Christopher Wolstenholme

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Chris Wolstenholme
Christopher Wolstenholme.jpg
Latar belakang
Nama lahir Christopher Tony Wolstenholme
Lahir 2 Desember 1978 (umur 39)
Rotherham, South Yorkshire, Inggris
Genre Alternative rock, new prog, space rock, progressive rock, symphonic rock, progressive metal, classical
Pekerjaan Musisi
Instrumen Bass guitar, backing vokal, kibor, gitar, harmonika, drum, synthesizer
Tahun aktif 1991–
Label Warner Bros.
East West
Helium 3
Artis terkait Muse

Christopher Tony "Chris" Wolstenholme (lahir 2 Desember 1978) adalah seorang musisi asal Inggris, multi-instrumentalis, bassis dan backing vokalis untuk band rock asal Inggris Muse. Wolstenholme juga kadang-kadang bermain keyboard atau gitar selain bass, walaupun belakangan dipegang oleh Morgan Nicholls pada pertunjukan langsung.

Kehidupan awal dan pribadi[sunting | sunting sumber]

Christopher Wolstenholme dibesarkan di Rotherham, Inggris sebelum pindah ke Teignmouth, Devon. Ketika tinggal disana, ia bermain drum untuk sebuah band post-punk, sementara Matthew Bellamy dan Dominic Howard bermain di band lain. Ketika kedua band berlatih di gedung yang sama, Bellamy dan Howard mendatangi Wolstenhome dan menanyakan apakah ia mau bermain bass untuk band mereka, Rocket Baby Dolls, yang nantinya diubah namanya menjadi Muse. Wolstenholme ingin bergabung dengan mereka, tetapi ia tidak tahu cara memainkan bass. Ia langsung mengambil satu dan belajar sendiri.

Pada 2003, ketika bandnya menggugat Nestle, ia adalah alasan utama di belakang itu, menjadi penentang perusahaan yang mempunyai reputasi kurang baik ketika mempromosikan susu bubuk kepada ibu baru di dunia ketiga.[1] Ketika itu, istrinya baru saja melahirkan anak ketiganya.

Wolstenholme dan istrinya Kelly menikah pada Desember 2003 dan telah dikaruniai 6 anak: Alfie (12 tahun), Ava-Jo (10 tahun), Frankie (8 tahun), Ernie (3 tahun), Buster (lahir 4 November 2010) dan Teddi, lahir pada 5 Januari 2012.[2] Chris dikenal sangat dekat dengan keluarganya, menelpon 2 kali sehari ketika sedang tur. Pada akhir April 2010, keluarganya pindah ke Foxrock, Dublin. Ia mengatakan keputusan mereka untuk pindah ke Irlandia dikarenakan mereka harus berada di dekat bandara besar, dan keinginan untuk menghindari London, Inggris. Pada NME Awards 2011, telah terkonfirmasi bahwa ia dan keluarganya pindah ke London, dikarenakan keinginan bandnya yang ingin tinggal di kota yang sama selama masa pembuatan album baru. Walaupun tidak tinggal di kota asalnya sejak kecil, ia adalah penggemar berat Rotherham United F.C., klub di kota asalnya.

Majalah The Times menerbitkan artikel pada musim panas 2010 di mana Wolstenholme mengakui bahwa ia adalah pecandu alkohol[3] dan secara terbuka mengemukakan tentang seberapa dalam ia kecanduan. Ia masuk rehabilitasi di tengah-tengah rekaman The Resistance. Dalam wawancara dengan Q Magazine, terungkap apabila ia minum terlalu banyak, maka ia akan muntah darah, tetapi dia tidak memahami betapa seriusnya situasi itu. Teman-temannya telah mencoba berbicara kepadanya tetapi tidak kunjung sukses. Pada akhirnya, Chris menyadari jika ia tidak berhenti minum maka ia akan berakhir seperti ayahnya yang meninggal karena terlalu banyak minum ketika Chris masih berusia tujuh belas tahun.[4] Sejak saat itu, dia berhenti minum alkohol dan mengatakan bahwa hubungannya dengan keluarga dan teman-temannya membaik. Dia juga memiliki kebiasaan menghisap rokok setiap hari. Pada 2010, ia beralih menghisap cerutu. Ia menyatakan lewat Twitter bahwa ia telah berhenti merokok, dengan menggunakan rokok elektronik namun ia mulai merokok lagi. Meskipun demikian, pada Mei 2011, Chris telah berhenti merokok.

Wolstenholme menyandang gelar doktor seni dari Universitas Plymouth.[5]

Muse[sunting | sunting sumber]

Pengaruh terbesarnya pada band adalah kecintaannya pada musik heavy rock, dan teman bandnya telah menyatakan bahwa Chris adalah orang yang membawa musik rock ke dalam Muse. Ketika rekaman The Resistance, ia hanya datang ke studio ketika ada sesuatu untuk direkam, dan menghabiskan sisa waktunya untuk "mabuk". Pada 2011, pembaca majalah online Gigwise menobatkannya sebagai bassis terbaik sepanjang masa.[6]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]