Acanthodii

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Acanthodii
Periode Early Silurian–Permian

Nerepisacanthus, sebuah Acanthodii dari periode Silur
Taksonomi
SuperkerajaanEukaryota
KerajaanAnimalia
FilumChordata
KelasAcanthodii
Owen, 1846
Ordo

Acanthodii (terkadang disebut dengan hiu berduri) adalah sebuah kelas dari ikan yang sudah punah, yang memiliki karakteristik tubuh gabungan dari ikan bertulang (Osteichthyes) dan ikan bertulang rawan (Chondrichthyes). Mereka pertamakali muncul pada periode Silur awal, sekitar 430 juta tahun lalu, dan bertahan hingga akhir periode Perem sekitar 250 juta tahun lalu, sebelum akhirnya punah saat Peristiwa kepunahan Perm–Trias. Acanthodii pertama merupakan ikan air asin, namun saat periode Devon, spesies air tawar lebih umum dijumpai. Mereka dapat dikenal dari dua hal: mereka merupakan salahsatu vertebra berahang pertama yang diketahui, dan mereka memiliki tulang belakang yang ramping, yang tak bisa bergerak (seperti yang dapat ditemukan pada sirip belakang hiu).

Secara umum, bentuk tubuh mereka mirip dengan hiu moderen, namun epidermis mereka ditutupi oleh plat-plat kecil berbentuk jajar genjang rhomboid seperti pada ikan Holostei (gar dan bowfin).[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Zhu, Min; Yu, Xiaobo; Ahlberg, Per Erik; Choo, Brian; Lu, Jing; Qiao, Tuo; Qu, Qingming; Zhao, Wenjin; Jia, Liantao; Blom, Henning; Zhu, You'an (2013). "A Silurian placoderm with osteichthyan-like marginal jaw bones". Nature. 502 (7470): 188–193. Bibcode:2013Natur.502..188Z. doi:10.1038/nature12617. PMID 24067611.