Endopterygota

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Endopterygota
Rentang fosil: Pennsylvanian–Recent
Panorpa communis V.jpg
Panorpa communis, sebuah scorpionfly (ordo Mecoptera)
Klasifikasi ilmiah e
Kerajaan: Animalia
Kelas: Insecta
Branch: Metapterygota
Infrakelas: Neoptera
(tidak termasuk): Eumetabola
(tidak termasuk): Endopterygota
Sharp, 1898
Ordo

Endopterygota, juga dikenal sebagai Holometabola, serangga dari subclass Pterygota yang melalui larva khas, pupa, dan tahap dewasa. Mereka menjalani metamorfosis radikal, dengan tahap larva dan dewasa berbeda jauh dalam struktur dan perilaku mereka. Ini disebut holometabolisme, atau metamorfosis lengkap.

Endopterygota adalah salah satu superordo serangga yang paling beragam, dengan sekitar 850.000 spesies hidup dibagi antara sebelas ordo, mengandung serangga seperti kupu-kupu, lalat, kutu, lebah, semut dan kumbang.[1]

Mereka dibedakan dari Exopterygota (atau Hemipterodea) dengan cara di mana sayap mereka berkembang. Endopterygota (yang berarti harfiah "bentuk bersayap internal") mengembangkan sayap dalam tubuh dan menjalani metamorfosis yang rumit yang melibatkan tahap kepompong. Exopterygota ("bentuk bersayap eksternal") mengembangkan sayap di luar tubuh mereka dan tidak pergi melalui tahap kepompong. Yang terakhir adalah sifat plesiomorphic namun dan tidak eksklusif ditemukan di exopterygotes, tetapi juga dalam kelompok-kelompok seperti Odonata (capung dan damselflies) yang bukan Neoptera tetapi lebih basal antara serangga.

Fosil endopterygote terawal berasal dari periode Karbon.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Rolf G. Beutel & Hans Pohl. "Endopterygote systematics – where do we stand and what is the goal (Hexapoda, Arthropoda)?". Systematic Entomology 31 (2): 202–219. doi:10.1111/j.1365-3113.2006.00341.x. 
  2. ^ A. Nel, P. Roques, P. Nel, J. Prokop & J. S. Steyer (2007). "The earliest holometabolous insect from the Carboniferous: a "crucial" innovation with delayed success (Insecta Protomeropina Protomeropidae)". Annales de la Société Entomologique de France 43 (3): 349–355.