Chrysomeloidea

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Chrysomeloidea
Colorado potato beetle.jpg
Colorado potato beetle, Leptinotarsa decemlineata
Klasifikasi ilmiah
Kingdom: Animalia
Filum: Arthropoda
Kelas: Insecta
Ordo: Coleoptera
Subordo: Polyphaga
Superfamili: Chrysomeloidea
Latreille, 1802
Families

Cerambycidae - long-horned beetles
Chrysomelidae - leaf beetles
Disteniidae
Megalopodidae
Orsodacnidae
Oxypeltidae
Vesperidae

Chrysomeloidea merupakan suatu superfamilia kumbang yang berjumlah besar, dengan puluhan ribu spesies, terutama dari familia Cerambycidae (kumbang tanduk panjang) dan Chrysomelidae (kumbang daun).

Pemerian[sunting | sunting sumber]

Beberapa spesies dari kedua familia ini merupakan hama tanaman yang terkenal. Spotted cucumber beetle merupakan hama serius pada sayuran dan serangga umum pada semua jenis bunga. Colorado potato beetle, Leptinotarsa decemlineata, menyerang tanaman kentang dan anggota-anggota lain dari familia Solanaceae. Kumbang tanduk panjang Asia merupakan hama pohon yang serius.

Sejumlah pakar mengusulkan pemisahan Cerambycidae dan familia terkait (Disteniidae, Oxypeltidae, dan Vesperidae) dari Chrysomeloidea menjadi superfamilia tersendiri "Cerambycoidea" (antara lain, [1]), tetapi tanpa bukti yang mendukung monophyly dari kelompok baru ini, usulan tersebut belum diterima oleh komunitas ilmiah.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ P. Švácha and M.L. Danilevsky (1990) Cerambycoid larvae of Europe and Soviet Union (Coleoptera Cerambycoidea). Part I. Entomologia Generalis, 15(3): 202.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]