Cijeungjing, Jatigede, Sumedang

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Cijeungjing
Desa
Negara Indonesia
ProvinsiJawa Barat
KabupatenSumedang
KecamatanJatigede
Luas633,3 ha
Jumlah penduduk2275 jiwa

Cijeungjing adalah desa di kecamatan Jatigede, Sumedang, Jawa Barat, Indonesia. Desa ini juga merupakan ibu kota Kecamatan Jatigede dan pusat seluruh aktivitas masyarakat di kecamatan ini.

Batas-batas Desa[sunting | sunting sumber]

  • Sebelah utara berbatasan dengan Kecamatan Tomo
  • Sebelah timur berbatasan dengan Desa Cipicung
  • Sebelah selatan berbatasan dengan Desa Jemah
  • Sebelah barat berbatasan dengan Desa Kadujaya

Profil Desa[sunting | sunting sumber]

Luas keseluruhan wilayah desa ini 398,3 ha, berada pada ketinggian kurang lebih 250 mdpl. Kondisi geografis ini membuat iklim di Desa Cijeungjing cenderung panas jika dibandingkan dengan daerah-daerah lain di Jawa Barat, yaitu berkisar antara 29-30 °C. Seperti pada umumnya daerah di wilayah Jawa Barat, Desa Cijeungjing secara geografis berkontur perbukitan dan pegunungan. Hal ini juga memengaruhi pemusatan pemukiman penduduk yang lebih memilih di tanah yang landai/rendah.

Jumlah penduduk keseluruhan di Desa Cijeungjing berjumlah 2.169 jiwa, dengan rincian laki-laki 1.055 jiwa, dan perempuan 1.114 jiwa, dengan jumlah seluruh Kepala Keluarga 651 KK. Dari jumlah ini 211 KK adalah keluarga miskin (sesuai kondisi pada tahun 2006).

Mata pencaharian pokok penduduk Desa Cijeungjing umumnya adalah pertanian; di samping itu ada juga yang bekerja sebagai buruh, pegawai negeri, pengrajin, pedagang, peternak dan sebagian kecil bekerja di bidang jasa. Desa Cijeungjing juga dikenal sebagai penghasil pisang dan mangga terbesar di Kecamatan Jatigede.

Desa Cijeungjing terdiri dari 2 dusun, yaitu:

  • Dusun Cijeungjing

Terdiri dari 3 RW dan 9 RT.

  • Dusun Jatigede

Terdiri dari 2 RW dan 4 RT.

Nilai-nilai Desa[sunting | sunting sumber]

Falsafah masyarakat Desa Cijeungjing muncul dari keinginan mereka untuk dapat tampil di lingkungannya sebagai masyarakat yang memiliki pemerintahan dalam sejarah panjang perjalanan berdirinya Kabupaten Sumedang, berlandaskan falsafah Kabupaten Sumedang untuk tampil Makalangan

Falsafah yang diwarisi dari muasal Desa Cijeungjing menjadi pendorong semangat bagi segenap masyarakat dan para penyelenggara Pemerintahan Desa untuk bisa memberikan berbagai kemanfaatan yang terbaik bagi kesejahteraan masyarakat. Falsafah masyarakat desa ini dijadikan nilai utama Rencana Jangka Menengah Desa (RPJMDes).

Untuk lebih membumikan serta menjadi landasan operasional segenap masyarakat Desa dan para penyelenggara Pemerintahan di Desa Cijeungjing, nilai-nilai utama ini akan dijabarkan ke dalam nilai-nilai dasar sebagai berikut:

  1. Kejujuran
  2. Kebenaran
  3. Keadilan
  4. Kebersamaan dan Kesetiakawanan