Chuck Norris

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Chuck Norris
Chuck Norris May 2015.jpg
Norris pada tahun 2015
Nama lahir Carlos Ray Norris
Tanggal lahir 10 Maret 1940 (umur 76)
Bendera Amerika Serikat Ryan, Oklahoma, Amerika Serikat
Pasangan Gena O'Kelley (1998-sekarang)
Diane Holechek (1958-1988)
Situs web http://www.chucknorris.com/

Carlos Ray Chuck Norris ( Oklahoma ,10 maret 1940 ) adalah seorang veteran angkatan udara Amerika Serikat, ahli bela diri, dan seorang aktor. Chuck Norris yang lahir di Oklahoma dari pasangan Ray Norris dan Wilma, ayahnya merupakan seorang supir bus dan truk. Ketika berumur 18 tahun Chuck menjadi tentara angkatan udara Amerika dan dikirim ke Korea Selatan sebagai Polisi Udara.

Di angkatan udara inilah chuck mulai belajar bela diri  TaeKwonDo dan melahirkan aliran baru dalam seni bela diri yaitu Chun Kuk Do. Chuck menikahi Dianne Holechechk tahun 1958 yang melahirkan anak pertama mereka yaitu Mike 5 tahun kemudian dan anak ke tiga nya Eric 7 tahun kemudian. Anak keduanya Dina lahir tahun 1964 dari seorang wanita yang tidak dikenal.

Setelah 30 tahun menikah Chuck bercerai pada tahun 1988. Tahun 1998 menikah lagi dengan istri kedua yang seorang model bernama Gena O'Kelly yang 23 tahun lebih muda dari chuck. Gena telah mempunyai 2 orang anak dari pernikahan sebelumnya yaitu Dakota Allan Norris dan Danielle Kelly Norris. Chuck Norris mempunyai 9 orang cucu.

Karir Seni Beladiri dan Perfilman[sunting | sunting sumber]

Film pertama Chuck berjudul The Wrecking Crew tahun 1970. Pada Kontes Seni Beladiri Chuck Dipertemukan dengan Bruce Lee dan bermain film bersama di Return of the Dragon. Dimana Chuck berperan sebagai musuh besar Bruce Lee. Sejak pertemuan nya dengan Bruce Lee, Chuck menyadari bahwa seni beladiri yang di pelajari nya terpaut sangat jauh dari seni bela diri Asia. Kemudian Chuck pun menjadi murid nya Bruce Lee.

Chuck Norris pun bermain di berbagai film lainnya seperti Good Guy Wear Black (1978),The Octagon (1980),An Eye For An Eye (1981) dan Seri pertama Rambo pada tahun 1984. Film terakhir Chuck yaitu The Expendables II (2012) yang di sutradrai Silvester Staillone.

Chuck Norris merupakan Grand Master Sabuk Hitam Tingkat 8 di TaeKwondo, Sabuk Coklat di brazilian Jiu-Jitsu, Juara Profesional Karate Championship 6 kali, Rekor Turnamen karate nya adalah 183Win 10Lose dan 2Draw. Tahun 2000 Chuck Norris di anugrahi Golden Lifetime Achievement Award dari World Karate Union Hall of Fame. Chuck setidak menjadi juara dalam 30 turnamen seni beladiri.

Filmografi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]