan Reno setelah akhirnya Reno mengetahui alasan sebenarnya mengapa Bunga menikah dengan Arman. Reno mulanya menyetujui pernikahan dirinya dengan Bunga demi Ratih yang selalu membujuknya agar harta warisan keluarga tidak dimiliki oleh orang lain. Ratih mengusulkan agar Reno sesudah beberapa lama menikah bisa menceraikan Bunga. Namun lama kelaman Reno jatuh cinta sungguhan pada Bunga dan tak mau lagi kehilangan Bunga.