Cheirolepis

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Cheirolepis
Periode Middle Devonian–Late Devonian
Taksonomi
KerajaanAnimalia
FilumChordata
OrdoCheirolepiformes
FamiliCheirolepidae
GenusCheirolepis
L. Agassiz, 1835
Spesies lain
  • C. canadensis Whiteaves, 1881
  • C. gaugeri Gross, 1973
  • C. gracilis Gross, 1973
  • C. macrocephalus M'Coy, 1848
  • C. sinualis Karatajüte-Talimaa[1]

Cheirolepis (dari Yunani: χείρ kheír, 'tangan' dan Yunani: λεπίς lepis 'sisik')[4] adalah sebuah genus punah dari actinopterygii yang hidup pada periode Devon di Eropa dan Amerika Utara. Genus ini merupakan satu-satunya genus yang berada pada famili Cheirolepidae dan ordo Cheirolepiformes. Cheirolepis merupakan salahsatu actinopterygii periode Devon yang paling basal, dan dianggap menjadi yang pertama untuk memiliki tulang kranial dermal "standar" yang dapat dilihat pada actinopterygii yang akan datang belakangan.

Ikan ini merupakan ikan predator yang hidup pada lingkungan muara dan air tawar, dan memiliki panjang 5.5 sentimeter. Cheirolepis memiki sisik ganoid berbentuk segitiga, mirip seperti yang ditemukan pada Acanthodii. Sisik ini memilki struktur sederhana, tipikal untuk banyak osteichthyes awal, dengan ganoin diatas dentin, dan plat dasar dari tulang.[5] Selain itu, ikan ini memiliki sirip yang berkembang, yang memberinya kesimbangan dan kecepatan, dan barangkali merupakan sebuah predator yang aktif. Bedasarkan ukuran matanya, mereka berburu dengan melihat. Rahangnya, yang memiliki baris gigi tajam, dapat dibuka dengan sangat lebar, memudahkannya menelan mangsa hingga dua pertiga ukurannya.[6]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Arratia, Gloria & Cloutier, Richard: A new cheirolepidid fish from the Middle-Upper Devonian of Red Hill, Nevada, USA Diarsipkan 2017-03-15 di Wayback Machine. (PDF)
  2. ^ Cheirolepiformes fossiilid.info (dalam bahasa Finlandia)
  3. ^ Cheirolepidae fossiilid.info (dalam bahasa Finlandia)
  4. ^ Roberts, George (1839). An etymological and explanatory dictionary of the terms and language of geology (dalam bahasa English). London: Longman, Orme, Brown, Green, & Longmans. hlm. 29. Diakses tanggal 29 December 2021. 
  5. ^ Zylberberg, L.; Meunier, F. J.; Laurin, M. (2016). "A microanatomical and histological study of the postcranial dermal skeleton of the Devonian actinopterygian Cheirolepis canadensis". Acta Palaeontologica Polonica. 61 (2): 363–376. doi:10.4202/app.00161.2015alt=Dapat diakses gratis. 
  6. ^ Palmer, D., ed. (1999). The Marshall Illustrated Encyclopedia of Dinosaurs and Prehistoric Animals. London: Marshall Editions. hlm. 34. ISBN 1-84028-152-9.