Cerambycidae

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Cerambycidae
Batus barbicornis MHNT femelle.jpg
Batus barbicornis
Klasifikasi ilmiah
Kingdom: Animalia
Filum: Arthropoda
Kelas: Insecta
Ordo: Coleoptera
Subordo: Polyphaga
Superfamili: Chrysomeloidea
Famili: Cerambycidae
Latreille, 1802 [1]
Subfamili

8, lihat teks

Aromia moschata

Kumbang tanduk panjang (Cerambycidae) adalah suatu suku dalam ordo (biologi) kumbang (Coleoptera), khususnya dalam subordo Polyphaga. Kumbang jenis ini memiliki antena yang biasanya lebih panjang dari tubuhnya sendiri. Tetapi, beberapa anggota famili ini memiliki antena yang cukup pendek, seperti spesies Neandra brunnea, dan spesies semacam ini sulit dibedakan yang tergolong suku kumbang lain seperti Chrysomelidae. Famili ini merupakan famili yang besar dan terdiri dari lebih dari 20.000 spesies yang telah dideskripsikan, dengan lebih dari separuhnya hidup di bumi belahan timur. Beberapa spesies dalam famili ini merupakan hama. Larva spesies ini mengebor ke dalam kayu dan dapat menyebabkan kerusakan pada pohon atau kayu yang belum diolah. Beberapa spesies terlihat jelas, seperti semut, lebah, dan tawon, meskipun mayoritas spesies yang tergolong suku ini berwarna samar.

Klasifikasi[sunting | sunting sumber]

Seperti famili besar lainnya, beberapa pihak cenderung mengelompokkan famili ini ke banyak subfamili yang berbeda, atau terkadang memisahkan beberapa subfamili menjadi famili tersendiri (seperti Disteniidae, Oxypeltidae, dan Vesperidae)[2], sehingga terdapat beberapa kontroversi mengenai dasar-dasar pengelompokan Cerambycidae.[3]

Subfamili[sunting | sunting sumber]

Dikenal ada delapan subfamilia:[4]

Selain itu juga ada yang memasukkan subfamilia berikut:

Genus dan spesies terkenal[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Cerambycidae Latreille, 1802". Integrated Taxonomic Information System. Diakses tanggal June 6, 2011. 
  2. ^ Sergio Antonio Vanin & Sergio Ide (2002). "Classificação comentada de Coleoptera". Dalam C. Costa, S. A. Vanin, J. M. Lobo & A. Melic. Proyecto de Red Iberoamericana de Biogeografía y Entomología Sistemática PrIBES 2002 (PDF). Monografias Tercer Milenio (M3M) (dalam bahasa Portugis). 3. hlm. 193–206. ISBN 84-922495-8-7.  Parameter |trans_chapter= yang tidak diketahui akan diabaikan (bantuan)
  3. ^ Miguel A. Monné (2006). "Catalogue of the Cerambycidae (Coleoptera) of the Neotropical Region. Part III. Subfamilies Parandrinae, Prioninae, Anoplodermatinae, Aseminae, Spondylidinae, Lepturinae, Oxypeltinae, and addenda to the Cerambycinae and Lamiinae" (PDF). Zootaxa. 1212: 1–244. ISBN 1-877407-96-8. 
  4. ^ Patrice Bouchard, Yves Bousquet, Anthony E. Davies, Miguel A. Alonso-Zarazaga, John F. Lawrence, Chris H. C. Lyal, Alfred F. Newton, Chris A. M. Reid, Michael Schmitt, S. Adam Ślipiński, Andrew B. T. Smith (2010). "Family-group names in Coleoptera (Insecta)". ZooKeys. 88: 1–972. doi:10.3897/zookeys.88.807. PMC 3088472alt=Dapat diakses gratis. PMID 21594053. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]